Listrik di Rumah Warga Padam Akibat Ulah Pemuda Yang Mencuri Kabel PLN

oleh -0 Dilihat
Listrik di Rumah Warga Padam Akibat Ulah Pemuda Yang Mencuri Kabel PLN
Seorang Pemuda berinisial TH (23), warga Totokarto, Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu ditangkap gara-gara mencuri kabel PLN. (hms)

Pringsewu- Seorang Pemuda berinisial TH (23), warga Totokarto, Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu ditangkap gara-gara mencuri kabel PLN. Aksi nekat TH ini bahkan sampai membuka rumah-rumah warga terputus aliran listriknya.

Kasus pencurian kabel di salah satu gardu listrik milik PLN di Dusun Padang Bulan, Kelurahan Pajaresuk, Pringsewu ini terjadi pada Rabu (18/9) sekitar pukul 03.00 WIB.

Menurut Kapolsek Pringsewu Kota, AKP Rohmadi, TH ditangkap di rumahnya pada Kamis (21/9/2023) sekitar pukul 1 dini hari.

Kejadian ini bermula saat warga melaporkan pemadaman listrik di Dusun Padang Bulan Kelurahan Pajaresuk pada Rabu dinihari pukul 03.00 WIB.

Petugas PLN melakukan pemeriksaan dan menemukan bahwa 4 kabel NYY 70 mm, dengan total panjang 16 meter, telah hilang.

Pencurian ini mengakibatkan padamnya aliran listrik di rumah-rumah warga selama beberapa jam, hingga PLN memasang kabel baru. Kerugian yang dialami PLN mencapai Rp 6,5 juta, dan kasus ini dilaporkan kepada pihak kepolisian.

“Kami melakukan penyelidikan berdasarkan laporan ini dan berhasil mengungkapnya dalam waktu kurang dari seminggu,” kata AKP Rohmadi pada Jumat (22/9/2023).

Menurut Kapolsek, kedua pelaku ini diduga terlibat dalam beberapa kasus pencurian kabel PLN di wilayah Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Pesawaran.

Mereka mengincar kabel berukuran besar yang berisi tembaga. Modus operandi kedua pelaku melibatkan pemutusan aliran listrik dengan mencopot sekring listrik sebelum melepas kabel NYY menggunakan kunci pas dan tang.

Kabel tembaga yang dicuri kemudian dijual setelah dilepaskan dari lapisan kulitnya.

“Pelaku dapat dengan mudah melakukan aksinya karena sebelumnya pernah bekerja di PLN, dan juga sudah pernah beraksi di 5 TKP lainya” jelasnya.

Dalam pengungkapan kasus ini, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti, termasuk alat-alat yang digunakan oleh pelaku. Tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman penjara selama 7 tahun. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.