Inilah 10 Kota Dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia, Menarik Untuk Disimak!

oleh -0 Dilihat
Kota Adamstown
Kota Adamstown, salahsatu kota dengan penduduk paling sedikit di dunia

Jakarta- Kota dengan penduduk paling sedikit di dunia pasinya membuat banyak orang penasaran. Banyaknya jumlah kota di dunia ini, di antaranya juga terdapat beberapa kota dengan populasi paling sedikit di dunia. Salah satunya akan dijelaskan dalam artikel ini sebanyak 10 kota.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka wawasan kamu mengenai pengetahuan akan dunia ini akan bertambah. Bahka, beberapa kota yang nantinya akan disebut merupakan ibu kota di suatu negara. Penasaran degan hal tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut:

10 Daftar Kota dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia

Kota dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia
Foto: Canva

Apa kota paling kecil di dunia? Pertanyaan tersebut pastinya kerap dilontarkan oleh banyak orang. Pasalnya, kota selama ini dianggap sebagai suatu area yang luas dengan banyak penduduk di dalamnya. Namun, apa jadinya jika beberapa kota di dunia memiliki jumlah penduduk yang sedikit?

Tidak semua kota di dunia mempunyai area yang luas dengan populasi yang banyak. Masih terdapat beberapa kota dengan populasi penduduk yang sedikit. Beberapa kota tersebut berada di Eropa dan juga benua Amerika.

Kota dengan penduduk paling sedikit di dunia tersebut tersebar luas di seluruh dunia. Namun, terdapat 10 kota di dunia dengan total penduduk yang sedikit. 10 kota tersebut tidak boleh kamu lewatkan karena akan membahas wawasan baru soal pengetahuan dunia, berikut adalah penjelasannya:

1. Kota Adamstown (Kepulauan Pitcairn)

Kota Adamstown
Sumber: travellerspoint.com

Satu-satunya pemukiman yang berada di Kepulauan Pitcairn ini adalah kota Adamstown yang juga merupakan ibu kota Kepulauan Pitcairn. Jumlah penduduknya di sini hanyalah sekitar 50 orang pada tahun 2020. Pulau lain di sekitarnya merupakan pulau kosong yang tidak berpenghuni.

Menjadi kota dengan penduduk paling sedikit di dunia, Adamstown hanya mempunyai satu toko serba ada yang buka tiga kali dalam seminggu saja. Kota ini membutuhkan banyak penduduk, namun belum ada yang berkenan untuk menetap menjadi pendatang baru di sana.

2. Kota Hum (Kroasia)

Kota Hum (Kroasia)
Foto: Canva

Kota dengan penduduk paling sedikit di Kroasia ini hanya memiliki penduduk sebesar 90 orang saja pada tahun 2011. Kota ini terletak di area tengah Istria, dan dikuasai oleh tiga negara yaitu Kroasia, Italia, dan juga Slovenia.

Fakta kota Hum ini selain kecil adalah sudah sangat tua, di mana pada tahun 1102 telah terdapat kota ini namun dengan nama Cholm. Hal ini menjadikan kota Hum sebagai kota dengan populasi terkecil di benua Eropa.

3. Kota Ngerulmud (Palau)

Kota Ngerulmud (Palau)
Sumber: Diadona.id

Kerap muncul pertanyaan seperti apakah Palau termasuk ibu kota negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia? Jawabannya adalah benar. Kota Ngerulmud yang merupakan ibu kota dari Palau mempunyai populasi sekitar 400 orang.

Palau merupakan suatu negara kepulauan dengan total sekitar 346 pulau. Populasi penduduk Palau pada tahun 2021 sekitar 18.169 orang. Kota Ngerulmud sendiri baru dijadikan sebagai ibu kota pada tahun 2006 dan menggantikan kota Koror.

4. Greenwood (Kanada)

Greenwood (Kanada)
Sumber: Tripadvisor

Kota dengan penduduk paling sedikit di dunia berikutnya adalah Greenwood yang berada di Kanada. Populasi penduduk kota ini pada tahun 2016 adalah sebesar 665 orang saja. Kota yang berdiri pada tahun 1897 mengalami penurunan terus selama bertahun-tahun.

Namun, daya tarik dari kota Greenwood adalah menjadi kota destinasi wisata karena kaya akan sejarah. Kota yang hingga kini terdapat pertambangan di dalamnya ini menjadi hal yang menarik untuk dikunjungi saat sedang berada di Kanada.

5. Kota Vatikan (Italia)

Kota Vatikan
Sumber: Canva

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan nama kota yang menjadi kediaman Paus atau pimpinan agama Katolik ini memiliki populasi sekitar 826 penduduk. Negara independen yang terletak di dalam Roma, Itakina ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata sejarah.

Kota dengan penduduk paling sedikit di dunia posisi kelima ini hanya mempunyai luas yaitu 110 hektar. Vatikan menjadi kota bersejarah dan memiliki karya seni yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan, oleh sebab itulah negara ini selalu terlihat ramai.

6. Kota St. Davids (Wales)

Kota St. Davids (Wales)
Sumber: Instagram

Masih dengan pembahasan mengenai kota yang mempunyai populasi paling sedikit di dunia, selanjutnya terdapat St. Davids di Wales dengan populasi sebesar 1.390 pada tahun 2020. Kota yang memiliki sejarah Kristen ini terdapat kafe, hotel, restoran, dan juga galeri seni.

Bagi pemeluk agama Kristen, kota St. Davids merupakan tempat di mana St. Patrick sampai ke Irlandia untuk menyebarkan Kristen dan cocok dikunjungi untuk lebih mengenal sejarahnya di sini. Kota St. Davids menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi.

7. Kota Opatowiec (Polandia)

Kota Opatowiec (Polandia)
Sumber: Tripadvisor

Kota mungil dengan penduduk sekitar 3.000 jiwa pada tahun 2018 ini terdapat di Polandia. Di dalam kota ini terdapat Gereja Dominika pada abad ke-15 dan juga Jozef Klemens Pisudski yang bisa kamu kunjungi saat ke Polandia.

Pada suatu saat, kota itu mengalami kehancuran total pada abad ke-17 oleh pasukan Swedia selama banjir. Setelah itu, kota tersebut mengalami kerusakan kembali selama Perang Dunia I dan sekali lagi selama Perang Dunia II. Namun, karena kotanya kecil maka bisa dengan mudah direkonstruksi.

8. Kota St. Asaph (Wales)

Kota St. Asaph (Wales)
Sumber: Tripadvisor

Berada di Inggris Raya, St. Asaph mempunyai populasi sekitar 3.470 pada tahun 2020. Kota yang tidak terlalu padat penduduk ini sering mempromosikan diri sebagai kota musik. St. Asaph pernah menjadi tuan rumah dari North Wales International Music Festival yang menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Kota ini menjadi nomor dua terkecil setelah St. Davids, kota St. Asaph memiliki panorama yang indah dan terkenal akan gereja-gerejanya. Tata letak kota ini terletak rapi dan nyaman untuk dijadikan destinasi liburan.

9. Kota Norton City (Amerika Serikat)

Kota Norton City (Amerika Serikat)
Sumber: Instagram

Populasi kota Norton City sebanyak 3.687 jiwa pada tahun 2020. Kota yang terletak di Virginia, USA ini hanya mempunyai luas permukaan seluas 19,45 kilometer persegi. Meskipun kecil, kota Norton City mempunyai restoran unik semacam China Café, serta area rekreasi Flag Rock.

Jika kamu ingin bepergian ke luar negeri dan menonton pertunjukan budaya musik pegunungan serta kegiatan outdoor, maka berkunjung ke Norton City adalah jawabannya. Taman Legiun adalah tempat yang cocok di kota Norton.

10.Kota San Marino

Kota San Marino
Sumber: Canva

Salah satu kota yang memiliki populasi kecil di dunia selanjutnya adalah kota San Marino, di mana merupakan negara mikro yang dikelilingi Italia. Populasinya sebanyak 4.000 orang dengan pemandangan yang indah karena terdapat gunung Titano di dalamnya.

Sebagian besar mata pencaharian penduduk di sini adalah melalui wisata yang berada di negara kecil San Marino ini. San Marino menjadi salah satu destinasi wisata yang bagus saat berkunjung ke Italia. Pemandangan yang disuguhkan di sini tidak akan mengecewakan.

Dari ketujuh kota yang telah disebutkan di atas, maka kamu bisa mengunjungi salah satunya dikarenakan terdapat banyak keindahan alam di semua kota tersebut. Dengan begitu, maka tujuh kota tersebut akan menambah banyak wawasan yang luas soal pengetahuan dunia.

Tujuh kota dengan penduduk paling sedikit di dunia telah dijelaskan secara lengkap di atas. Dengan mengetahui ketujuh kota tersebut, maka kamu akan menambah wawasan baru soal pengetahuan umum yang berada di dunia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.