Satwa Aja Puasa Bahkan Ada yang Sampai 3 Bulan

oleh -0 Dilihat
puasa
Ilustrasi satwa berpuasa

Diskursus Network – Dalam dunia satwa, puasa merupakan strategi bertahan hidup yang hampir sama umumnya dengan makan. Berbagai spesies hewan mengalami periode puasa alami sebagai bagian dari siklus hidup mereka, terutama selama masa seperti hibernasi, kawin, berganti kulit, dan migrasi.

Misalnya, anjing laut utara jantan mengalami peningkatan hormon tiroid selama puasa 2-3 bulan mereka, yang membantu dalam pelestarian cadangan glukosa di tubuh. Sebaliknya, beruang hitam yang hibernasi menunjukkan penurunan konsentrasi hormon tiroid.

Puasa juga terlihat dalam proses seperti hibernasi dan aestivasi, di mana hewan mengalami penurunan metabolisme yang signifikan dan tidak mengonsumsi makanan untuk periode waktu yang lama. Hibernasi terjadi pada hewan seperti kelelawar, tikus, landak, marmut, dan beruang, di mana mereka bisa menghabiskan hingga 40% berat badan mereka selama periode ini.

Baca juga: Bisa Jadi Referensi, Ini Menu Khas Berbuka Puasa di Beberapa Daerah

Aestivasi, di sisi lain, adalah periode dormansi yang terjadi selama musim panas dan dapat dilihat pada hewan seperti tenrec di Madagaskar. Selama masa-masa ini, hewan-hewan tersebut membuat penyesuaian fisiologis dan biokimia yang bertahap untuk bertahan hidup tanpa makanan.

Metamorfosis Salah Satu Bentuk Puasa di Alam

puass
Proses Metamorfosis pada Tadpole menjadi Katak

Contoh menarik lainnya dari puasa di alam adalah selama metamorfosis, seperti pada tadpole yang bertransformasi menjadi katak. Proses ini melibatkan ‘autolisis’, di mana cadangan nutrisi disimpan di tubuh, seperti ekor tadpole, dipecah oleh enzim untuk menyediakan bahan dasar bagi organisme yang berubah bentuk. Proses ini menunjukkan bagaimana puasa dapat berperan dalam regenerasi dan pertumbuhan bahkan selama periode tanpa asupan makanan eksternal.

Dalam konteks ini, puasa di alam tidak hanya menunjukkan kemampuan adaptasi yang luar biasa dari berbagai spesies hewan, tetapi juga memberikan wawasan tentang manfaat potensial puasa, seperti konservasi energi, peningkatan resistensi terhadap penyakit, dan proses regenerasi yang efektif. Ini menegaskan bahwa puasa merupakan bagian alami dan penting dari kehidupan banyak spesies di bumi. (DN)

Baca informasi menarik lainnya di Google Berita

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.