Ridwan Kamil Klaim 3.500 Warga Miskin Jabar Turun Per Minggu

oleh -0 Dilihat
Ridwan Kamil Klaim 3.500 Warga Miskin Jabar Turun Per Minggu
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara di area Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung(19/8/2023).

Jawabarat- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim setiap minggunya ada kurang lebih 3.500 warga miskin naik status ke lebih sejahtera. Turunnya angka warga miskin Jabar dilihat dari data setahun terakhir yang mengalami penurunan sebesar 182 ribu orang.

Hal ini diungkapkan Ridwan Kamil saat menghadiri acara Tepas (Temu Pemimpin untuk Aspirasi Masyarakat) pada (19/8/2023).

“Kemiskinan di Jabar setahun terakhir turun 182 ribu orang,” ujar Ridwan Kamil di area Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung(19/8/2023).

Ridwan Kamil menuturkan, walaupun anggaran dari Pemerintah Pusat tidak sebesar provinsi lain di Pulau Jawa, namun Jabar mampu menekan angka kemiskinan dan kini menyentuh angka 7 persen lebih.

Provinsi besar lainnya di Jawa angka kemiskinannya masih tinggi dari Jabar padahal Dana Bagi Hasil dari Pemerintah Pusatnya lebih besar ketimbang Jabar.

“Jabar dibanding provinsi besar lain di Pulau Jawa walaupun dengan ketidakadilan fiskal tingkat kemiskinannya paling rendah tujuh koma sekian persen. (Provinsi) Yang lain masih sembilan koma bahkan dua digit. Artinya dengan uang terbatas saja kami bisa luar biasa,” kata Ridwan Kamil.

Turunnya angka kemiskinan di Jabar berkat keberhasilan sederet program yang muaranya pada peningkatakan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur mengungkapkan, dana zakat yang dikelola oleh Baznas Jabar setiap tahunnya selalu meningkat. Realisasi dana umat tahun lalu dari target Rp1,6 triliun meningkat jadi Rp2,5 triliun.

“Dana zakat kita ditargetkan Rp1,6 triliun realisasinya malah lebih menjadi Rp2,5 triliun. Makanya target tahun 2023 ini adalah Rp3,7 triliun. Kemana uangnya, ya kembali ke umat,” ungkapnya.

Gubernur menginstruksikan penggunaan dana zakat tidak hanya memberikan uang kepada kaum duafa tetapi juga dibikin fasilitas dan kewirausahaan.

Optimalisasi dana zakat inilah yang menjadi salah satu faktor penurunan angka kemiskinan di Jabar.

“Zakat saya geserkan, Baznas saya suruh tidak “ngasih” duafa uang tapi bikin fasilitas juga. Sebanyak 5.018 bisnis baru tahun ini lahir di pesantren-pesantren. Itu adalah program ekonomi keumatan,” ujarnya.

Gubernur tak memungkiri, sejumlah pekerjaan rumah pembangunan masih ada selama lima tahun kepemimpinannya karena pembangunan sudah barang tentu tidak ada kata selesai.

Jumlah Penduduk Miskin di Jabar Menurun, Kini Tersisa 3,89 Juta Orang. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase penduduk miskin di Jawa Barat mengalami penurunan pada Maret 2023. Pada bulan tersebut, persentase penduduk miskin di Jabar ada di angka 7,26% atau 3,89 juta orang. (Rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.