Video Prabowo ‘Etik Endasmu’ Dorong Sentimen Negatif Ke Paslon Capres Nomor 02

oleh -0 Dilihat
video
Debat Capres pertama Pilpres 2024

Jakarta – Video pernyataan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto viral di media sosial. Prabowo diduga mengungkit kembali pertanyaan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dalam debat calon presiden pada 12 Desember.

Saat itu, Anies bertanya kepada Prabowo perihal putusan Mahkamah Konstitusi yang membolehkan seseorang yang berusia di bawah 40 tahun atau pernah menjabat sebagai kepala daerah menjadi calon wakil presiden. Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi lantas memutuskan hakim konstitusi yang turut memutus perkara itu, yaitu Anwar Usman, terbukti melakukan pelanggaran kode etik berat.

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik? Etik, etik ndasmu, etik,” kata Prabowo memparodikan pertanyaan yang diajukan kepada dirinya.

Video dengan durasi pendek pernyataan kontroversial Prabowo itu beredar di media sosial baik X atau twitter maupun juga Instagram.

Tanggapi viralnya video pernyataan Prabowo tersebut, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pernyataan Prabowo yang tidak menganggap penting etika.

“Pernyataan ‘Etika Ndasmu’ adalah cermin kekuasaan di atas segalanya. Karena itulah nyawa 13 aktivis yang diculik pun tidak ditanggapi secara serius. Kekuasaan tanpa etika dan moral membutakan nurani,” ujar Hasto.

Baca juga: Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit, Ahmad Muzani: Kader Dan Caleg Jangan Jumawa!

Menurut dia, dalam berbagai blusukan yang dilakukan oleh calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan, ditemukan fakta rakyat menanggapi sangat negatif pernyataan Prabowo tersebut.

“Etika ndasmu sangat melukai rakyat Indonesia. Pernyataan Pak Prabowo tersebut cermin ambisi kekuasaan dengan menghalalkan segala cara. Ketika etika-moral ditempatkan di bawah kekuasaan, maka sama saja dengan membutakan budi nurani,” kata Hasto.

Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan menyatakan bahwa memang etik itu datangnya dari kepala.

“Kalau kepala tidak mengikuti etika apalagi yang di bawahnya. Jadi memang benar mulainya dari kepala dan dengan begitu yang di bawah akan ikut., itu saja,” mengutip Detikcom dalam 20detik, Minggu (17/12/2023).

Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak buka suara mengenai ucapan Prabowo Subianto. Dahnil mengatakan ucapan Prabowo tersebut hanya bercanda.

“Pak Prabowo senang bercanda, itu becandaan Pak Prabowo ke kader-kader Gerindra, seribu persen bercanda. Pak Prabowo hubungannya dengan Pak Ganjar baik, dengan Pak Anies baik. Bercanda ke sesama sahabat,” ujar Dahnil.

“Maksud Pak Prabowo, mari sama-sama kita periksa isi pikiran kita, isi hati kita, semacam refleksi akhir pekanlah, jangan seperti orang yang ditolak cintanya, namun kemudian habis-habisan menjelek-jelekkan sang pujaan hati,” kata dia.(DN)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.