Warga Binaan Lapas Kalianda Budidayakan Ikan Tawar Dengan Bioflok

oleh -0 Dilihat
Warga Binaan Lapas Kalianda Budidayakan Ikan Tawar Dengan Bioflok
Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda, Lampung, membudidayakan ikan tawar menggunakan media kolam bioflok.

Lampungselatan– Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda, Lampung,  membudidayakan ikan tawar menggunakan media kolam bioflok.

“Kegiatan kerja di Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Kalianda ini merupakan Implementasi keterampilan kegiatan produktif warga binaan lapas yang memiliki bakat dan keahlian khusus,” kata Kalapas Kalianda Tetra Destorie di Lampung Selatan, Senin.

Dia mengatakan budi daya ikan tawar lele menggunakan media bioflok tersebut berfungsi efektif untuk menghilangkan limbah beracun dari dalam kolam dengan memanfaatkan media teknologi bioflok.

Teknik bioflok sendiri, lanjut dia, dilakukan menggunakan bantuan mikroorganisme, seperti bakteri heterotrof dan fitoplankton.

“Kita menggunakan melalui teknik bioflok ini karena terdapat banyak mikroorganisme yang berperan, seperti bakteri, fungi, ragi, protozoa, dan fitoplankton,” kata dia.

Selain itu, katanya, limbah yang dihasilkan dalam pengolahan ikan air tawar menggunakan metode bioflok dapat mengubah menjadi nitrogen melalui bentuk senyawa yang dihasilkan melalui kotoran ikan.

Nantinya, tambah dia, nitrogen berupa racun amoniak (NH3 dan NH4+) tersebut diubah menjadi senyawa yang tidak beracun dan dimanfaatkan mikroorganisme menjadi flok.

Dengan demikian, papar dia, lingkungan hidup ikan menjadi lebih sehat dan berpeluang untuk daya tebar yang lebih tinggi dengan kualitas kontrol yang baik oleh warga binaan.

“Untuk warga binaan, kegiatan di SAE akan mengoptimalkan fungsi pembinaan kemandirian sehingga warga binaan nantinya dapat berdiri di tengah masyarakat dan membuka lowongan pekerjaan,” katanya. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.