8 Game PC Ringan Terbaik 2024, Bisa untuk PC Low End

oleh -0 Dilihat
Game PC Ringan
image: facebook

Diskursusnetwork.com – Game PC ringan RAM 2GB menjanjikan pengalaman bermain yang lebih lancar di perangkat spek rendah. Tidak bisa disangkal kebanyakan game PC saat ini mempunyai grafik tinggi, sehingga kebutuhan untuk menjalankan game tersebut juga tinggi.

Game PC dengan grafik tinggi biasanya berukuran hingga ratusan GB, menjadikan waktu unduhan jauh lebih lama. Tetapi tidak usah sedih dulu bagi yang mempunyai perangkat spek minimum. Masih ada game PC yang hanya membutuhkan RAM 1 sampai 2 GB.

Tentunya dengan grafik yang tetap memukau dan gameplay yang asyik. Sudah tidak sabar mengunduh dan memainkan langsung game-game ringan tersebut? Artikel ini sudah merangkum beberapa game terbaik untukmu!

Rekomendasi Game PC Ringan dengan Grafik Terbaik

Tidak perlu khawatir bagi yang mempunyai perangkat minimum tetapi ingin memainkan game yang seru. Justru ada beberapa developer yang sengaja membuat game-nya ringan sehingga dapat dijalankan pada berbagai tipe PC. Inilah beberapa game yang paling direkomendasikan:

1. Risen 2: Dark Waters

Risen 2 Dark Waters
image: youtube @TheNocturnalRambler

Sekilas memang terdengar seperti game survival, tetapi sebetulnya game ini memadukan beberapa genre, di antaranya RPG, action dan adventure. Risen 2: Dark Waters menggunakan mode orang ketiga untuk menjelajahi dunia.

Map di game ini sangat luas dengan wilayah berupa daratan dan lautan. Dunia game ini telah diserang oleh raksasa titan yang mematikan dari kedalaman laut. Karena itu karakter utamanya ditugaskan untuk menghentikan serangan para titan.

Pemain akan diberikan pilihan untuk menemukan jalan keluar dari masalah ini. Setiap keputusan akan memberikan keterampilan dan jalan baru menyelesaikan masalah. Grafik yang ditawarkan pun sangat indah, padahal hanya membutuhkan minimal RAM 2GB.

baca juga: Game PS3 Terbaik

2. Portal 2

portal 2 game
image: steamstatic

Ada lagi game PC ringan adventure yang perlu dicoba, yaitu Portal 2. Judul kedua dari seri Portal ini merupakan judul yang paling banyak dimainkan. Terdapat mode first-person yang membuat pengalaman bermain lebih imersif.

Mirip seperti judul sebelumnya, Portal 2 meminta pemain untuk berpikir di luar kotak untuk menyelesaikan setiap level menggunakan alat pembuat portal.

Terdapat portal masuk dan keluar, keduanya dapat digunakan untuk mencari jawaban dari setiap level yang sedang dijalani. Cocok bagi yang suka memecahkan teka-teki.

baca juga: Game PS4 Terbaik

3. Stardew Valley

Stardew Valley
image: liputan6

Para pecinta seri Harvest Moon pastinya akan senang dengan game ini. Stardew Valley sendiri memang terinspirasi dari seri game tersebut, tetapi developer ConcernedApe memberikan tambahan yang membuat game ini lebih menarik.

Stardew Valley menggunakan grafik 2D dengan animasi sederhana, sehingga tidak membuat PC berat menjalankannya. Pemain adalah seorang petani yang diberi amanah untuk mengurus kebun milik kakeknya di Pelican Town.

Kota ini terkesan hidup dengan rutinitas warga sehari-hari. Selain menanam dan menyiram tanaman, pemain dapat melakukan aktivitas lain.

Seperti mengajak warga berinteraksi, memancing di pantai, menghadiri festival, bersantai di kedai, menjelajah hutan, melawan monster di gua dan mengembangkan peternakan menjadi yang terbaik di kota.

baca juga: Game RPG

4. Need for Speed: Most Wanted

Need for Speed Most Wanted
image: 99

Ini adalah salah satu game PC ringan balapan paling populer sepanjang masa. Tidak seperti kebanyakan game balapan lain yang membutuhkan PC high end, Need for Speed: Most Wanted justru dapat dimainkan di PC low end. Game besutan Electronic Arts ini menyuguhkan permainan yang adiktif.

Pilihan karakternya ada 4, di antaranya Bull (Toru Sato), Razor (Clarence Callahan). JV (Joe Vega) dan Ronnie (Ronald McCrea). Masing-masing mempunyai keterampilan mengendarai mobil yang berbeda-beda. Tentunya ketika bermain tidak langsung menggunakan mobil balap cepat.

Pemain harus bekerja keras mendapatkan mobil balap impian. Saat memulai permainan, kamu akan diberikan mobil balap biasa untuk berjuang di lintasan. Seiring waktu pemain dapat melakukan upgrade untuk mempunyai mobil terbaik.

Lintasan dari game ini bukan sirkuit, melainkan jalanan umum dengan pemandangan yang sangat indah. Bagi yang ingin mencoba bermain game ini, minimal mempunyai RAM 256MB dan VGA NVIDIA GeForce2 MX+ / ATI Radeon 7500+ / Intel 915+. Game ini juga bisa dijalankan di Windows XP.

baca juga: Game Sepak Bola

5. Overcooked

Overcooked game
image: ghosttowngames

Game ini mereplika lingkungan masak-memasak yang stres dan kacau. Nantinya pemain akan menjadi seorang chef yang dianggap sebagai superhero. Tugasnya yaitu menyajikan makanan kepada orang-orang yang kelaparan.

Game ini paling seru dimainkan saat waktu santai. Grafis yang digunakan bergaya kartun dengan karakter menggemaskan, kontras dengan permainan yang penuh kekacauan. Seiring bertambahnya waktu, level yang dimainkan akan semakin sulit.

Overcooked akan menguji kesabaran kamu. Biar lebih seru, pemain bisa mengajak teman-teman untuk bermain dalam mode multiplayer online.

6. LIMBO

LIMBO game

Game PC ringan dibawah 500 MB ini namanya LIMBO. Pemain akan menjadi anak laki-laki yang dalam misi untuk menemukan saudara perempuannya. Tetapi karakter utamanya justru masuk ke LIMBO, sebuah alam bawah sadar untuk mencarinya.

LIMBO tergolong sebagai game petualangan dengan grafis serba hitam-putih. Pemain akan dihadapi dengan tantangan selama berada di dunia ini.

Menurut beberapa pemain, LIMBO merupakan batas tempat jiwa-jiwa yang meninggal tanpa dibaptis atau tempat pembuangan manusia yang tidak diinginkan. Terdengar sebagai tempat yang mencekam, bukan?

Karena itu pemain harus bisa mencari jalan keluar. Bagi yang berminat memainkan game ini hanya perlu menyiapkan memori berukuran 150MB dan RAM 2GB.

7. Undertale

Undertale game
image: xbox

Sudah pasti game ini masuk ke dalam daftar game PC ringan offline tanpa emulator. Undertale adalah game RPG dengan alur cerita yang sangat mendalam. Grafis 2D yang digunakan pengalaman bermain game ini lebih unik.

Karakter utamanya adalah manusia yang tiba-tiba masuk ke dunia bawah yang dipenuhi oleh monster. Pemain harus bisa mencari jalan keluar dari dunia tersebut melalui negosiasi, pertemanan dan pertarungan walau tidak terlalu dibutuhkan.

Keunikan Undertale berada pada kemungkinan untuk tidak bertarung untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tetapi game ini mempunyai adegan yang tidak cocok untuk para penderita epilepsi, sehingga perlu dipertimbangkan lagi sebelum memainkannya.

8. This War of Mine

This-War-of-Mine
image: microsoft

This War of Mine menggambarkan tentang kesengsaraan dan kesedihan masyarakat yang mencoba bertahan hidup di tengah peperangan. Game ini tersedia di PC dan HP, keduanya sama-sama membutuhkan RAM yang kecil.

Minimal PC mempunyai 2GB RAM, prosesor Intel Core 2 dan VGA Geforce 9600 GS. Tidak butuh sambungan internet untuk bisa memainkan game ini. This War of Mine mempunyai genre survival di mana pemain akan mengontrol tiga karakter dengan kelebihan masing-masing.

Pemain akan dihadapi dengan pilihan-pilihan sulit, karena setiap karakter mempunyai daya berpikir mandiri. Setiap keputusan memengaruhi kondisi mereka.

Game ini termasuk game yang sulit dimenangkan, tetapi justru itu yang membuatnya adiktif. Banyak pemain yang merasa sedih ketika bermain game ini karena begitu realistis.

Game-game yang ada di daftar ini sangat cocok dijalankan di PC low end, karena memang game dirancang untuk tujuan demikian. Maka tidak usah khawatir soal game tiba-tiba crash atau lag parah saat di tengah permainan.

Memainkan game PC ringan terbaik RAM 1GB akan menawarkan pengalaman yang lebih seru daripada memaksakan bermain game berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.