Disnaker Lampung Fasilitasi Pekerja Disabilitas Tetap Produktif

oleh -

Lampung – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Lampung memfasilitasi pekerja disabilitas untuk tetap produktif melalui pelatihan keterampilan kerja di balai-balai kerja.

“Kami terus berupaya mendorong para penyandang disabilitas agar tetap produktif dengan melakukan pelatihan kerja ataupun keterampilan,” ujar Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Lampung Agus Nompitu, dilansir dari Antara, Jumat (8/10/2021).

Ia mengatakan pelatihan tersebut akan dilakukan melalui balai latihan kerja ataupun pelatihan yang bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait.

“Pelatihan bagi para penyandang disabilitas ini diharapkan dapat menaikkan kemampuan mereka. Selain pelatihan, dalam sistem informasi ketenagakerjaan juga akan menyertakan para penyandang disabilitas agar mudah mencari kerja,” katanya.

Menurutnya, melalui aplikasi pencari kerja yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah, para penyandang disabilitas pun memiliki kesempatan yang sama dengan pekerja lain untuk memperoleh pekerjaan.

“Ini bagian upaya pemerintah bagi disabilitas agar mendapatkan pekerjaan yang layak, sehingga tetap produktif di tengah tengah masyarakat. Diharapkan perusahaan pun memberi perlindungan dan menjaga kesejahteraan para disabilitas, kita akan terus pantau agar tidak ada yg melanggar hak mereka,” ucapnya.

Pemberdayaan penyandang disabilitas dalam mengembangkan diri melalui pelatihan dan penyerapan tenaga kerja telah dilakukan oleh salah seorang pelaku usaha batik Lampung.

“Sudah sejak Tahun 2008 Siger Batik Lampung memberi pelatihan membatik bagi penyandang disabilitas dan mereka pun dapat langsung bekerja di sini,” ujar pemilik Siger Batik Laila Al Khusna.

Dia menjelaskan adanya kegiatan pelatihan serta penyerapan tenaga kerja disabilitas dilakukan untuk memberi kesempatan yang setara bagi penyandang disabilitas untuk terus berkarya.

“Kami bekerja sama dengan SLB untuk pelatihan membatik. Semua kami beri kesempatan untuk berkarya. Malah penyandang disabilitas yang bekerja di sini sudah mampu menorehkan prestasi sampai tingkat nasional,” ucapnya. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.