Colong Start, Pemerintah Bersihkan Pantai Loji Setelah Viral

oleh -0 Dilihat
Pandawara Group memberi peringkat Pantai Loji terkotor ke 4.
Pandawara Group memberi peringkat Pantai Loji terkotor ke 4.

Sukabumi – Gunungan sampah di pesisir pantai Loji viral. Kelompok pemuda peduli lingkungan, Pandawara Group menyebut pesisir pantai di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi termasuk pantai terkotor nomor 4 di Indonesia.

Setelah viral media sosial, Kodim 0622/ Kabupaten Sukabumi bersama Pemkab Sukabumi mulai hari ini, Rabu (04/10/ 2023) hingga Sabtu (07/10/2023) bergerak bersama membersihkan sampah di Pantai Cubutun dan Pantai Loji, Kampung Cubutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Momentum bersih-bersih pantai ini sekaligus memperingati HUT TNI ke-78. Ratusan pasukan TNI dan pegawai pemerintahan dikerahkan dalam aksi bersih-bersih yang dimulai pukul 07.00 WIB, Rabu (04/10/2023).

“Kegiatan karya bakti TNI bersih-bersih pantai ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT TNI ke-78 tahun 2023,” kata Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo kepada Wartawan

Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Bima, sapaan akrab Herdy Somantri, mengatakan, dalam kegiatan pemkab dan Kodim mengundang Pandawara Grup. “Untuk bergabung karena mereka yang awalnya punya ide dan gagasan,” Ujar  Bima,

Viralnya video konten ajakan untuk membersihkan Pantai di Sukabumi, Jawa Barat tersebut sempat menuai protes, aksi tersebut dianggap mencemarkan nama baik pemerintah dan warga setempat.

Ketua karang taruna Kecamatan Simpenan, Deris Alfauzi menyebut  pihaknya memprotes lantaran pembuatan konten video tersebut tidak ada koordinasi dan komunikasi dengan warga maupun pemerintahan setempat.

“Kami akan somasi kepada yg bikin video tersebut, kami akan menanyakan pantai terkotor di indonesia karena harus di pertanggung jawabkan. Kami belum ada komunikasi dengan pembuat konten tersebut karena sampahnya ini rutin dan datang dan pergi begitu saja.” Ucap Deris kepada wartawan di lokasi, Senin (02/10/2023).

Pemerintah desa Sangrawayang, Dede Mulyadi bahkan sempat menolak diadakannya aksi pembersihan sampah oleh kelompok pemuda asal Bandung tersebut, dan meminta klarifikasi. Saat ditemui dalam acara bersih-bersih pantai hari ini, Dede membantah adanya penolakan tersebut.

“Pemerintah daerah sebenarnya tidak menolak adanya aksi bersih bersih tersebut, melainkan menunggu akan adanya pembersihan sampah di pantai tersebut.” Klarifikasi dari Dede.

Kelompok pemuda Pandawara Group merupakan komunitas anak muda yang aktif melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, sungai dan pantai. Dalam akun Instagram @pandawagroup  Pantai terkotor di Indonesia versi mereka peringkat pertama ditempati pantai Labuan, Banten, disusul pantai Sukaraja, Lampung. Kemudian pantai terkotor ketiga, mereka sematkan kepada Pantai Kasenden di Cirebon. (DN)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.