80 Manuskrip Kuno Lampung Dikumpulkan, Pemprov Janji Jaga Kelestariannya

oleh -

Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berkomitmen untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian manuskrip kuno sebagai upaya menjaga kelestarian budaya daerah itu.

“Kita berkomitmen untuk terus menjaga kekayaan manuskrip kuno dan Bahasa Lampung agar terus terjaga,” ujar Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Lampung Ria Andari dilansir dari Antara, Rabu (29/9/2021).

Ia mengharapkan penyusunan monografi naskah Lampung dapat menjadi pemacu bagi pelaksanaan pelestarian budaya Lampung.

“Akan kita respons dan laporkan langsung kepada gubernur agar pelestarian manuskrip kuno ini dapat terus berlangsung, sebab kita memiliki atensi tinggi dalam melestarikan budaya Lampung dan telah masuk dalam visi misi pemerintah,” katanya.

Menurut dia, sosialisasi mengenai manuskrip kuno tersebut akan terus dilakukan untuk melestarikan budaya.

Hal serupa juga dikatakan oleh ketua tim peneliti dari Kementerian Agama Zulkarnain Yani.

“Manuskrip ini penting namun memang permasalahannya banyak masyarakat yang belum bisa merawat naskah dengan baik jadi perlu edukasi lebih lanjut,” ucap dia.

Ia mengatakan melalui pembentukan katalog khusus manuskrip bisa membantu terbentuknya kajian naskah kuno oleh para akademisi.

“Saat ini untuk manuskrip yang telah dikumpulkan ada sekitar 80-an naskah, dan diharapkan ini akan membantu melestarikan budaya Lampung,” ucapnya. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.