Kolaborasi KUH-KJRI Jeddah dan Masyariq dalam Bimtek untuk Layanan Haji 2024

oleh -0 Dilihat
Jeddah
Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam. (Kemenag RI)

Jakarta – Kantor Urusan Haji (KUH) di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah mengadakan Pelatihan Teknis (Bimtek) dengan kerja sama Masyariq, perusahaan penyedia layanan di Arab Saudi. Pelatihan ini melibatkan koordinator wilayah di Bandara, Makkah, dan Madinah, serta penghubung dan pengelola maktab.

Pelatihan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 5 hingga 6 Mei 2024, di kantor KUH, Jeddah. Jemaah haji Indonesia dikelompokkan dalam 73 maktab, dengan masing-masing maktab mengirimkan tiga perwakilan, yang terdiri dari ketua dan dua wakil, menjadikan jumlah total peserta yang hadir sebanyak 219 orang dari 73 maktab.

“Ini adalah pertama kalinya Bimtek seperti ini diselenggarakan. Sebelumnya, kegiatan hanya sebatas perkenalan dan tidak mendalam membahas tentang layanan atau mengatasi permasalahan yang ada. Hal ini membuat penyelesaian masalah kurang optimal,” ungkap Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, di Jeddah, pada hari Minggu (05/05/2024).

Baca juga: Kuota Terpenuhi Hati-hati Tawaran Berangkat Menggunakan Visa Non-Haji

Nasrullah menambahkan, “Tahun ini kami memperkuat koordinasi sejak awal sesuai dengan arahan dari Gus Men, termasuk membahas cara mitigasi potensi masalah. Kami berharap layanan akan berjalan lebih lancar dan masalah sebelumnya tidak terulang.”

Menurut Nasrullah, Bimtek kali ini diawali dengan mengidentifikasi berbagai persoalan yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, khususnya yang berkaitan dengan layanan Maktab, termasuk perpindahan jemaah dari Makkah ke Masyair (Arafah – Muzdalifah – Mina), serta layanan tanazul, kepulangan jemaah, dan lain-lain.

“Kami menginventarisasi berbagai masalah dari masa lalu, mencari solusi, dan menyampaikannya ke maktab agar bisa diambil langkah antisipasi dan mitigasi,” jelas Nasrullah.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara KUH, penghubung maktab, dan para pengurus maktab. Narasumber dalam Bimtek ini meliputi Konsul Haji KJRI Jeddah, perwakilan Mashariq, Kadaker Bandara, serta Kepala Bidang Akomodasi, Transportasi, dan Katering.(DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.