Johny Corne: Pesawaran Akan Bangun GOR & Museum Tapis, Anggarannya Hingga Rp150 Miliar

oleh -3 Dilihat
Corne
Staf Khusus Kebijakan Daerah Kabupaten Pesawaran Johnny Corne./foto: dok. pribadi

Pesawaran – Staf Khusus Kebijakan Daerah Kabupaten Pesawaran Johny Corne mengatakan, pemerintah Kabupaten Pesawaran akan membangun gelanggang olahraga (GOR) dan Museum Tapis. Anggaran pembangunan berasal dari pinjaman PT Sarana Multi Insfrastruktur (SMI) sebesar Rp150 miliar.

Menurutnya, melihat potensi dan keunggulan wilayah dibidang prestasi olah raga dan pariwisata dinilai tepat untuk sesegera mungkin membangun Museum Tapis dan Pusat Kegiatan Olah Raga di Kabupaten Pesawaran. Selain itu, pembangunan itu untuk mendukung pemulihan dan membangkitkan geliat ekonomi masyarakat pascapandemi.

“Pesawaran merupakan kabupaten penyangga ibukota yang memiliki keunggulan dibidang pariwisata,” kata Johny saat dihubungi pada Selasa (16/11/2021).

Terkait sumber pendanaan pembangunan melalui dana pinjaman, Johny menjelaskan bahwa pinjaman ke PT. SMI secara koridor hukum tidak bisa untuk membangun perkantoran.

Maka, peruntukan pinjaman digunakan untuk pembangunan GOR dan gedung museum. Rencana pemerintah kabupaten, kata dia, sudah melalui proses panjang dan penuh pertimbangan juga perhitungan.

“Karena memang pemkab tidak bisa memakai pinjaman untuk membangun kantor,” katanya lagi.

Melihat kondisi perekonomian masyarakat Pesawaran yang masih dalam upaya pemulihan setelah pandemi, kata dia, sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah.

Maka dipilihlah pembangunan infrastruktur yang dapat memancing pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dimana pembangunan Museum Tapis dapat menjadi destinasi wisata baru di Pesawaran.

“Apalagi kita tahu tapis merupakan ikon Lampung. Jika Museum Tapis ada di Pesawaran, ini bisa jadi tujuam wisata baru di Pesawaran,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembangunan GOR merupakan impian masyarakat Pesawaran sejak lama. Selain memiliki potensi atlet olahraga yang sangat baik, pembangunan infrastruktur pendukung diharapkan dapat menumbuhkan pelaku UMKM lebih cepat.

Tujuan-tujuan tersebut dituangkan dalam sebuah kebijakan, yang telah disahkan DPRD dengan dasar dan pertimbangan matang serta memiliki konsep untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Efek yang dihasilkan dari infrastruktur tersebut akan lebih besar dibanding bunga yang dihasilkan dari pinjaman Pemkab ke PT. SMI itu,” katanya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Pesawaran berencana melakukan pinjaman kepada PT. Sarana Multi Insfratruktur (Persero) sebesar Rp150 miliar untuk pembangunan GOR dan Museum Tapis tahun 2022. Pinjaman tersebut dengan durasi pengembalian selama 4 tahun dengan bunga 5,6 persen. []

Laporan Kontributor: Anton Nugroz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.