Media Asing Ramai Soroti Pemerintahan Indonesia Kawal Mahfud Mundur Hari Ini

oleh -0 Dilihat
media
Ilustrasi media asing

Jakarta – Media asing hari ini ramai menyoroti pemerintahan dan politik Indonesia. Pemantik utamanya pemberitaan asing menilai pengunduran Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang rencananya akan dilakukan hari ini, Kamis (01/02/2024).

Dilaporkan berbagai media asing, bahwa surat pengunduran resmi sudah ditunjukan Mahfud saat konferensi pers ke media Rabu 31 Januari 2024.

Dilaporkan Reuters. Media itu menulis artikel dengan judul “Indonesia chief security minister to tender resignation soon”.

“Menteri Keamanan dan Cawapres Mahfud MD mengatakan pada hari Rabu bahwa ia akan mengajukan pengunduran dirinya, sebuah keputusan yang menurut ajudannya disebabkan oleh keberpihakan Presiden Joko Widodo dalam kampanye pemilu bulan depan,” tulis media tersebut.

“Kantor kepresidenan tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuduhan mengenai perannya dalam pemilihan presiden pada 14 Februari, di mana ia tidak akan bertanding setelah menjabat selama dua periode,” tambahnya.

Baca juga: Mundur Dari Menkopolhukam, Mahfud: Saya Akan Pamit Dengan Penuh Kehormatan

Beberapa media asing mengutip Reuters yang isinya menyinggung bagaimana isu Menteri Keuangan Sri Mulyadi dan beberapa menteri lain hendak mundur pula dari kabinet.

“Media lokal telah melaporkan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan beberapa menteri lainnya mungkin akan mundur dari kabinet, yang dapat mengganggu stabilitas pemerintahan Jokowi beberapa minggu sebelum hari pemungutan suara,” bunyi laporan Reuters lagi.

Sementara Jokowi dituliskan membantah isu mundurnya menteri lain selain Mahfud.

“Dalam pernyataannya pada hari Rabu, Jokowi mengatakan seluruh kabinetnya sangat solid meskipun Mahfud mengundurkan diri,” tambahnya.

Media yang berfokus pada keuangan dan moneter mengutip Reuters mengenai isu kemunduran sejumlah menteri yang berpengaruh terhadap nilai mata uang rupiah.

“Berita tentang kemungkinan keluarnya Sri Mulyani membuat rupiah anjlok pada pekan lalu, mendorong bank sentral untuk melakukan intervensi di pasar mata uang,” tulis lama tersebut, yang juga dilansir US News dan The Edge Malaysia

Baca juga: Mahfud MD Umumkan Siap Mundur Dari Kabinet Jokowi

media
Mahfud MD

Media asing lain yang memiliki korespondensi di Indonesia menulis mundurnya Mahfud lebih ke politis dan “aksi balasan.” Strait Times misalnya memuat judul “senior Indonesian minister resigns in protest over alleged partiality ahead of 2024 election“. Disebut langkah itu sebagai bentuk “demo” calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo itu ke “keberpihakan” yang jelas terlihat di Pemilu 2024.

“Indonesia bersiap untuk mengadakan pemilihan presiden … yang diikuti oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang berpasangan dengan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka,” muat laman Singapura itu, dikutip Kamis (01/02/2024).

“Dua pasangan lainnya adalah mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar, yang satu pasangan dengan Mahfud, dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan, yang mencalonkan diri bersama Muhaimin Iskandar, ketua partai Islam populer,” tambahnya.

“Media lokal mengkritik Jokowi karena diduga melakukan tindakan untuk mendukung putranya dan Prabowo,” tulis media itu lagi.

“Bapak Widodo mengatakan bahwa presiden dan wakil presiden yang menjabat diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam kampanye pemilu,” tambah Strait Times lagi menjelaskan latar belakang menyebut nama belakang Jokowi. (DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.