Kasus DBD di Bandar Lampung Turun Sejak September 2022

oleh -0 Dilihat
Kasus DBD di Bandar Lampung Turun Sejak September 2022
Dinkes Kota Bandarlampung mencatat penurunan kasus demam berdarah dengue (DBD) pada bulan September yakni warga yang terinfeksi berjumlah 59 orang.

Bandarlampung- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung mencatat penurunan kasus demam berdarah dengue (DBD) pada bulan September yakni warga yang terinfeksi berjumlah 59 orang.

“Bila dibandingkan pada Agustus yang mencapai 101 kasus DBD, bulan September terjadi penurunan sebanyak 59 kasus DBD,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Desti Mega Putri.

Dia mengungkapkan bahwa secara keseluruhan dari bulan Januari hingga Agustus jumlah kasus DBD di Kota Bandarlampung tercatat sebanyak 1.246 kasus. Dengan jumlah kasus DBD terbanyak ada pada bulan Januari mencapai 217 orang terinfeksi DBD.

“Pada Februari kasus DBD di kota ini sebanyak 177 kasus, Maret 158 kasus, April 126 kasus, Mei 126 kasus, dan Juni terdapat 131 kasus dan Agustus 101 kasus serta September hanya 59 kasus,” kata dia.

Dia mengatakan bahwa dalam upaya mengantisipasi penyebaran kasus DBD, Dinkes melakukan sejumlah upaya pencegahan seperti gerakan 1 rumah 1 jumantik (G1R1J), yang melibatkan anggota keluarga.

“Kemudian kami juga melakukan pemantauan jentik nyamuk secara berkala yang fokus dilakukan di daerah pemukiman maupun di tempat-tempat umum,” ujarnya.

Selain itu, ia pun mengatakan bahwa, dinkes juga telah melaksanakan promosi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat tentang kewaspadaan dan upaya pencegahan DBD.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya pun telah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumahnya terutama terhadap tempat bersarangnya nyamuk jenis Aedes aegypti.

“Kita selalu sarankan agar masyarakat jaga kebersihan dengan pola 3M yakni menguras, menutup tempat penampungan air serta mengubur sampah atau barang bekas, prilaku ini pun penting guna pencegahan DBD,” kata dia. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.