Dukung Invasi Rusia ke Ukraina, Grandmaster Rusia Disanksi!

oleh -4 Dilihat
Pecatur Karjakin dikenai larangan 6 bulan karena komentar pro Rusia
Pecatur Karjakin dikenai larangan 6 bulan karena komentar pro Rusia.

Diskursus Network- Grandmaster Rusia Sergey Karjakin telah dikenai larangan kompetisi selama enam bulan karena komentar dukungannya terhadap invasi Rusia ke Ukraina, kata Federasi Catur INternasional (FIDE), Senin.

Pecatur berusia 32 tahun Karjakin, yang menantang Magnus Carlsen untuk meraih gelar juara dunia 2016, telah membela aksi negaranya melalui media sosial beberapa pekan ini, menuai kritik keras dari dunia catur.

“Sergey Karjakin dinyatakan bersalah melanggar pasal 2.2.10 Kode Etik FIDE, dan dikenai sanksi larangan di seluruh dunia selama enam bulan untuk berpartisipasi sebagai pemain dalam kompetisi catur berperingkat FIDE, berlaku sejak tanggal diputuskan, 21 Maret 2022,” kata induk organisasi itu dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters, Senin.

“Pernyataan dari Sergey Karjakin mengenai konflik militer yang sedang berlangsung di Ukraina telah menyebabkan sejumlah besar reaksi di media sosial dan di tempat lain, sebagian besar negatif terhadap pendapat yang diungkapkan.”

Karjakin, yang lahir di Krimea dan mewakili Ukraina hingga 2009, mengatakan: “Yang diperkirakan, tetapi tidak kalah memalukan dari FIDE. Semua pilihan olahraga telah diinjak-injak, prinsip dasar bahwa olahraga di luar politik telah diinjak-injak.”

Larangan itu membuat partisipasi Karjakin dalam Candidate Tournament, yang dimulai pada 16 Juni, diragukan. Dia dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut dalam waktu 21 hari.

“Saya melakukan seleksi tersulit melalui Piala Dunia di Candidate Tournament. Menang itu akan menempatkan saya dalam pertandingan untuk kejuaraan dunia. Sayangnya, FIDE mempermalukan diri mereka sendiri, bukan saya,” tambah Karjakin di Telegram.

“Dan yang paling penting, pertama-tama saya adalah seorang patriot negara saya dan kedua saya adalah seorang atlet. Jika saya mengingat kembali situasi ketika saya mendukung presiden Rusia, rakyat dan tentaranya, saya akan melakukan hal itu. Hal yang sama! Saya tidak menyesali apa pun.”

Grandmaster Rusia lainnya, Sergei Shipov, tidak dikenai sanksi atas komentarnya yang pro-Rusia karena FIDE memutuskan bahwa mereka “karakternya sedikit berbeda dan kurang provokatif dibanding yang dilakukan oleh Karjakin”.

FIDE sebelumnya mencopot tuan rumah Olimpiade Catur Moskow dan Kongres FIDE akhir tahun ini dan melarang pemain Rusia dan Belarus berkompetisi di turnamen di bawah bendera masing-masing. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.