Gua Matu Pesisir Barat, Lokasi Wisata Religi Yang Konon Dihuni 12 Kerjaan Gaib

oleh -0 Dilihat
Gua Matu Pesisir Barat, Lokasi Wisata Religi Yang Konon Dihuni 12 Kerjaan Gaib
Gua Matu yang berada di Pekon Wai Sindi Hanuan, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat dipercayai dihuni 12 kerajaan gaib. (Doc: Ig@riez_aries)

Pesisirbarat- Dikenal menyimpan keindahan wisata religi, Gua Matu yang berada di Pekon Wai Sindi Hanuan, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung ini juga memiliki banyak cerita menarik.

Di antara cerita menarik yang tersimpan di Gua Matu adalah mengenai 12 kerajaan alam gaib yang menghuni objek wisata tersebut.

Menurut juru kunci objek wisata Gua Matu, Makmur, selain wisatawan lokal, banyak juga wisatawan dari luar kota yang berkunjung ke Gua Matu seperti dari Bengkulu, Palembang, Aceh, bahkan dari Pulau Jawa .

“Mereka yang berkunjung hanya untuk menikmati keindahan dan wisata religi” ungkap Makmur.

Menurut Makmur, Gua Matu pertama kali ditemukan pada zaman Penjajahan Inggris oleh nenek moyang dari masyarakat setempat. Cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, Gua Matu dihuni oleh 12 kerajaan gaib.

“Gua Matu ini menurut kepercayaan masyarakat kami dihuni oleh 12 kerajaan gaib, pemimpin besarnya yaitu tuyuk (buyut) dewa Pangeran Hiyang Kerajaan Matu, yang terbentang dari Pantai Manullah hingga Pantai Way Haru,” ujarnya.

Tidak hanya keindahan wisata religi, Gua Matu juga dimanfaatkan warga untuk mengambil pupuk guano atau pupuk kotoran kelelawar. Pupuk guano itu dimanfaatkan warga untuk memupuk tanaman, seperti cengkih, pepaya, jagung hingga tanaman padi.

Salah seorang yang mengambil pupuk guano, Subing warga Pekon Way Sindi mengatakan kegiatan memanfaatkan kotoran kelelawar itu untuk pupuk sudah berlangsung sejak lama.

“Kalau sepengetahuan kami mengambil pupuk di Gua Matu ini sudah dari nenek moyang kita dulu,” kata Subing.

Namun, para pengunjung diingatkan jangan pernah bertindak ceroboh, dan untuk perempuan yang sedang datang bulan tidak disarankan untuk masuk ke dalam Gua Matu, demi keselamatan pengunjung itu sendiri.

“Karena sudah pernah terbukti beberapa pengunjung mengalami hal-hal di luar nalar karena mengabaikan imbauan tersebut,” katanya.  (Red DN/Ant)

Baca: Di balik Cerita Mistisnya, Gua Matu Tersimpan Pupuk Guano Dari Kelelawar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.