Doa Nabi Yunus Saat Bersedih dan Mohon Ampunan

oleh -0 Dilihat
Doa Nabi Yunus
image: youtube @IslamPopuler

Diskursusnetwork.com – Doa Nabi Yunus merupakan salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca untuk meminta pertolongan Allah SWT.

Doa ini memiliki kisah yang mengharukan, dalam kisah perjalanan hidup Nabi Yunus dan dianjurkan untuk dibaca oleh umat Islam.

Bukan sekedar doa biasa, ada keutamaan di dalam doa yang ada di dalam Al Quran yaitu pada Surat Al-Anbiya’ ayat 87. Hafal dan lafazkan sebagai bagian dari doa-doamu kepada Allah SWT.

Doa Nabi Yunus

Doa ini adalah doa untuk memohon rezeki dan ampunan dari Allah SWT, bacaannya adalah:

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

Bahasa latin: laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadzdzaalimiin

Artinya: Tiada tuhan melainkan Allah, maha suci Allah sesungguhnya aku termasuk orang yang zalim.

Di dalam Alquran doa yang dibaca Nabi Yunus ada di bagian akhir dari Surat Al-Anbiya’ ayat 87, memiliki makna yang mendalam. Di dalam kisah perjalanan nabi ke-21 tersebut.

baca juga: Kisah Nabi Zulkifli

Kenapa Disebut Doa Nabi Yunus?

Kenapa Disebut Doa Nabi Yunus
image: pinimg

Selain memahami dan doa Nabi Yunus dan artinya, tentu kamu juga penasaran kenapa doa yang termaktub di dalam Al Quran tersebut diberi nama nabi tersebut. ternyata ada kisah dibaliknya.

Dalam menjalankan dakwahnya, Nabi Yunus diutus Allah SWT untuk membawa kaum Ninawa di daerah Mosul Irak untuk kembali ke jalan yang benar. Namun sayangnya banyak yang menolak dan melakukannya dan tetap bertahan untuk menyembah berhala.

Hal tersebut tentu membuat Nabi Yunus sedih dan meminta kepada Allah SWT untuk menurunkan azab kepada kaum tersebut. Kesedihan dan rasa kecewanya membuat Nabi Yunus memutuskan untuk meninggalkan kaum tersebut.

Dia memutuskan untuk naik ke atas kapal dan berlayar, namun ditengah perjalanan tiba-tiba saja kapal berhenti. Nabi Yunus menyadari bahwa itu adalah kehendak Allah SWT yang menghukumnya karena meninggalkan kaumnya.

Nabi Yunus atas perintah Allah SWT melompat ke dalam laut dan langsung disambut mulut ikan paus yang langsung menelannya. Di dalam perut ikan raksasa itu, Nabi Yunus tetap hidup karena Allah memerintahkan ikan paus untuk tidak membinasakannya.

Nabi Yunus bertahan hidup selama 40 hari di dalam perut ikan paus tersebut, sambil terus berdoa dan meminta ampunan kepada Allah SWT karena sudah meninggalkan kaum Ninawa. Doa itulah yang disebut Doa Nabi Yunus dan dijelaskan di dalam Al Quran.

Akhirnya Allah SWT mengabulkan permintaan Nabi Yunus, lalu dia pun dikeluarkan dari perut ikan paus di sebuah kawasan dengan kondisi yang lemas dan kulit mengelupas. Saat itu Nabi Yunus terus menangis dan meminta ampunan dari Allah SWT.

Keutamaan Doa Nabi Yunus

Banyak keutamaan yang bisa didapatkan. Bahkan Rasulullah SAW saja sering membacanya, sehingga jika ada pertanyaan doa Nabi Yunus untuk apa, sudah sepatutnya sebagai umat Nabi Muhammad SAW mengikuti sunnah yang sudah dilakukan rasul Allah SWT tersebut.

1. Doa Dikabulkan

Dalam kisah Nabi Yunus disebutkan bahwa saat berada di dalam perut ikan paus dia berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT. Sambil memohon ampunan akibat kesalahan yang sudah dilakukannya.

Meskipun harus menerima hukuman dari Allah SWT selama 40 hari lamanya di dalam perut ikan tersebut, akhirnya dia diselamatkan dan dikeluarkan dari perut ikan paus.

Ini adalah bukti, bahwa ketika berdoa dengan khusuk dan hanya meminta kepada Allah SWT maka pada waktu yang tepat akan dikabulkan.

Dalam salah satu riwayat hadits dijelaskan bahwa Ibnu Uyainah menjelaskan bahwa ketika dia ditanya soal doa tersebut, jika diamalkan maka Allah SWT akan memberikan lebih dari yang diminta.
Tentunya jika dibaca dengan sungguh-sungguh, sambil memuji Allah SWT dalam doa tersebut.

2. Pahala Setara Syahid

Ada salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, dimana Sa’ad bin Abi Waqash mengatakan bila kamu membaca doa tersebut sebanyak 40 kali ketika sedang sakit kemudian meninggal. Maka pahala yang kamu dapatkan akan setara dengan pahala orang yang mati syahid.

3. Doa Rasulullah SAW Saat Sedih

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa Rasulullah SAW membaca doa tersebut jika sedang bersedih. Bahkan doa tersebut masuk ke dalam salah satu doa Al Kurb yang memiliki makna sebagai doa ketika mengalami kesusahan dan kesedihan.

4. Lebih Dekat Kepada Allah SWT

Mendekatkan diri kepada Allah SWT dilakukan dengan beribadah dan menjadikan syariat Islam sebagai pedoman hidup. Termasuk diantaranya membaca doa-doa mustajab kepadaNya, salah satu adalah doa tersebut.

Dengan memahami, khusyuk, dan melantunkannya dengan sepenuh hati maka rasa dekat dengan Allah SWT akan bertambah. Sejatinya memang hanya kepada Allah SWT manusia meminta pertolongan dan berlindung.

5. Diampuni Allah SWT atas Kesalahan yang Dilakukan

Berkaca pada kisah Nabi Yunus, dia telah melakukan kesalahan karena meninggalkan kaumnya yang tidak kunjung mau mengesakan Allah SWT. Akibat kesalahan tersebut dia diganjar hukuman oleh Allah SWT dengan hidup di dalam perut ikan paus selama 40 hari.

Setelah membaca doa tersebut setiap waktu dan benar-benar menyesali apa yang dilakukannya, Allah SWT mengampuninya dan menyelamatkan Nabi Yunus. Caranya dengan memerintahkan ikan paus memuntahkan Nabi Yunus di sebuah tempat agar bisa selamat.

Kisah Singkat Nabi Yunus

Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus
image: youtube @TagarTV

Sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana kisah Nabi Yunus yang menerima teguran dari Allah SWT, dengan membiarkan ikan paus menelannya dan hidup di dalam perut ikan selama 40 hari.

Nabi Yunus sendiri merupakan nabi ke-21 yang diutus Allah SWT untuk menyadarkan kaum Ninawa. Dalam dakwahnya sang nabi terkenal sangat sabar, bahkan ketika ditolak dan banyak kaumnya yang melakukan pembangkangan.

Usahanya untuk menyadarkan kaum Niwana menguji kesabarannya, sehingga di pertengahan upaya dakwahnya Nabi Yunus justru meninggalkan kaum tersebut untuk keluar dari kesulitan yang dialaminya selama berdakwah. Padahal ternyata kaum Ninawa sudah ingin bertobat dan kembali ke Jalan Allah SWT.

Ujian dari Allah SWT diberikan kepada Nabi Yunus, sampai akhirnya dia bisa kembali melanjutkan dakwahnya setelah selamat dari perut ikan paus.

Teladan Nabi Yunus

Tobatnya Kaum Ninawa
image: islamic-relief

Ada beberapa teladan yang bisa ditiru dari perjalanan hidup Nabi Yunus, selain membaca doa Nabi Yunus dalam perut ikan untuk dibaca ketika sedang mengalami kesusahan dan kesedihan.

1. Tidak Pantang Menyerah

Sebagai seorang manusia dan kaum muslim, sudah sepatutnya tidak menyerah saat mendapati sebuah masalah. Hadapi sampai tuntas karena pasti ada jalan keluar yang sudah dipersiapkan oleh Allah SWT.

Sikap ini sangat penting diterapkan sejak dini, supaya menjadi karakter hebat dan bertanggung jawab akan apapun.

2. Mengakui Kesalahan dan Bertobat

Sikap Nabi Yunus yang mengakui kesalahannya karena meninggalkan kaumnya, merupakan bentuk pengakuan kesalahan dan siap menerima konsekuensi dari kesalahan tersebut.
Selama menjalani konsekuensi dari kesalahan, selalu berlindung dan meminta kepada Allah SWT untuk diberikan ampunan.

3. Selalu Ingat Allah SWT

Selalu ingat kepada sang pencipta dalam kondisi apapun, adalah kewajiban umat muslim. Bukan saja ketika susah, ketika senang justru harus lebih bersyukur kepadaNya.

Bukan hanya kamu yang wajib tahu doa tersebut, namun juga kisah dibalik hadirnya doa tersebut juga perlu dipahami karena ternyata merupakan doa dari seorang nabi kepada penciptanya.

Apakah kamu sudah hafal doa Nabi Yunus? Jangan lupa dibaca pada waktu yang tepat, jadikan juga salah satu doa yang selalu dilafalkan sesudah berdzikir selain doa lain yang ingin disampaikan kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.