Siaran TV Lokal Lampung Mulai Migrasi ke Siaran Digital

oleh -0 Dilihat

Bandarlampung- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akan menyuntik mati siaran TV analog dan dialihkan ke siaran TV digital. Hal tersebut dilakukan lantaran TV digital dinilai memiliki banyak keunggulan dari segi gambar hingga mampu menangkap channel dan siaran yang lebih banyak termasuk TV lokal.

Salah satu TV lokal asal Lampung yang sudah beralih ke siaran TV digital yakni Saburai TV yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Pahoman, Bandar Lampung. Pemimpin Redaksi Saburai TV, Kemas Yogi mengatakan, TV digital memiliki keunggulan dalam kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih. Tak hanya itu saja, pilihan saluran TV yang bisa dinikmati juga tersedia lebih banyak dari TV analog biasa.

Untuk bisa migrasi ke Digital, Saburai TV sendiri melakukan penyewaan perangkat multipleksing (MUX) yang dibayar setiap bulannya. Adapun jumlah penyediaan STB sesuai pemegang MUX di Lampung menurut data Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Lampung terinci untuk Nusantara TV ada sebanyak 943 unit, Metro TV 21.000 unit, ANTV 10.000 unit.

Untuk zona wilayah siaran Digital dibagi menjadi 4 yaitu Lampung-1 meliputi Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pringsewu. Lampung-2 meliputi Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Mesuji. Lampung-3 meliputi Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Way Kanan, dan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Sementara untuk zona Lampung-4 meliputi Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus, dan Kabupaten Pesisir Barat. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.