Kunjungan Kerja ke Kejati Lampung, Taufik Basari Bahas Restorative Justice

oleh -4 Dilihat
WhatsApp Image 2022 04 22 at 21.42.58

Bandar Lampung – Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari melakukan kunjungan kerja reses ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung, pihaknya pun disambut oleh Kepala Kejati Lampung Nanang Sigit Yulianto beserta jajaran.

Tobas sapaan akrabnya mengungkapkan dalam pertemuan ini bersama dengan Kejati LampungĀ  melakukan diskusi terkait implementasi Undang-Undang (UU) Kejaksaan yang telah disahkan pemerintah dan DPR RI.

“Karena dalam UU ini ditambahkan fasilitas dan kewenangan bagi jaksa. Catatannya kewenangan ini harus dibarengi dengan kinerja. Semakin kuat kewenangan, kinerja harus semakin meningkat,” ungkap Tobas usai diskusi bersama Kejaksaan Tinggi Lampung pada Jumat (22/4/2022).

Dirinya pun melihat secara umum program Restorative Justice (RJ) yang dibentuk Kejaksaan RI penting bagi hukum di Indonesia.

“Penghentian penuntutan berdasarkan keadilan RJ tersebut tidak meninggalkan korban, serta fokus terhadap memulihkan kembali ke keadaan semula,” ungkapnya.

Taufik menambahkan, dengan adanya RJ masyarakat secara umum mendapat pemahaman hukum dari kejadian tersebut.

Diketahui pula, bahwa ada pekerjaan rumah dalamĀ  peningkatan kinerja dari Kejaksaan Negeri (Kejari) yang baru diresmikan dan akan siap beroperasi yakni di Mesuji dan Tulangbawang Barat.

“Kejati sudah menyiapkan Plh, Kabag TU Bambang Tutuko akan jadi Plh Kajari Mesuji dan Kordinator Bidang Pidana Khusus Andi Petra menjadi Plh Kajari Tulangbawang Barat,” ungkap Anggota Fraksi Nasdem ini.

Dilanjutkannya, ada satu Kejari lagi yang akan diusahakan segera terbentuk yakni Kejari Pesisir Barat (Pesibar) di Krui. Hal ini sudah dikoordinasikan dengan Bupati setempat dan disambut positif.

“Ini akan saya sampaikan ke Kejaksaan Agung, karena Pesibar adalah Kabupaten yang mengalami peningkatan dari segi ekonomi dan pariwisatanya. Potensi kerawanan selalu ada, sehingga urgent sekali pembentukan kejari,” pungkasnya.

Ditegaskan olehnya bahwa, Komisi III DPR RI mendukung kinerja Kejaksaan Tinggi Lampung dan akan menyampaikan ke Pimpinan segala kendala-kendala yang dihadapi yang dapat mempengaruhi kinerja Kejaksaan Tinggi Lampung di daerah.

Sementara itu, Kajati Lampung Nanang Sigit Yulianto berserta pejabat utama di lingkungan Kejaksaan Tinggi Lampung menyambut kedatangan kunjungan kerja anggota DPR RI Taufik Basari, pelaksanaan kunjungan kerja merupakan program rutin yang dilakukan DPR RI sebagai mitra kerja kejaksaan baik di pusat maupun daerah.

“Kehormatan bagi kami dan jajaran, karena kesempatan yang sangat baik ini kita dapat bertatap muka secara langsung dalam rangka kunjungan kerja sekaligus silahturahmi,” tukas Nanang.

Kajati Lampung menyampaikan profil dan pemaparan secara umum tentang gambaran Kejaksaan Tinggi Lampung.

“Kami juga menyampaikan evaluasi kinerja masing-masing bidang, serta kendala-kendala yang dihadapi oleh masing-masing bidang pada Kejaksaan Tinggi Lampung,” pungkas Nanang. (Red, DN)

Baca : Taufik Basari : Negara Hadir Dalam Penanganan Kasus Kekerasan Seksual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.