Tiga Orang Tewas Tertimbun Longsor Di Garut

oleh -0 Dilihat
tewas tertimbun longsor
Tim Gabungan Berusaha Mengeluarkan Korban Yang Tertimbun Tanah Longsor di Garut (Sumber: BNPB)

Diskursus Network-Tim gabungan penanggulangan bencana dan pencarian korban bencana tanah longsor di hari Jumat (26/4) berhasil menemukan tiga orang yang tewas tertimbun longsor di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pusat pengendalian dan operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan, peristiwa itu terjadi setelah hujan turun pada hari Kamis (24/4) dengan intensitas tinggi melanda dengan durasi cukup lama pada wilayah Desa Talagajaya Kecamatan Banjarwangi menyebabkan tanah labil menjadi longsor

Akibatnya beberapa bangunan dan fasilitas ibadah rusak berat, selain itu dua unit mobil dan tiga unit sepeda motor tertimbun material longsor.

Saat iini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dan tim gabungan masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan penanganan dan melakukan pembersihan material longsor.

Baca Juga: BNPB Mengingatkan, Sejumlah Provinsi Masih Berpotensi Cuaca Ekstrem

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat khususnya bagi yang berada di wilayah rawan bencana longsor, agar meningkatkan kesiapsiagaan di masa musim penghujan.

Warga juga diminta mengantisipasi longsor  dengan menanam pohon yang berakar mengikat tanah seperti Vetiver, pohon Alpukat, dan pohon Sukun.

Selain itu masyarakat diminta memantau prakiraan cuaca di wilayahnya masing-masing agar dapat mempersiapkan diri jika terpaksa harus mengungsi ke tempat lebih aman. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.