LP3UI Lampung Kirim Relawan Bantu Korban Letusan Semeru

oleh -4 Dilihat
IMG 20211212 WA0066 1
Lembaga Peduli Pengembangan Potensi Umat Islam (LP3UI) Lampung, memberangkatkan relawan ke Lumajang, Jawa Timur guna membantu korban bencana letusan Gunung Semeru.

Bandar Lampung-Lembaga Peduli Pengembangan Potensi Umat Islam (LP3UI) Lampung, memberangkatkan relawan ke Lumajang, Jawa Timur guna membantu korban bencana letusan Gunung Semeru.

“Kita berangkatkan delapan orang relawan untuk membantu korban bencana letusan Gunung Semeru,” kata salah satu Perwakilan LP3UI Lampung Ust. Jasril saat dihubungi, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan selain untuk membantu korban bencana, tim relawan yang berangkat ke Lumajang juga membawa dana yang digalang dari masyarakat Lampung.

“Dana yang terkumpul itu Rp20 juta, dan itu dibawa oleh relawan untuk diserahkan kepada korban bencana,” kata dia.

Ia mengungkapkan, ke delapan relawan yang diberangkatkan tersebut, semuanya sudah terlatih karena sering ikut berlatih kebencanaan dengan Basarnas.

Menurutnya, lembaga ini memang aktif menggalang dana untuk kemanusiaan dan memiliki program tanggap bencana, sehingga bukan kali ini saja LP3UI Lampung membantu dan mengirimkan relawan ke lokasi bencana.

“Kita juga pernah membantu mengirim relawan saat terjadi bencana di Lombok, Palu dan lainnya,”, ujarnya.

Ia mengungkapkan para relawan yang dikirimkan ke Lumajang ini akan berada di sana selama 10 hari dan saat ini mereka sedang dalam perjalanan.

“Rencananya sekitar 10 hari mereka ada di sana. Nanti setiba di sana relawan akan diasesmen terlebih dahulu,” kata dia.

Korban meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru bertambah menjadi 46 jiwa pada Sabtu, 11 Desember 2021 pukul 18.00 WIB. Sementara 9 orang masih dinyatakan hilang dan 18 orang luka berat sementara luka ringan 11 orang.

Dalam pencarian korban, Tim SAR yang terdiri dari Basarnas, TNI, Polri, BPBD, relawan dan warga ini terbagi ke dalam 4 grup. Tiga grup memfokuskan pada pencarian di tiga sektor sedangkan satu lainnya bersiaga untuk evakuasi dan membantu pendataan warga terdampak bencana Gunung Semeru.

(Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.