Doa-doa yang Biasa Dibaca dan Diucapkan Saat Idul Fitri

oleh -0 Dilihat
Doa-doa yang Biasa Dibaca dan Diucapkan Saat Idul Fitri
Doa-doa ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas berkah yang diberikan selama bulan Ramadan dan sebagai permohonan ampunan serta keberkahan di hari raya

Jakarta- Doa-doa memiliki peran penting dalam perayaan Idul Fitri (Eid al-Fitr) dalam agama Islam. Doa-doa ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas berkah yang diberikan selama bulan Ramadan dan sebagai permohonan ampunan serta keberkahan di hari raya tersebut. Berikut ini adalah beberapa doa yang biasa dibaca dan diucapkan saat Idul Fitri:

1. Takbir Idul Fitri
Takbir Idul Fitri adalah ungkapan Allahu Akbar yang sangat khas dalam perayaan Idul Fitri. Takbir ini biasanya diucapkan setelah sholat Idul Fitri dan sepanjang hari raya sebagai ungkapan kegembiraan dan kebesaran Allah SWT. Takbir ini bisa diucapkan dengan berbagai variasi, antara lain:

– Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaha illallah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahilhamd.
– Allahu Akbar kabeera, walhamdulillahi katheera, wa subhanallahi bukratan wa aseela.
– Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahilhamd.

2. Doa Sebelum Sholat Idul Fitri
Sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri, umat Muslim biasanya membaca doa seperti berikut ini:

“Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah. Allahumma inni nawaitu sunnata idil fitri sunnatan lillahi ta’ala. Allahumma taqabbal minna innaka antas sami’ul ‘alim. Wa tub ‘alayna innaka antat tawwabur rahim.”

Artinya:
“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, serta sholawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah. Ya Allah, sesungguhnya aku niatkan sholat sunnah Idul Fitri karena Engkau. Ya Allah, terimalah sholat kami, sesungguhnya Engkaulah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

3. Doa Setelah Sholat Idul Fitri
Setelah menyelesaikan sholat Idul Fitri, umat Muslim biasanya membaca doa syukur dan memohon ampunan kepada Allah SWT, seperti:

“Allahumma antas salam, wa minkas salam, tabarakta ya dzaljalali wal ikram. Allahumma la mani’a lima a’taita wa la mu’tiya lima mana’ta, wa la yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.”

Artinya:
“Ya Allah, Engkaulah sumber kedamaian, dan dari Engkaulah kedamaian. Engkau Mahaberkah, wahai Tuhan yang Maha Mulia dan Maha Pemurah. Ya Allah, tidak ada yang mampu menghalangi apa yang Engkau berikan, dan tidak ada yang bisa memberikan apa yang Engkau halangi. Kebesaran hanya berasal dari-Mu.”

4. Doa Khusus di Hari Raya
Selain doa-doa yang spesifik terkait dengan sholat Idul Fitri, ada juga doa umum yang dianjurkan untuk dibaca pada hari raya, seperti:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annaa”
Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai keampunan, maka ampunilah dosa-dosa kami.”

“Rabbana atina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan waqina ‘adhaban-nar”
Artinya:
“Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

5. Doa untuk Kesejahteraan dan Keberkahan
Selain doa-doa khusus Idul Fitri, umat Muslim juga dianjurkan untuk berdoa untuk kesejahteraan dan keberkahan, baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun seluruh umat manusia. Contoh doa untuk kesejahteraan bisa berbunyi:

“Allahumma inni as’aluka al-‘afiyah”
Artinya:
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan dan kesejahteraan.”

Doa-doa yang dibaca saat Idul Fitri menjadi bagian penting dari ritual dan ibadah selama hari raya tersebut. Doa-doa ini mengandung makna syukur, permohonan ampunan, dan harapan untuk mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT.

Dengan merenungkan dan menghayati makna doa-doa ini, umat Muslim dapat memperkuat ikatan spiritual mereka dengan Allah SWT dan merayakan Idul Fitri dengan penuh kesadaran akan keagungan-Nya. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.