Kisah Nabi Yahya AS Singkat dan Lengkap

oleh -0 Dilihat
Kisah Nabi Yahya
image: youtube @TagarTV

Diskursusnetwork.com – Kisah Nabi Yahya AS adalah cerita yang juga tidak boleh dilewatkan dalam sejarah Islam. Nabi yang juga dikenal dengan mana Yohanes ini merupakan salah satu kerabat dekat Nabi Isa AS (Yesus dalam agama Kristen dan Katolik).

Kelahiran Nabi Yahya AS merupakan sebuah mukjizat. Oleh sebab itu, peristiwa kelahiran Nabi Yahya menjadi salah satu peristiwa yang paling menggambarkan kebesaran Allah SWT. Semasa hidupnya, Nabi Yahya AS memiliki perjalanan dakwah yang sudah pasti tidak mudah.

Dalam dakwah Nabi Yahya AS, beliau sampai harus berhadapan dengan Raja Herodes (Pemimpin Kota Yerussalem pada masa itu). Tidak hanya itu saja, Nabi Yahya AS juga sampai harus berhadapan dan melakukan perbincangan dengan iblis. Seperti apa kisah lengkapnya?

Kisah Nabi Yahya AS: Awal Kelahiran

Nabi Yahya AS merupakan putra dari Nabi Zakaria. Kelahiran Nabi Yahya AS sendiri merupakan sebuah mukjizat karena saat itu usia Nabi Zakaria sudah memasuki usia lanjut. Meski demikian, Nabi Yahya kecil sudah dididik dengan baik sehingga sudah terpelihara dari syirik dan maksiat.

Karena mendapatkan didikan yang baik, Nabi Yahya AS tumbuh menjadi seorang anak yang taat kepada kedua orang tuanya dan tidak sombong. Selain itu, disaat anak-anak lain dengan usia sama sibuk bermain, Nabi Yahya kecil justru menghabiskan waktunya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Dalam kisah Nabi Yahya AS, diketahui juga bahwa beliau adalah sosok yang penyayang terhadap sesama. Tidak peduli seperti apapun status sosialnya, beliau merangkul semua makhluk. Atas dasar hal itulah, beliau akhirnya didaulat untuk melanjutkan dakwah sang ayah, Nabi Zakaria pada Bani Israil.

baca juga: Kisah Nabi Zulkifli

Kisah Singkat Nabi Yahya Saat Remaja

Selain menyibukkan diri dan untuk beribadah kepada Allah SWT, aktivitas sehari-hari Nabi Yahya juga tidak lepas dari belajar. Hal inilah yang membuat beliau memiliki kecerdasan tinggi hingga pemikiran yang luas. Itulah sebabnya beliau sampai bisa menghafal Kitab Taurat di usia yang masih remaja.

Kecerdasan seorang Nabi Yahya mudah juga membuat beliau tidak hanya bisa menyelesaikan persoalan kehidupan manusia. Dalam kisah Nabi Yahya AS, tertulis bahwa beliau juga sampai bisa memberikan penjelasan tentang rahasia-rahasia yang ada di dalam agama.

Saat remaja, Nabi Yahya juga dikenal sebagai seseorang yang memiliki kedekatan khusus dengan binatang. Berbeda dengan anak seusianya, Nabi Yahya kerap memberikan kasih sayang penuh pada setiap binatang. Hal inilah yang membuatnya sangat disegani dan dihormati oleh setiap binatang.

Dari Nabi Yahya remaja ini, banyak hal yang bisa kamu pelajari. Seperti halnya beliau yang begitu menyayangi binatang, maka kamu pun juga harus melakukannya. Bahkan jika memang kamu memiliki ketakutan tersendiri pada binatang tersebut, setidaknya jangan pernah sampai menyiksanya.

baca juga: Kisah Nabi Khidir

Kisah Nabi Yahya Bertemu Iblis

Kisah Nabi Yahya Bertemu Iblis
image: newyorker

Salah satu bagian paling dikenang dalam kisah perjalanan hidup Nabi Yahya AS ini adalah momen saat beliau berbincang dan bernegosiasi dengan iblis. Sebenarnya, hampir semua nabi mengalami momen pertemuan dengan iblis, hanya saja pertemuan dengan Nabi Yahya dianggap yang paling nyaman.

Hal ini disebabkan karena hanya kepada Nabi Yahya AS, sang iblis menunjukkan wujud aslinya. Kisah ini bermula saat sang iblis secara tiba-tiba datang menghampiri Nabi Yahya AS. Saat itu juga, sang nabi langsung membentak dan meminta iblis untuk menunjukkan wujud aslinya.

Mendengar permintaan Nabi Yahya AS, iblis lantas menjawab bahwa permintaan tersebut adalah sesuatu yang berat. Namun karena tidak bisa menolak, iblis akhirnya menunjukkan wujud aslinya pada kisah Nabi Yahya AS dengan syarat tidak ada orang selain Nabi Yahya yang melihat.

Kesepakatan pun akhirnya mendapatkan titik terang. Di waktu yang telah dijanjikan, Iblis pun menepati janji dengan menunjukkan bentuk aslinya pada Nabi Yahya AS. Terlihat bahwa kondisi fisik iblis benar-benar menakutkan.

Mukjizat Allah SWT untuk Nabi Yahya AS

Mukjizat Allah SWT untuk Nabi Yahya AS
image: sindonews

Dalam kisah hidup Nabi Yahya AS, tentu saja ada banyak mukjizat yang diturunkan Allah kepadanya. Mukjizat ini bahkan turun saat beliau masih berada di dalam kandungan. Apa saja mukjizatnya?

1. Kelahiran dari Pasangan yang Lanjut Usia

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Nabi Yahya AS lahir saat Nabi Zakaria dan sang istri sudah berusia lanjut. Namun berkat mukjizat Allah SWT, istri Nabi Zakaria ini akhirnya bisa mengandung di tengah usianya yang sudah lanjut.

2. Sudah Bisa Berbicara Sejak dalam Kandungan

Saat masih di dalam kandungan, diceritakan pada kisah Nabi Yahya AS bahwa beliau sudah bisa berbicara. Tidak heran jika saat sudah beranjak remaja, beliau menjadi sosok yang pintar dan tegas untuk anak seusianya.

3. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi dengan Makhluk Hidup

Nabi Yahya AS juga mampu memahami hewan-hewan kecil mulai dari burung, ikan dan bahkan serangga. Tidak hanya hawan saja, beliau juga mampu berkomunikasi dengan tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitarnya.

4. Memiliki Pancaran Cahaya dari Wajahnya

Nabi Yahya AS menjadi salah satu hamba Allah SWT yang dipilih untuk mendapatkan Al-Hanan. Dalam Bahasa Arab, istilah ini berarti sebuah karunia yang berupa cahaya yang memancar dari wajah. Cahaya ini disebabkan karena hati yang suci dan murni.

5. Hafal Isi Kitab Taurat

Kitab Taurat sendiri merupakan kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Musa AS. Adapun ini kitab Taurat sendiri adalah pedoman dan petunjuk untuk Kaum Bani Israil. Di usia yang masih belia, Nabi Yahya mampu menghafal seluruh isi yang ada di dalam kitab taurat tersebut. Hebat, bukan?

Hikmah Kisah Nabi Yahya AS

Dari kisah perjalanan dakwah dan hidup Nabi Yahya AS, ada banyak hikmah yang bisa dipetik. Hikmah inilah yang wajib kamu amalkan pada kehidupan sehari-hari. Apa saja hikmah tersebut? Ini dia selengkapnya!

1. Memiliki Kesabaran dan Keteguhan Hati

Nabi Yahya mengajarkan pentingnya kesabaran dan keteguhan dalam menjalankan semua perintah Allah. Bahkan di saat teman-teman lain seusianya hanya bermain, ia dengan tegas dan keteguhan menolak dan memilih untuk beribadah kepada Allah SWT.

2. Memiliki Ketaatan yang Tinggi Kepada Allah SWT

Meskipun menghadapi banyak rintangan selama masa-masa dakwahnya, namun Nabi Yahya AS tetao taat kepada Allah SWT. Beliau selalu percaya bahwa di setiap kesulitan, pasti akan ada Allah yang membantu.

3. Pentingnya Dakwah

Dari kisah keteladanan Nabi Yahya AS, dapat diambil hikmah betapa pentingnya dakwah. Tanpa dakwah, kepercayaan akan kebesaran Allah SWT bisa saja jadi tidak tersampaikan. Di era dewasa saat itu, dakwah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tentunya, lebih mudah daripada era dahulu.

4. Taat Pada Orang Tua

Lahir sebagai anak dari Nabi Zakaria membuat Nabi Yahya tumbuh menjadi pribadi yang taat kepada Allah SWT. Hal ini menandakan bahwa ketaatan anak pada orang tuanya akan mempermudah jalannya di kehidupan selanjutnya. Oleh sebab itu, wajib hukumnya kamu untuk memuliakan kedua orang tua.

Dari kisah tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya cerita kehidupan Nabi Yahya AS dapat membimbing kamu dalam menjalani kehidupan. Adapun pilar kehidupan yang ditekankan pada cerita Nabi Yahya adalah kesabaran, ketaatan, toleransi hingga komitmen untuk kebenaran.

Akhir cerita, kisah Nabi Yahya AS menjadi sebuah inspirasi bagi kamu yang ingin menjalani kehidupan dengan penuh ketaatan kepada Allah hingga menghargai nilai-nilai moral. Dengan taat kepada Allah, seluruh urusan kehidupan pasti akan jadi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.