Tersangkut Kasus, Surya Paloh Sarankan Menteri SYL Mundur Dari Jabatannya

oleh -0 Dilihat
Tersangkut Kasus, Surya Paloh Sarankan Menteri SYL Mundur Dari Jabatannya
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: IG @syasinlimpo)

Jakarta- Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh buka suara soal kasus yang menimpa Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Surya Paloh mengaku prihatin dengan apa yang menimpa menteri NasDem ini dan menyarankan agar SYL mengundurkan diri dari jabatannya.

“Hal yang menyangkut berita yang tidak menyenangkan hati, memprihatinkan, dan suasan penuh kesedihan yang menyangkut Prof. dr. Syahrul Yasin Limpo dalam kapasitas beliau sebagai Menteri Pertanian,” kata Surya Paloh saat Konferensi Pers di Nasdem Tower, Jakarta, pada Kamis (5/10/2023).

Menurutnya, pihaknya akan menghormati dan mengikuti segala proses hukum yang berlaku untuk menegakkan hukum yang berkeadilan.

“Hal yang saya pahami adalah, semua kita menginginkan agar kita selalu konsisten untuk memberikan penghormatan kita atas upaya penegakan hukum yang berkeadilan di negeri ini dan itulah tugas dan misi kita semua termasuk Partai Nasdem,” ujarnya.

Lebih lanjut, Surya Paloh menyebut, kasus yang menyeret Syahrul Yasin Limpo di luar dugaan dari dirinya dan Partai Nasdem.

“Maka diluar dugaan baik dari diri saya maupun kawan-kawan. Saya yakin juga ini di luar dugaan bung Syahrul Yasin Limpo dia harus mengalami kondisi seperti apa yang dialami dirinya pada saat itu. Dia meminta izin saya, setelah mendapat izin dari bapak Presiden melakukan kunjungan kerja keluar negeri menerima penghormatan dan penghargaan atas keberhasilannya yang saya pikir merupakan kebanggaan bagi semuanya,” ungkapnya.

Namun, Surya Paloh menyayangkan panggilan terhadap Syahrul Yasin Limpo tergolong terlalu cepat dan terburu-buru, padahal Syahrul sedang melakukan tugas kenegaraan.

“Di dalam negerinya dia mengalami suatu peristiwa yang saya bisa pahamin bagaimana terhinanya dirinya, kecewa, sedih. Terlepas dari semua permasalahan itu, upaya kita untuk menegakkan upaya proses hukum yang berlangsung. Tidak ada seakan-akan hari esok menunggu dirinya kembali, ini hal yang amat mengusik hati saya. Tetapi sekali lagi konsistensi dan penghormatan, upaya penegakan hukum tidak pernah surut sedikitpun itu yang perlu saya tegaskan baik atas nama pribadi maupun nama seluruh nama besar Partai Nasdem,” terangnya.

Dalam hal ini, Surya menegaskan, agar Syahrul Yasin Limpo segera menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian.

“Saya sudah menerima laporan dari bung Syahrul. Atas nama DPP saya mengatakan segera menghadap Presiden sampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian agar memberikan penghormatan terhadap upaya penyelidikan yang berlangsung terhadap dirinya,” tegasnya.

“Jalanin, hadapi, laksanakan. Itu prinsip yang tegas seperti itu. Ini yang perlu diketahui bahwa Nasdem tetap pada komitmen ada permasalahan, jangan lari dari permasalahan,” imbuhnya. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.