Puncak Arus Balik Selesai, 30 Persen Pemudik Belum Balik

oleh -0 Dilihat
kakorlantas pantau mudik
Kakorlantas Irjen Pol Aan Suhanan Saat Memantau Arus Mudik Lebaran (Sumber: Ig. Aan Suhanan)

Diskursus Network – Puncak arus balik libur lebaran 2024 telah lewat, namun menurut Kepala korps lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan diperkirakan masih ada 30 persen pemudik yang belum kembali ke Jabodetabek.

“Puncak arus balik tahun 2024 ini terjadi pada tadi malam sampai tadi pagi jam 6, ada di atas 162 (ribu) lebih. Yang belum kembali ke Jakarta tersisa sekitar 30 persen lebih, baik itu di empat gardu maupun di Km (kilometer) 66 (Tol Jakarta-Cikampek) yang menjadi titik krusial,” tegas Aan kepada wartawan di Gerbang Tol Cikampek Utama  Selasa (16/4/2024) siang.

Menurut Aan Suhanan adanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) membuat 30 persen pemudik yang belum kembali, diperkirakan akan balik pada tanggal 16 dan 17 April.

“kalau kita bagi dua pelaksanaan WFH hari ini (Selasa) dan besok berarti masing-masing tersisa 15 persen,” lanjut Kakorlantas.

Korlantas Polri melihat situasi arus lalu lintas di ruas jalan tol pada H+7 ini sudah menurun, maka rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) dari KM 414 GT Kalikangkung sampai KM 72 GT Cipali dihentikan

Meski demikian korlantas masih memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow dua lajur mulai dari KM 70 sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Baca Juga: Libur Lebaran ASN Ditambah Hingga Hari Rabu Kecuali Terkait Pelayanan Publik

Sementara itu menurut Kakorlantas jumlah kendaraan menuju lokasi wisata di sejumlah daerah, sejak hari H lebaran hingga H+3 mengalami peningkatan volume kendaraan.

Sehingga jalur-jalur wisata, seperti kawasan Puncak Bogor, dan lainnya dilakukan rekayasa lalu lintas  dengan pembatasan dan ganjil genap mengurai kepadatan. Sedangkan arus balik dari jalur Pantur saat ini masih dalam batas normal dan tidak ada kemacetan yang berarti

” tidak ada kemacetan tidak sampai stuck pada saat traffic light ada antrean jalur pantura saat arus mudik dan balik secara umum lancar tidak ada kepadatan,” kata Aan.

Aan Suhanan juga manyatakan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan dan membantu kelancaran  kegiatan arus mudik balik Lebaran 2024. (DN-Kabs)

Baca Juga Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.