4 Doa Nabi Sulaiman yang Dikabulkan Allah SWT

oleh -0 Dilihat
Doa Nabi Sulaiman
image: paxels

Diskursusnetwork.com – Doa Nabi Sulaiman sudah dikenal sebagai doa yang banyak dianjurkan untuk dibaca dan disampaikan kepada Allah SWT.

Bukan hanya satu, tapi setidaknya ada lima doa yang dulu diucapkannya kepada Allah SWT dan dikabulkan oleh sang pencipta.

Semua doa yang pernah diucapkan nabi ke-18 tersebut, berisikan hal baik dan permohonan kepada Allah SWT dalam berbagai hal. Berikut ini doa-doa yang bisa langsung kamu baca, hafal, dan ucapkan dengan khusyuk.

4 Doa Nabi Sulaiman

4 Doa Nabi Sulaiman
image: qarabic

Doa yang diucapkan Nabi Sulaiman, sebagian besar termaktub jelas di dalam Al Quran dan ada juga yang dijelaskan di dalam beberapa riwayat hadits shahih. Apa sajakah doa Nabi Sulaiman tersebut?

1. Doa untuk Menaklukkan Hati

إِنَّهُ مِن سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ * أَلاَّ تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِ

Bahasa latin: innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrahmanirrahim ala ta’lu alayya wa’tuni muslimin

Artinya: sesungguhnya surat tersebut adalah dari Sulaiman dan isinya adalah dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih pemurah dan maha penyayang. Janganlah kamu sombong dan bertingkah laku sombong kepada Allah. Dan datanglah kepadaKu sebagai orang yang berserah diri.

Doa ini dijelaskan juga di dalam Al Quran, yaitu pada Surat An-Naml ayat 30-31.

baca juga: Kisah Nabi Zulkifli

2. Doa Diberikan Kemudahan Rezeki

Siapapun pasti ingin mendapatkan kemudahan rezeki, doa Nabi Sulaiman minta kekayaan ini bisa kamu panjatkan dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT. Di dalam Al Quran, doa ini terdapat pada Surat Sad ayat 35.

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Bahasa latin: Qaala rabbighfirlii wahablii mulkan laa yanbaghii li ahadin min ba’dii innaka anta alwahhabu

Artinya: Ya Allah, mohon ampunilah semua dosaku, serta berikanlah kepadaku kerajaan yang tidak akan bisa dimiliki siapapun yang setelah aku, sesungguhnya Allah maha pemberi.

Doa ini juga menggambarkan bagaimana keinginan Nabi Sulaiman untuk bisa mendapatkan kebaikan bukan hanya untuk dinikmati di dunia namun juga untuk bekal di akhirat kelak.

baca juga: Kisah Nabi Khidir

3. Doa Syukur kepada Allah SWT

Dengan semua berkah dan karunia yang sudah diberikan Allah SWT kepada Nabi Sulaiman, maka doa yang dibaca Nabi Sulaiman berikutnya juga sering dilafazkan bahkan menjadi zikirnya kepada Allah SWT.

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Bahasa latin: alhamdulillahilladzii faddhalanaa ‘alaa katsiiri min ‘ibaadihil mu’miniin.

Artinya:segala puji pujian kepada Allah SWT yang telah melebihkan kami dari bnyaknya hamba-hamba Allah lain yang beriman.

Sama halnya dengan doa yang disampaikan Nabi Sulaiman lainnya, doa yang satu ini juga terdapat di dalam Al Quran. Tepatnya ada di dalam Surat An Naml ayat 15. Sebagai salah satu bentuk rasa syukurnya kepada sang pencinta karena sudah diberikan kelebihan dibandingkan manusia lainnya.

4. Doa Mensyukuri Nikmat

Ada juga doa Nabi Sulaiman dalam Al Quran yang berhubungan dengan cara mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Doa ini terdapat di dalam Surat An Naml ayat 19, dimana nabi Allah tersebut menyadari semua nikmat yang sudah diberikan sang Khaliq kepadanya dan kedua orang tua.

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Bahasa Latin: Rabbi awzi’nii an asykura ni’matalakalllatii ‘anamta ‘alayya wa’alaa waalidaya wa’an’amala shaalihan tradhaahu wa’adkhilni birahmatika fii inaadihassalihiin.

Artinya: Ya Allah Ya tuhanku, anugerahkanlah kepadaku ilham untuk bisa tetap bersyukur atas nikmat yang telah diberikan kepadaku juga kepada kedua orang tuaku. Agar aku dapat mengerjakan semua kebaikan yang engkau ridhoi. Dan masukkan aku dengan rahmatMu yang soleh.

Keutamaan Membaca Doa Nabi Sulaiman

Keutamaan Membaca Doa Nabi Sulaiman
African Muslim Man Making Traditional Prayer To God While Wearing A Traditional Cap Dishdasha

Membaca doa dari Nabi Sulaiman merupakan salah satu yang bisa dilakukan, untuk bisa mendapatkan banyak keutamaannya. Selain menanti doa dikabulkan oleh Allah SWT, jika memang dihaturkan dengan sungguh-sungguh kepada sang pencipta.

Namun membaca bukan sekedar baca, kamu juga harus paham arti dan makna dari doa tersebut. Lantas, apa saja keutamaan membaca doa tersebut?

1. Selalu Mengingat Allah SWT

Dengan berdoa di berbagai kesempatan, kamu akan selalu ingat kepada sang pencipta. Apalagi jika sudah paham makna dari doa itu sendiri, sehingga bisa disampaikan kepada Allah SWT kapan saja dan dimana saja.

Salah satu doa yang dipanjatkan Nabi Sulaiman adalah zikir, sehingga bisa menjadi salah satu zikir yang diucapkan selesai menjalankan ibadah shalat wajib maupun shalat sunnah.

Doa yang diucapkan dengan sungguh-sungguh juga akan mendapatkan kesempatan dikabulkan oleh Allah SWT, jadi ketika kamu ingat Allah SWT dan berdoa maka akan lebih besar kemungkinan doa dikabulkan.

2. Bersyukur dengan Apa yang Telah Diberikan Allah SWT

Allah SWT selalu mencintai dan memperhatikan hambanya yang bersyukur, hal tersebut secra gamblang dijelaskan di berbagai ayat Al Quran.

Di dalam doa rasa syukur yang disampaikan oleh Nabi Sulaiman kepada Allah SWT, jika ditelaah sangat jelas maksudnya.
Yaitu betapa bersyukurnya sebagai hambaNya sudah diberikan limpahan rezeki dan anugerah dalam setiap langkah.

Dengan rasa syukur tersebut, akan membuat kamu lebih nyaman ketika mendapatkan apapun yang pastinya atas izin Allah SWT atau kehilangan apapun yang juga patut disyukuri. Alasannya, apapun yang kamu punya adalah milikNya dan hanya dititipkan padamu untuk sementara.

3. Giat Berusaha agar Mendapatkan yang Terbaik dalam Hidup

Berdoa untuk diberikan rezeki dan kelimpahan rahmat dari Allah SWT, juga merupakan salah satu jembatan untuk membuatmu bisa lebih giat dalam melakukan usaha. Sehingga doa dan usaha bisa berjalan beriringan, tinggal menunggu Allah SWT mengabulkannya saja.

Usaha yang dilakukan tentunya tidak melenceng dari apa yang diperintahkan Allah SWT di dalam setiap firmannya yang jelas terdapat di dalam Al Quran.

4. Mendapatkan Ridha Allah SWT Dunia Akhirat

Nabi Sulaiman dalam doa Nabi Sulaiman untuk meluluhkan hati seseorang atau untuk mendapatkan rezeki, bukan saja untuk kepentingan di dunia namun juga untuk akhirat.

Jadi sudah sewajarnya ketika kamu membaca doa-doa tersebut akan menjadi salah satu jalan untuk menggapai ridho dari Allah SWT.

Bukan hanya sekeda doa yang diucapkan dari lisan, namun juga dari hati karena benar-benar ingin menjadi kalangan yang bersyukur dan selalu dirahmati Alllah SWT selama hidup dan setelahnya.

5. Menghargai Semua Makhluk Ciptaan Allah SWT

Dengan membaca salah satu doa yang dipanjatkan Nabi Sulaiman tentang bagaimana memahami makhluk lainnya, kamu juga akan menjadi paham bahwa di dunia ini bukan hanya manusia yang ada.

Banyak makhluk lain yang juga sangat perlu dihargai keberadaannya, bahkan dari makhluk kecil sekalipun seperti semut dan sejenisnya. Dengan menghargai semua ciptaan Allah SWT, hidup juga akan menjadi lebih tenang.

Keteladan Nabi Sulaiman

Keteladan Nabi Sulaiman
image: islamic-relief

Perjalanan hidup Nabi Sulaiman sebagai salah satu nabi pilihan Allah SWT, memberikan banyak contoh positif untuk diteladani. Banyak hal tentang kepemimpinan, hingga bagaimana menjadi manusia yang lebih baik dimataNya.

1. Rendah Hati dan Tidak Sombong

Siapa yang tak kenal bagaimana Nabi Sulaiman, mukjizatnya terbilang banyak jika dibandingkan dengan nabi dan rasul yang lain. Mulai dari kecerdasannya, kemampuan memahami bahasa berbagai jenis binatang, bisa mengendarai angin, bahkan memiliki pasukan hebat yang bukan hanya terdiri dari manusia namun juga jin.

Belum lagi kekayaannya yang berlimpah, membuatnya menjadi raja paling kaya dan disegani oleh kalangan kawan maupun lawan.
Namun hal tersebut tidak membuatnya sombong, dia tetap rendah hati dan mau bercengkrama dan mendengarkan siapa saja dari kalangan manapun.

Dia juga selalu membaca doa Nabi Sulaiman dan merasa beribadah masih sangat kurang kepada Allah SWT, sehingga membuat Nabi Sulaiman menjadi pemimpin yang sangat disayangi dan dipercaya rakyatnya.

2. Shalat Tepat Waktu

Nabi Sulaiman sesibuk apapun selalu berusaha untuk shalat tepat waktu karena cintanya kepada Allah SWT.

3. Memiliki Rasa Belas Kasih Pada Siapapun

Nabi Sulaiman terkenal sebagai sosok yang suka membantu siapa saja yang kesusahan, tanpa pamrih. Ini adalah sikap terpuji yang patut ditiru.

4. Pemimpin yang Amanah

Bukan hal mudah untuk menjadi seorang pemimpin, namun Nabi Sulaiman berhasil melakukannya dengan sangat bijaksana.

Cobalah untuk memahami semua doa Nabi Sulaiman. Masing-masing punya manfaat yang tentunya akan membuat kamu lebih dekat dengan Allah SWT.

Kalau belum bisa menghafalnya, paling tidak baca dan pahami artinya maka kamu akan tahu betapa hebatnya makna doa-doa tersebut.

Ajarkan juga kepada orang terdekat, supaya manfaat dan faedahnya bisa sama-sama dirasakan sebagai bekal dunia akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.