BMKG Prediksi Banjir Rob Terjadi Hingga 7 Hari Ke Depan, Ini Wilayah yang Mesti diwaspadai

oleh -4 Dilihat
Untitled design 5
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim Panjang memprediksi banjir rob akan terus terjadi selama 7 hari kedepan terutama di wilayah Pesisir Gudang Lelang, Bumi Waras, Bandar Lampung. Foto/ilustrasi

Bandar Lampung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Maritim Panjang memprediksi banjir rob akan terus terjadi selama 7 hari ke depan terutama di wilayah Pesisir Gudang Lelang, Bumi Waras, Bandar Lampung.

Seperti diketahui, Kamis (2/12/2021) sore beredar video banjir rob di Pemukiman Perumahan Pesisir Gudang Lelang, dalam video terlihat air setinggi 20 cm memasuki rumah warga.

Wilayah pesisir Gudang Lelang sendiri merupakan wilayah yang sering terdampak banjir rob, hal ini dikarenakan maximal pasang air laut pada bulan ini ditambah dampak tidak langsung dari TC (Tropical Cyclone/Siklon Tropis) Teratai.

Siklon Tropis Teratai merupakan sistem siklon yang berkembang dari bibit siklon 92S yang mulai teridentifikasi sejak 30 November 2021 lalu di sekitar Samudera Hindia Baratdaya Bengkulu dengan pegerakan ke arah tenggara-selatan. Saat ini diketahui, Siklon tersebut berjarak 800 Meter dari Barat Daya Lampung.

Menurut Neneng Kusrini, Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Panjang saat dihubungi mengatakan, dampak dari banjir yang terjadi kemarin tidak terlalu tinggi.

“Kalau dilihat dari video yang beredar ketinggian air hanya sekitar 10-20 cm, kita harapkan tidak akan lebih tinggi lagi,”kata dia Jum’at (3/12/2021).

Disampaikan Neneng, jika melihat hasil pengamatan banjir rob sendiri akan berlangsung hingga 7 hari kedepan.

BMKG Lampung juga memprediksi serta memberi peringatan dini terkait akan terjadinya hujan lebat.

Adapun wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari yakni Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang, Lampung Utara. (Reporter: Tasya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.