10 Daerah Termiskin di Indonesia Menurut Data BPS Terbaru

oleh -0 Dilihat
10 Daerah Termiskin di Indonesia Menurut Data BPS Terbaru
Daerah termiskin di Indonesia terkonsentrasi di Indonesia bagian timur dan tengah.

Jakarta- Daerah termiskin di Indonesia terkonsentrasi di Indonesia bagian timur dan tengah. Meski demikian, fakta ini bukan berarti tidak ada daerah di Indonesia bagian barat yang masuk dalam daftar 10 daerah paling miskin di Indonesia.

Apa yang menjadi indikasi bahwa sebuah daerah dikatakan daerah termiskin? Salah satu indikasi tersebut adalah tingginya persentase penduduk miskin di daerah tersebut. Daerah dengan persentase kemiskinan di atas 10% disebut daerah miskin.

Mana saja daerah di Indonesia yang dikategorikan termiskin?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh BPS pada kuartal kedua tahun 2023, Indonesia memiliki 15 daerah yang mempunyai persentase penduduk miskin di atas 10%. Sebagian daerah tersebut sebenarnya memiliki hasil tambang melimpah, namun tetap saja kekayaan alam ini tidak dapat mensejahterakan warga. Namun sayangnya masuk dalam kategori daerah termiskin.

Selain itu, beberapa daerah juga memiliki potensi wisata yang menjanjikan dan bahkan menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Meski demikian, potensi ini tampaknya belum bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat. Di antara kelimabelas daerah tersebut, 10 daerah termiskin di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Papua

Papua
Foto: Pedalaman Papua (Canva)

Urutan pertama provinsi atau daerah termiskin di Indonesia ditempati oleh provinsi Papua. Persentase penduduk miskin di provinsi ini mencapai 26,03%. Meski demikian, data BPS menyebutkan bahwa angka kemiskinan ini turun beberapa poin dan kemiskinan ekstrem pun menurun.

Pertumbuhan ekonomi di Papua juga sempat mengalami penurunan ke level -2,39% di kuartal pertama 2023. Meski demikian, pada kuartal berikutnya, ekonomi di Provinsi Papua menunjukkan tren positif dan meningkat sekitar 3%. Kenaikan ini dipicu oleh beberapa faktor, misalnya peningkatan pengeluaran dan penurunan angka pengangguran. Tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Papua menurun dari 3,49% (Februari 2023) ke 2,83% (Agustus 2023).

2. Papua Barat

Papua Barat
Foto: Rumah Adat Papua (Canva)

Daerah termiskin di Indonesia setelah Provinsi Papua adalah Papua Barat. Persentase penduduk miskin di Papua Barat agak terpaut jauh dari Provinsi Papua, yaitu terpaut sekitar 5%. Menurut BPS, angka kemiskinan Papua Barat adalah 20,49%.

Angka tersebut menunjukkan penurunan yang cukup memuaskan, yaitu 0,94% dari bulan September 2022. Penyumbang kemiskinan terbesar di Papua Barat adalah warga pedesaan.

Selain angka kemiskinannya lebih rendah dari Provinsi Papua, Papua Barat juga menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Pada kuartal pertama 2023, Papua Barat mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 3,13% dan pada kuartal kedua tumbuh 2,19%.

3. NTT (Nusa Tenggara Timur)

NTT (Nusa Tenggara Timur)
Foto: Rumah adat NTT

NTT (Nusa Tenggara Timur) adalah salah satu top 3 provinsi termiskin di Indonesia. Angka kemiskinan di provinsi tersebut hanya terpaut sedikit dari Provinsi Papua Barat, yaitu 19.96%. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi di NTT sedikit lebih baik dari Papua Barat.

Pada kuartal pertama 2023, ekonomi NTT tumbuh 3,7%. Selanjutnya, pada kuartal ke-2, ekonomi provinsi ini tumbuh 4,04%.

Pertumbuhan yang cukup positif ini didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah perkembangan wisata Labuan Bajo yang masuk dalam daftar wisata super prioritas.

4. Maluku

Maluku
Foto: Canva

Peringkat daerah termiskin di Indonesia yang ke-4 adalah Maluku. Provinsi tersebut memiliki persentase penduduk miskin sebesar 16,42%. Dengan kata lain, jumlah warga miskin di Maluku adalah sekitar 300 ribu warga.

Angka tersebut mengalami sedikit kenaikan dibanding dengan hasil survey BPS yang dilakukan pada periode sebelumnya. Hal ini tentu menjadi PR besar bagi pemerintah daerah Maluku untuk bisa menekan angka kemiskinan.

Jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku, pemerintah memiliki kemungkinan besar untuk bisa sukses menekan angka tersebut. Hal ini karena pertumbuhan ekonomi Maluku pada kuartal 1 dan 2 tahun 2023 berkisar pada angka 5%.

Apabila pertumbuhan ekonomi ini sedikit ditingkatkan lagi, maka angka kemiskinan pasti bisa di tahan agar tidak naik. Pemerintah pusat sendiri telah memberikan berbagai program bantuan untuk menanggulangi kemiskinan di Maluku.

5. Gorontalo

Gorontalo
Foto: Canva

Sejak tahun 2022, Gorontalo selalu masuk dalam golongan provinsi termiskin di Indonesia. Meski demikian, provinsi ini telah menunjukkan sedikit perbaikan. Menurut data BPS, angka kemiskinan di Gorontalo pada tahun 2022 adalah 15,42%.

Namun, angka ini menurun di tahun 2023 menjadi 15,15%. Jika dilihat dari pertumbuhan ekonominya, Gorontalo menunjukkan pertumbuhan positif sekitar 4% di awal 2023. Namun, angka tersebut tentu masih perlu ditingkatkan dengan berbagai upaya pemerintah.

6. Aceh

Aceh
Foto: Canva

Secara nasional, Aceh merupakan provinsi atau daerah termiskin nomor 6 di Indonesia. Namun, di Pulau Sumatera, Aceh tergolong daerah yang paling miskin. Angka kemiskinan di provinsi ini pada tahun 2023 adalah 14,45%. Ini artinya, Aceh memiliki jumlah warga miskin sekitar 800 ribu orang.

Angka tersebut turun 0,30% dari angka kemiskinan pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Aceh sendiri tidak jauh beda dari Gorontalo, yaitu berada di kisaran angka 4%.

7. Bengkulu

Bengkulu
Foto; Canva

Daerah lain di Sumatera yang juga tergolong sebagai daerah termiskin di Indonesia adalah Bengkulu. Angka kemiskinan di provinsi ini pada tahun 2023 berada di level 14,04%.

Angka tersebut menurun dari tahun 2022 yang mencapai angka 14,64%. Selain itu, tingkat kemiskinan di pedesaan dan perkotaan Bengkulu hampir sama. Jika dihitung, total jumlah penduduk miskin di provinsi ini sekitar 280 ribu orang.

Dengan demikian, pemerintah daerah dan pemerintah pusat tampaknya cukup bisa mengatasi tingginya angka kemiskinan di Bengkulu. Meski demikian, pemerintah masih perlu menggenjot pertumbuhan ekonomi Bengkulu karena masih berada di sekitar angka 4% pada awal tahun 2023.

8. NTB (Nusa Tenggara Barat)

Nusa Tenggara Barat
Foto: Orami

Selain NTT, NTB (Nusa Tenggara Barat) ternyata juga memiliki angka kemiskinan yang cukup tinggi. Persentase penduduk miskin 2023 di provinsi NTB adalah 13,85%. Meski tidak setinggi, NTT, namun kondisi tersebut cukup memprihatinkan.

Hal ini karena beberapa wilayah di NTB, misalnya Lombok dan Sumbawa, termasuk wisata super prioritas. Keprihatinan ini juga muncul karena pertumbuhan ekonomi NTB yang cenderung lambat.

Pada kuartal pertama tahun 2023, pertumbuhan ekonomi NTB mengalami kontraksi sehingga turun hampir ke angka -2%. Beruntungnya, provinsi ini mampu pulih di kuartal ke-2 tahun 2023 dan pertumbuhannya berada di level 3.5%.

9. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah
Foto: Canva

Selain Gorontalo, provinsi di Sulawesi yang termasuk daerah termiskin di Indonesia adalah Sulawesi Tengah. Di tahun 2023, persentase penduduk miskin di Sulawesi Tengah adalah 12.41%.

Tingkat kemiskinan ini mengalami sedikit kenaikan dari tahun 2022. Penyumbang angka kemiskinan tersebut didominasi oleh kemiskinan di pedesaan. Menurut BPS, total jumlah penduduk miskin di Sulawesi berada di kisaran angka 395.000 jiwa.

Meski mengalami sedikit peningkatan kemiskinan, namun pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah sangat memuaskan dibanding dengan daerah termiskin lainnya. Pertumbuhan tersebut mencapai 13,18% di kuartal pertama 2023 dan 11,86% di kuartal kedua.

10. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan
Foto: Canva

Di urutan ke-10, provinsi paling miskin di Indonesia ditempati oleh Sumatera Selatan. Sebanyak 11,78% dari total jumlah penduduk di provinsi ini adalah warga miskin. Angka tersebut mengalami sedikit penurunan dari data bulan September 2022 dan Maret 2023.

Warga miskin di Sumatera Selatan kebanyakan tinggal di pedesaan. Selain itu, salah satu faktor pendorong kemiskinan di provinsi ini adalah makanan. Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan menunjukkan tren yang cukup positif. Pada kuartal 1 dan 2 tahun 2023, ekonomi di provinsi ini tumbuh sekitar 5%.

Selain 10 daerah termiskin di Indonesia tersebut, masih ada 5 daerah lain yang tergolong miskin. Dua di antara lima provinsi itu bahkan berada di Pulau Jawa. Apa provinsi miskin di Pulau Jawa? Provinsi tersebut adalah Yogyakarta dan Jawa Tengah. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.