4 Doa Nabi Yusuf yang Patut Diamalkan Sehari-Hari!

oleh -0 Dilihat
Doa Nabi Yusuf
image: islamic-relief

Diskursusnetwork.com – Doa Nabi Yusuf menjadi salah satu doa mustajab yang pernah disampaikannya kepada Allah SWT. Sudah sepantasnya sebagai umat muslim yang beriman, mengamalkan doa-doa tersebut dalam kehidupan agar diijabah oleh sang pencipta.

Nabi Yusuf adalah nabi ke-11 dalam daftar 25 nabi dan rasul yang wajib diimani oleh umat Islam. Kisah dakwah dan sosoknya patut dijadikan teladan, begitu juga doa-doanya kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa doa tersebut.

4 Doa Nabi Yusuf

Keutamaan Membaca Doa Nabi Sulaiman
African Muslim Man Making Traditional Prayer To God While Wearing A Traditional Cap Dishdasha

Sosok Nabi Yusuf adalah pria yang memiliki ketampanan sempurna, bahkan hal tersebut dijelaskan di dalam Al Quran salah satunya dalam Surat Yusuf ayat 3.

Selain itu, dia juga sering berdoa untuk bisa terhindar dari godaan wanita karena pada masanya Nabi Yusuf banyak wanita yang terpesona oleh wajah rupawan putra Nabi Yakub tersebut.

1. Doa Dijauhkan dari Godaan Wanita dan Maksiat

Saat ini banyak pria yang tergoda oleh wanita sehingga akhirnya melakukan maksiat. Pada zaman Nabi Yusuf, godaan maksiat itu juga sering muncul salah satunya dari Zulaikha. Namun berkat keimanan dan doanya kepada Allah SWT, maka dia terhindar dari godaan tersebut.
رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Bahasa latin:Ma’aadzallaahi innahuu rabbi ahsana matswaai innahuu laa yuflihuzzaalimuun

Artinya: Aku berlindung kepada Allah yang maha esa, sesungguhnya tuanku telah memperlakukan diriku dengan baik. Sesungguhnya orang-orang yang melakukan perbuatan zalim tidak akan pernah beruntung.

2. Doa Agar Diberikan Ketampanan

Lelaki mana tak ingin memiliki wajah tampan seperti Nabi Yusuf. Hal itu merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT kepada sang Nabi. Ditambah pula dia selalu berdoa agar dapat menjaga anugerah tersebut.

Di dalam doa Nabi Yusuf untuk ketampanan wajah ini, menjadi salah satu yang dianjurkan untuk dibaca agar wajah lebih berseri dan ketampanan maupun kecantikan lebih terpancar

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Bahasa latin: ALlahumma ja’alnii nuuru yusufa ala wajhii fa ra aanii yuhibbunii mahabbataan

Artinya: Ya Allah Ya Tuhanku, jadikanlah nur cahaya pada Yusuf pada wajahku, barang siapa yang melihatnya akan menjadi kagum dan memiliki rasa cinta kasih terhadapku.

3. Doa Agar Dihindarkan dari Tipu Daya

Banyak tipu daya yang berusaha dilakukan setan kepada Nabi Yusuf. Namun hal itu tak mempan karena sang nabi selalu berdoa kepada Allah SWT untuk diberikan kekuatan iman agar selalu dihindarkan dari berbagai jenis tipu daya.

رَبِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

Bahasa Latin: Rabbissijnu ahabby ilayya mimma yad’uu nanii ilayhi wa illa tashrif ‘anii kaidahuu ashbu ilaihinna wa kumminal jahiliin

Artinya: Ya Allah Ya Tuhanku, penjara aku lebih suka penjara daripada memenuhi ajakan mereka. Dan bila engkau tidak menghindarkan aku dari tipu daya yang mereka perbuat, tentu aku akan memenuhi apa yang mereka inginkan. Dan aku termasuk golongan orang yang bodoh.

4. Doa Menjadi Pemimpin yang Baik

Dalam perjalanan dakwahnya, Nabi Yusuf dikenal sebagai pemimpin yang baik. Tentunya tidak lepas dari kesalehannya dan iman kepada Allah SWT. Nabi Yusuf selalu memanjatkan doa Nabi Yusuf agar bisa diberikan kekuatan untuk menjadi pemimpin yang baik tersebut.

Bahasa Latin: Rabbi qad ‘ataytanii minal mulkii wa ‘allamtanii min ta’wilii ahaadats faatirassamaawaatii wal ardhi anta walii fiddunyaa walakhiratii muslimaa walhiqnii bissalihiin.

Artinya: Ya Allah Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau sudah memberikan anugerah kepadaku, sebagian kerajaan dan juga memberikan pelajaran bagiku sebagian tabir dari mimpi.

Ya Allah Ya Tuhanku yang menciptakan langit dan bumi. Engkau pelindungku saat didunia maupun di akhirat. Maka wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang saleh.

Bagaimana Cara Mengamalkan Doa Nabi Yusuf?

Keteladan Nabi Sulaiman
image: islamic-relief

Supaya doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT segera diijabah, tentu diamalkan dengan cara yang benar. Seperti lebih dahulu sudah dilakukan oleh Nabi Yusuf. Bagaimana caranya?

1. Dibaca Saat Shalat Malam

Salah satu waktu terbaik untuk membaca doa adalah pada malam hari, tepatnya setelah menunaikan shalat Tahajjud tengah malam. Dalam beberapa ayat Al Quran dijelaskan bahwa berdoa di waktu malam merupakan salah satu yang paling mustajab.

Seperti pada Surat Az Zariyat ayat 18, dijelaskan bahwa pada akhir malam hamba Allah SWT memohonkan ampunan kepadaNya.
Selain itu, dalam salah satu hadits riwayat Bukhari dan Muslim juga dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda.

Allah SWT akan turun menuju langit di dunia pada waktu sepertiga malam. Lalu Allah SWT berfirman bahwa orang yang memanjatkan doa pada waktu tersebut akan dikabulkan.

Begitu juga orang yang meminta akan diberikan, lalu orang yang memohon ampunan juga akan diampuni-Nya. Sangat jelas betapa dahsyatnya waktu sepertiga malam tersebut, dimanfaatkan untuk membaca doa dan memohon kepada Allah SWT.

2. Doa Perantara

Meyakini bahwa doa Nabi Yusuf yang diucapkan di tengah malam akan menjadi perantara, agar semua yang diminta kepadaNya akan dikabulkan. Doa tersebut biasa juga disebut wasilah, jika ingin sebuah tujuan bisa dicapai dengan izin Allah SWT tentunya.

Misalnya, jika kamu ingin dijauhkan dari maksiat maka yakinlah bahwa dengan membaca doa nabi ke-14 tersebut maka keinginan tersebut bisa dikabulkan. Intinya adalah, semua yang akan terjadi merupakan kehendak Allah SWT.

3. Tawakal

Setelah memilih waktu malam untuk berdoa, meyakini doa tersebut akan dikabulkan maka selanjutnya adalah tawakal kepada Allah SWT. yaitu berserah diri kepadaNya dan menggantungkan harapan hanya kepada sang pencipta.

Dengan begitu kapanpun doa tersebut akan dikabulkan, adalah kehendak Allah SWT tanpa harus ditunggu setiap saat karena sejatinya Allah SWT akan mengabulkan doa-doa orang yang bertawakal.

Seperti dijelaskan di dalam Surat Ali Imran ayat 159, dimana disampaikan bahwa Allah SWT sangat mencintai hambanya yang bertawakal kepadaNya.

Keutamaan Membaca Doa Nabi Yusuf

4 Doa Nabi Sulaiman
image: qarabic

Dari beberapa doa Nabi Yusuf latin maupun bahasa Arab yang sudah dijelaskan di atas, ada sejumlah keutamaan yang didapat ketika mengamalkannya.

1. Mempererat Hubungan

Salah satu doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf kepada Allah SWT adalah doa agar dijauhkan dari maksiat. Jika dibaca dengan sungguh-sungguh, diyakini akan menjadi jembatan menghindari maksiat maka dampaknya akan sangat luar biasa.

Apalagi bagi yang sudah menikah, godaan setan melalui lawan jenis yang bukan muhrim tentu akan menjadi masalah jika kamu tergoda.

Namun juga berpegang teguh pada perintah-Nya dan rajin membaca doa, tentu godaan tidak akan mempan dan hubungan suami istri akan tetap harmonis bahkan lebih baik.

2. Terhindar dari Berbagai Masalah

Tidak ada hidup tanpa masalah, alangkah indahnya lagi kalau tidak harus berkutat pada masalah. Melalui doa yang khusyuk, kamu akan bisa melewati masalah dengan baik bahkan menghindarinya sebelum terjadi.

Contohnya pada masa dakwah Nabi Yusuf, dia sering digoda oleh wanita namun tekadnya untuk tidak masuk dalam perangkap tersebut dengan berdoa dan tawakal membuatnya terhindar dari masalah.

3. Lebih Kuat Menjalani Hidup

Ada kalanya hidup terasa sangat menyedihkan, ada yang putus asa bahkan melakukan hal yang negatif. Dengan memahami makna doa dari Nabi Yusuf, kamu akan lebih kuat untuk menjalani hidup.

4. Aura Lebih Positif

Doa untuk mendapatkan ketampanan dan kecantikan, seperti yang dipanjatkan Nabi Yusuf kepada Allah SWT. Jika dibaca dengan khusyuk akan mampu menjadikan aura wajah dan diri seseorang lebih positif.

Meskipun sudah hafal dan paham semua doa Nabi Yusuf, kamu juga perlu tahu apa keutamaan dari setiap doa tersebut sehingga bisa diamalkan dengan baik. Jangan lupa untuk melakukan cara mengamalkannya, supaya kesempatan agar doa dikabulkan tidak terbatas.

Satu hal yang juga tidak boleh dilupakan adalah, doa merupakan bagian dari ketaatan kepada Allah SWT. Semakin banyak berdoa disertai tawakal tentu akan menjadikan kamu orang yang selalu dekat kepada pencipta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.