Detik-Detik Bantuan Udara Indonesia Ke Gaza

oleh -0 Dilihat
Bantuan Indonesia ke Gaza
Bantuan Diterjunkan Dari Udara Dengan Pesawat Hercules (sumber: Puspen TNI)

Bantuan Kemanusiaan rakyat Indonesia untuk rakyat Gaza Kembali dikirimkan melalui udara dengan metode airdropping atau dijatuhkan dari pesawat menggunakan parasut.

Momen pengiriman bantuan ini dibagikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melalui media sosial pribadinya.

TNI mengirimkan bantuan kemanusiaan ke wilayah Gaza, dengan pesawat Hercules A1340 milik TNI AU dari Yordania. Tampak bantuan itu dipersiapkan dalam kotak-kotak besar bertuliskan ‘Gaza Relief 2024’.

“Alhamdulillah di hari yang baik ini, Indonesia melalui TNI berhasil memberikan bantuan kemanusiaan kepada saudara- saudara kita di Gaza,Palestina. Bantuan diberikan dengan proses Air Dropping dari pesawat Hercules A1340 milik TNI AU melalui Yordania ke Gaza.” Tulis Prabowo dalam “Ig” nya

Baca JugaAkhirnya Israel Izinkan Truk Bantuan Masuk Gaza

Sempat Menunggu Izin Dropping

bantuan ke gaza
Momen Airdropping Bantuan Rakyat Indonesia untuk Warga Gaza Melalui Pesawat hercules TNI AU (Ig: Prabowo Subianto)

Pengiriman bantuan sempat menunggu beberapa saat untuk mendapatkan perizinan dari otoritas terkait. Akhirnya  pesawat Hercules TNI AU C 130 J akhirnya dapat menerjunkan bantuan kemanusian di wilayah udara Palestina, Gaza, Selasa (9/4/2024).

Bantuan kemanusiaan yang diterjunkan ini berupa bahan pangan sebesar total 3,2 ton dan dikemas dalam 20 kotak berparasut dengan masing-masing seberat 16 kilogram perpaket.

Menurut Puspen TNI airdropping dilakukan dengan metode Low Cost Low Altitude (LCLA) atau penerjunan bantuan pada ketinggian rendah dan biaya terjangkau.

Berdasarkan keterangan resmi tim satgas pesawat pengangkut bantuan berangkat dari King Abdullah II (KA2) Airbase Airport (OJKA) di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36WIB) dan mencapai lokasi  penerjunan Dropping Zone (DZ) di Gaza pukul 12.50 waktu setempat (16.50 WIB).

Baca Juga: 101 Hari Perang Israel-Hamas, Kondisi Warga Palestina Semakin Kritis

Kamis Tiba di Indonesia

Seusai pengiriman, Komandan Satgas Kol Pnb Noto Casnoto mengatakan pesawat segera bertolak kembali ke tanah air dengan rencana tiba hari kamis tanggal 11 April 2024 di Bandara Halim Perdanakusuma.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi yang baik antara TNI dan tentara Yordania ini,” tegas Kolonel Pnb Noto Casnoto.

Suksesnya pengiriman bantuan via udara ini merupakan hasil diplomasi dan hubungan baik Indonesia dengan negara – negara yang tergabung dalam “Solidarity Path Operation” Jordania, Amerika, UK, Belanda, Indonesia, Mesir, UAE,  Prancis dan, Jérman. (DN-kabs)

Baca Informasi Diskursus Network Lainnya melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.