Anak Krakatau Kembali Erupsi, Warga Dilarang Mendekat Dalam Radius 5 Km

oleh -0 Dilihat
Anak Krakatau Kembali Erupsi, Warga Dilarang Mendekat Dalam Radius 5 Km
Gunung Anak Krakatau kembali erupsi sebanyak 7 kali, warga diminta menjauh dari radius tertentu. (Foto: Doc. PVMBG)

Lampungselatan– Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Banten dilaporkan kembali erupsi. Sejak Senin pagi (23/1/2023), anak Krakatau diketahui erupsi sebanyak 7 kali.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan, erupsi terakhir terjadi pukul 08.08 WIB dengan tinggi kolom letusan 300 meter di atas puncak.

“Tinggi kolom letusan teramati ± 300 m di atas puncak (± 457 m di atas permukaan laut),” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau Ade Yasser Akhmad Purwata, Senin (23/1/2023).

Lebih lanjut dia menambahkan, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah tenggara. “Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 53 mm dan durasi 121 detik.”

PVMBG juga mengimbau kepada masyarakat, pengunjung, wisatawan, pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif apalagi saat liburan panjang seperti hari ini.

“Rekomendasi. Masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati G. Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif,” katanya. (Red DN/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.