7 Rekomendasi Harga Kamera Nikon, Mulai dari 4 Jutaan

oleh -0 Dilihat
Harga Kamera Nikon
image: techradar

Diskursusnetwork.com – Harga kamera nikon sebenarnya berapa sih? Dikenal dengan harga selangit termasuk merk Nikon, kamera jenis DSLR ini sebenarnya juga ada yang ramah anggaran kok.

Merk Nikon sendiri sudah ada sejak tahun 90-an dan jadi salah satu DSLR paling populer di dunia, terutama di kalangan profesional.

Nikon banyak dipakai oleh para fotografer dan videografer berbagai level karena kualitasnya yang sudah tak perlu diragukan lagi.

Hasil bidikan kamera dijamin ciamik, asalkan diimbangi dengan skill yang mumpuni. Buat kamu yang pemula dan butuh rekomendasi harga kamera Nikon, bisa cek di bawah ini.

Varian Harga Kamera Nikon Tahun 2024

Nggak selalu mahal, kamera Nikon juga ada yang murah dengan kisaran harga di bawah 5 jutaan. Tapi buat kamu yang sudah pro dan butuh kamera dengan spek dewa, ada juga pilihan kamera Nikon yang harganya perlu merogoh kocek lebih dalam. Berikut daftarnya:

1. Nikon D3400

Nikon D3400
image: blibli

Mari mulai dengan harga kamera Nikon murah di angka Rp4.500.000. Bernama Nikon D3400, kamera asal Jepang ini punya desain body yang ringan dan compact tapi dijamin tangguh.

Cocok banget nih buat kamu yang suka traveling dan ingin mengabadikan berbagai momen, atau buat kamu yang pemula di bidang fotografi dan belum biasa memegang kamera berat.

Meskipun masuk dalam kategori entry level, tapi kinerja dari Nikon D3400 ini nggak bisa disepelekan, terutama buat kamu yang baru belajar fotografi. Rentang ISO yang dibawanya sudah berada di kisaran berkisar 100 sampai 25.600 lho!

Lalu untuk shutter speed juga termasuk mumpuni dalam mengabadikan objek bergerak, baik dalam kecepatan lambat atau pun sebaliknya.

Resolusi dari kameranya sendiri adalah 24MP, dan ada fitur auto focus yang didukung oleh 11 poin dengan dukungan dari processor gambar Expeed 4. Video yang kamu dapat dari kamera ini akan berkualitas full HD. Kamu bisa kirim hasil file lewat Bluetooth atau aplikasi SnapBridge.

baca juga: Laptop 2 Jutaan

2. Nikon D5500

Nikon D5500
image: cameralabs

Serupa dengan seri sebelumnya yaitu berada dalam kategori entry level, harga kamera Nikon yang satu ini adalah sekitar Rp6.000.0000. Dimensinya tergolong ringan dan pas di tangan sehingga nyaman untuk dibawa bepergian, serta cocok juga untuk para wanita.

Salah satu keunggulannya adalah layar LCD yang sudah disematkan teknologi layar sentuh sehingga lebih praktis untuk digunakan. Bukan itu saja, engsel dari layar ini juga bisa diputar lho, yang memudahkan kamu untuk pengambilan gambar selfie.

Jadi, kamu bisa cek langsung nih pose kamu di depan layar sebelum menekan tombol shutter. Kamera ini juga unggul dalam hal hasil foto dan video yang bagus berkat dukungan dari lensa beresolusi 24,2MP, beda dikit ya dengan seri nomor 1 tadi.

Tapi untuk jumlah titik fokusnya lebih banyak, yaitu sekitar 39, sehingga tergolong punya tingkat sensitivitas tinggi. Hasil gambar akan otomatis dalam format JPEG atau RAW, dan untuk rentang ISO sebesar 6400.

baca juga: Laptop 3 Jutaan

3. Nikon D5600

Nikon D5600
image: cnet

Kalau membeli di e-commerce, maka harga kamera Nikon D5600 adalah sekitar Rp7.000.000. Seri ini seolah dirancang khusus untuk para newbiew di bidang fotografi yang ingin upgrade ilmu atau skill. Sebab, kamera ini sudah dibekali dengan sederet fitur yang sangat mumpuni.

Salah satunya adalah LCD berukuran 3.2 inch yang sudah dilengkapi dengan teknologi touch screen, plus ada engsel kekinian yang memungkinkan kamu untuk bisa memutar LCD hingga 170 derajat. Alhasil, kamu pun bisa menangkap objek yang jangkauannya cukup sempit. Keren banget, kan?

Keunggulan lainnya adalah sensor kamera dengan resolusi 24,2MP yang bikin hasil video berada di tinggal Full HD 1080p atau 720p. Kalau untuk format gambar, bisa di antara RAW dan JPEG.

Kalau kamu ingin hasil foto tetap bagus meski sedang minim cahaya, maka bisa gunakan ISO yang luasnya bisa sampai 25.600.

Kemudian dalam hal output juga tergolong lengkap lho, bahkan sudah ada port khusus untuk soket mikrofon, cocok buat para Youtuber atau vlogger. Fitur keren lainnya termasuk shutter speed, AF, dan bluetooth, dan WiFi.

baca juga: Laptop ASUS 3 Jutaan

4. Nikon D7200

Nikon D7200
image: cameralabs

Harga kamera Nikon yang satu ini semakin mahal yaitu di angka Rp8.700.000 dalam kondisi baru. Kamera dengan body hitam ini sudah dilengkapi dengan fitur WiFi, yang bikin transfer file jadi lebih praktis dan cepat. Kamu bisa transfer file dari kamera ke hp atau pun laptop dan PC.

Kalau nggak ingin transfer filem, maka bisa juga kamu langsung simpan hasil foto ke dalam SD Card. Tenang, Nikon D7200 sudah dilengkapi dengan dua slot SD Card lho!

Spesifikasi ISO pada Nikon D7200 berada pada rentang 100-102.400, sementara untuk sensor kamera sekitar 24MP. Total titik auto fokusnya ada 51 buah, dan untuk shutter speed maksimal adalah 1/8000 detik.

Selain foto, kamera ini juga sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan rekam video karena bisa menghasilkan gambar dengan kualitas full HD 1080p.

Beralih ke segi fisik, kamera ini punya berat sekitar 700 gram dalam dimensi yang ringkas. Kalau menemukan seller yang tepat, biasanya dalam produk penjualan sudah termasuk lensa kit 18-140mm f/3.5-5.6.

baca juga: Laptop Untuk Mahasiswa

5. Nikon D7500

Nikon D7500
image: trustedreviews

Beralih ke harga kamera Nikon di atas Rp10.000.000, kali ini ada seri D7500 yang label harganya sekitar Rp14.600.000. Salah satu kemudahan ini didapat karena layar LCD yang bisa ditarik keluar, sehingga kamu bisa dengan bebas mengeksplorasi setiap angle dari objek.

Hasil jepretan kamu bisa tampak memukau dengan sensor kamera 20MP, dan untuk perekaman video akan keluar dalam format 4K. Kamera ini mempermudah kamu untuk mendapatkan fokus lebih cepat berkat kehadiran fitur AF sebanyak 51 titik.

Memotret saat siang atau pun malam nggak jadi masalah karena rentang ISO dari kamera ini mulai dari 100 mulai 51.200, yang bikin hasil gambar tetap bagus di berbagai kondisi cahaya.

Kemudian untuk memindahkan hasil foto dan video, kamu bisa pakai cara cepat dengan mengaktifkan WiFi. Jadi nggak perlu repot-repot pakai kabel USB atau pun card reader.

6. Nikon D750

Nikon D750
image: wikimedia

Coba tebak, harga kamera Nikon D750 berapa ya? Jawabannya adalah sekitar Rp15.500.000. Salah satu alasan yang bikin harganya cukup pricey adalah material body berkualitas yang bikin nyaman saat digenggam. Meski tampak kokoh, tapi bobotnya ringan dan dengan desain yang ringkas.

Pengambilan gambar jadi lebih mudah karena layarnya bisa diputar. Spesifikasi lainnya termasuk sensor full frame dengan resolusi 24.3 MP dan auto fokus sebanyak 51 titik. Ada juga teknologi bluetooth dan WiFi. Secara keseluruhan, Nikon D750 cocok untuk level pemula hingga profesional.

7. Nikon D810A

Nikon D810A
image: jogjakamera

Meski bukan termasuk harga kamera Nikon yang termahal, tapi seri D810A ini hanya bisa kamu dapat setelah merogoh kocek lebih dalam, yaitu sekitar Rp32.000.000. Produk ini dibuat khusus untuk kamu yang hobi memotret objek-objek langit seperti bulan, bintang, atau matahari.

Gambar yang didapat sudah pasti detail dan tajam berkat sensor full frame 36.3MP dan puluhan titik AF. Ada juga fitur IR-cut yang fungsinya adalah memaksimalkan cahaya, sehingga saat kamu memotret bulan di malam hari, maka hasilnya tetap bagus.

Fitur kece lainnya adalah rentang ISO mencapai 51.200, EXPEED 4, dan shutter speed maksimal 1/8000s. Kalau kamu menggeluti bidang astrofotografi, maka Nikon D810A layak dibeli!

Harga kamera Nikon nomor berapa nih yang kira-kira paling sesuai dengan iso dompet? Berdasarkan daftar di atas, bisa disimpulkan bahwa kamera Nikon hadir untuk berbagai kebutuhan dan level.

Contohnya untuk kamu yang suka memotret objek langit, maka Nikon seri D910A adalah pilihan terbaik. Sedangkan untuk kamu yang baru belajar fotografi dan mungkin masih minim budget, maka bisa membeli Nikon D3400 yang label harganya masih di bawah 5 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.