Pencarian 132 penumpang Pesawat Boeing 737 Terus Dilakukan!

oleh -4 Dilihat
kecelakaan pesawat di China
Pencarian 132 Penumpang Pesawat Boeing 737 yang Jatuh di China Terus Berlanjut

Diskursus Network- Proses pencarian 132 penumpang pesawat Boeing 737 yang jatuh di daerah pegunungan di provinsi selatan Guangxi pada Senin (21/3) masih terus dilakukan. Sudah lebih dari 12 jam setelah kecelakaan terjadi dan masih belum ada kabar mengenai jumlah korban tewas atau cedera.

Menurut Administrasi Penerbangan Sipil China, Boeing 737-800, yang dioperasikan oleh China Eastern Airlines, jatuh dengan 123 penumpang dan sembilan awak di dalamnya.

Tabrakan itu memicu kebakaran besar, cukup besar untuk dilihat pada citra satelit NASA, yang kemudian padam. Media pemerintah melaporkan Senin (21/3) malam bahwa perkiraan hujan dan medan pegunungan di lokasi kecelakaan mungkin mempersulit upaya pencarian.

Menurut tim penyelamat yang berbicara kepada Xinhua News Agency yang dikelola pemerintah, hanya puing-puing dari reruntuhan yang ditemukan.

Presiden China Xi Jinping menyerukan “upaya habis-habisan” dalam operasi penyelamatan dan setiap potensi bahaya keselamatan untuk diselidiki.

Kecelakaan itu terjadi di dekat kota Wuzhou di daerah Teng. Menurut pejabat penerbangan, pesawat itu melakukan perjalanan dari Kunming di provinsi barat Yunnan ke Guangzhou di provinsi pesisir Guangdong.

Menurut China Daily, pesawat lepas landas pada pukul 13.11. waktu setempat dan dijadwalkan tiba pada pukul 15:05, tetapi pengendali lalu lintas udara kehilangan jejak pesawat sekitar pukul 14:15.

Data dari situs pelacak penerbangan Flightradar24.com menunjukkan penerbangan China Eastern Airlines berjalan sekitar 30.000 kaki sebelum tiba-tiba jatuh. Pesawat terbang dengan kecepatan jelajah 523 meter per jam.

Ratusan petugas pemadam kebakaran dan kru penyelamat dari departemen terdekat langsung dikirim ke tempat kejadian. Video yang dibagikan People’s Daily, sumber media pemerintah lainnya, menunjukkan asap mengepul dari sisi gunung.

China Daily melaporkan bahwa seorang pejabat desa dengan nama keluarga Zhou mengatakan kepada surat kabar Chutian Metropolis Daily bahwa pesawat itu “benar-benar hancur” dan dia tidak melihat sisa-sisa.

The New York Times melaporkan, mengutip Kantor Berita China milik negara, bahwa seorang penduduk dari desa Molang dengan nama belakang Liu naik ke lokasi kecelakaan untuk membantu upaya penyelamatan tetapi tidak melihat sisa-sisa pesawat.

“Semua orang pergi ke gunung,” kata Tang Min, yang mengoperasikan sebuah restoran di dekat lokasi, kepada kantor berita Agence France-Presse.

Foto-foto di bandara di Guangzhou, tempat pesawat akan tiba, menunjukkan bagian yang dikhususkan untuk kerabat penumpang pesawat. China Daily melaporkan maskapai membentuk kelompok kerja khusus dalam menanggapi kecelakaan itu, termasuk satu tim yang didedikasikan untuk bantuan keluarga.

Pihak Boeng pun mengatakan akan menyelidiki kecelakaan tersebut. “Penyebab kecelakaan pesawat masih dalam penyelidikan, dan perusahaan akan secara aktif bekerja sama dengan penyelidikan yang relevan,” kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan pada Senin (21/3), dikutip The New York Times.

“Perusahaan menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada penumpang dan anggota awak yang tewas dalam kecelakaan pesawat,” lanjutnya.

Boeing mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya mengetahui laporan kecelakaan itu dan bekerja untuk mengumpulkan lebih banyak informasi. Saham perusahaan turun lebih dari 4% dalam perdagangan sore di New York.

Sementara itu, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menunjuk seorang penyelidik keamanan udara senior Amerika sebagai perwakilan terakreditasi AS untuk penyelidikan tersebut.

Boeing 737-800 dikirim ke China Eastern Airlines pada Juni 2015 dan telah terbang selama lebih dari enam tahun. Pesawat ini memulai debutnya pada 1990-an, dan Boeing telah membuat lebih dari 5.200 pesawat komersial. Perusahaan mengirimkan seri terakhir ke China Eastern pada 2020.

Media pemerintah melaporkan bahwa semua armada 737-800 China Eastern diperintahkan untuk dikandangkan. China memiliki 737-800 lebih banyak daripada negara lain mana pun – hampir 1.200 pesawat. Knsultan penerbangan IBA mengatakan jika maskapai China lainnya mengandangkan pesawat dapat berdampak signifikan pada perjalanan domestic. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.