Inilah 10 Jalan Ekstrem Paling Membahayakan di Indonesia, Butuh Driver Skill Tinggi!

oleh -0 Dilihat
Hanya Untuk Driver Skill Tinggi! Inilah 10 Jalan Ekstrem Paling Membahayakan di Indonesia
Jalan ekstrem paling membahayakan di Indonesia mudah ditemukan di pedalaman dimana kontur alam sangat berpengaruh pada jalan yang dibangun.

Jakarta- Jalan ekstrem paling membahayakan di Indonesia mudah ditemukan di pedalaman dimana kontur alam sangat berpengaruh pada jalan yang dibangun. Jalan yang termasuk ekstrem adalah jalan yang memiliki tanjakan curam, berada di lokasi rawan longsor dengan curah hujan tinggi, dan rawan kecelakaan.

Untuk menaklukan jalan ekstrem tersebut diperlukan skill berkendara dan pengalaman mengemudi yang mumpuni. Di Indonesia sendiri, ada 10 jalan ekstrem yang selalu menjadi tantangan untuk para pengemudi. Temukan jalan di Indonesia mana saja yang termasuk ekstrem dan berbahaya untuk dilalui di sini.

Daftar Jalan Ekstrem Paling Membahayakan di Indonesia

Kamu pasti sudah memiliki bayangan jalan mana saja di Indonesia yang termasuk ekstrem dan berbahaya. Media sosial, terutama Tiktok bertanggung jawab menampilkan eksplorasi jalan-jalan ekstrem di negeri ini. Jalan-jalan tersebut tidak boleh dipandang sebagai objek konten semata tetapi juga perlu diwaspadai.

Berikut adalah 10 jalan di Indonesia yang terkenal ekstrem dan berbahaya untuk dilalui.

1. Tanjakan Emen
Jalan ekstrem paling membahayakan di Indonesia Tanjakan Emen berlokasi di Subang, Jawa Barat. Ruas jalan Tanjakan Emen berada di perbatasan Kabupaten Subang dengan Kabupaten Bandung Barat memiliki panjang sekitar 3 kilometer. Reputasi berbahaya dari Tanjakan Emen sudah dikenal sejak lama.

Tanjakan ekstrem ini memiliki kemiringan curam, sampai 45 derajat dengan jalur yang berkelok-kelok. Kamu yang melewati tanjakan ini memerlukan keterampilan dan konsentrasi yang baik agar bisa menaklukkannya. Tanjakan ini rutin memakan korban jiwa, maka dari itu pengemudi yang melewatinya harus 100% bugar.

2. Jalur Senggigi
Mudah bagi siapa saja untuk terdistraksi pemandangan pantai dan laut yang indah di sisi luar jalur Senggigi, Nusa Tenggara Barat. Kesan yang akan kamu dapatkan pertama adalah kagum dengan panorama yang disediakan, kemudian berusaha keras untuk tetap dalam kendali karena jalannya tangguh untuk ditaklukan.

Jalur Senggigi memiliki jalan dengan tikungan tajam, jalan yang menanjak kemudian menurun, dan adanya jurang di sisi jalan. Hal tersebut membuat kamu perlu memiliki konsentrasi dan kewaspadaan ekstra. Jangan sampai panorama indah yang ada membuat kamu kehilangan kendali dan mengalami kecelakaan.

3. Tanjakan Huut
Tanjakan Huut yang berlokasi di Desa Balegede, Kec. Naringgul, Kab. Cianjur masuk dalam daftar jalan ekstrem paling membahayakan di Indonesia saat ini. Tanjakan ini sering menjadi rintangan tersulit bagi para pemudik yang melewati jalur ini. Ancaman terbesar yang muncul di Tanjakan Huut adalah longsor.

Jalan di tanjakan tersebut sempit akibat tergerus oleh pergerakan tanah. Akibatnya, banyak pengemudi yang gagal menanjak dan kendaraannya mundur, kemudian mengalami kecelakaan. Ancaman longsor terutama di musim hujan membuat perjalanan ke dan dari wilayah tersebut menjadi cukup menantang.

4. Kelok 44
Dilihat dari udara, Kelok 44 seperti trek downhill aspal atau trek balap yang ada di video game. Jalan yang memiliki 44 belokan ini berada di atas Danau Maninjau, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat ini memiliki tikungan yang sangat ekstrem. Tidak heran jika banyak pengendara kesulitan melewatinya.

Salah satu jalan ekstrem di Indonesia ini sebenarnya memiliki panorama dan lingkungan yang indah. Namun, jangan sampai indahnya alam di sana membuat kamu tidak berkonsentrasi penuh. Kamu bisa menyaksikan sawah terasering, pancuran air dari sungai yang bertingkat, dan hijaunya Bukit Barisan.

5. Tanjakan Bangangah
Tanjakan Mandalawangi atau dikenal juga dengan nama Tanjakan Bangangah yang berada di Pandeglang, Banten adalah salah satu jalan ekstrem paling membahayakan di Indonesia yang sering memakan korban. Tanjakan ini sangat curam dan memiliki catatan kecelakan tertinggi di Pulau Jawa.

Banyak kendaraan yang gagal melewati tanjakan ini sehingga harus kembali dan berputar arah. Merespons curam dan ekstremnya tanjakan, Dinas PUPR Banten melakukan pengerjaan jalan (pengecoran dan pelandaian) untuk membuat tanjakan ini lebih mudah diakses sekaligus menurunkan angka kecelakaan.

6. Alas Roban
Alas Roban adalah salah satu jalan tertua yang ada di republik ini dan banyak diselimuti mitos dan kisah-kisah dari masa lalu. Jalanan ekstrim ini banyak memakan korban karena memiliki kontur yang beragam, memiliki banyak tikungan, banyak tanjakan dan turunan, dan dikelilingi hutan serta jurang yang dalam.

Jalur tersebut semakin sulit ditaklukan karena ada beberapa penyempitan. Apabila kendaraan yang digunakan tidak berada dalam kondisi prima serta kondisi pengemudi tidak bugar, maka Alas Roban bisa menjadi jalan yang luar biasa berbahaya. Hal lain yang berbahaya di sana adalah penerangan minim.

Terlepas dari kisah mistis dan cerita-cerita kecelakaan yang gak ngotak, kondisi jalan sendiri memang memungkinkan kecelakaan terjadi. Pemandangan pohon jati yang tinggi dan monoton bisa mengurangi konsentrasi dan aura hutan khas Pulau Jawa juga berkontribusi pada kondisi mental para pengemudi.

7. Tanjakan Gombel
Tanjakan Gombel adalah salah satu jalan ekstrem paling membahayakan di Indonesia yang kerap mengalami longsor. Kecuraman yang tinggi juga mengakibatkan banyak terjadi kecelakaan. Sayangnya, kondisi jalan yang memang berbahaya dan cukup ekstrem tertutupi oleh banyak kisah mistis di sana.

Akibatnya, banyak orang lebih senang dengan cerita horor yang ada di sana ketimbang membedah kenapa banyak terjadi kecelakaan di Tanjakan Gombel. Yang pasti, apabila kamu melewati jalur tersebut, pastikan kendaraan dalam kondisi baik jangan sampai terjadi panas berlebih dan driver harus konsentrasi penuh.

8. Tanjakan Krumput
Tanjakan Krumput berada di Desa Pagelarang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jalur ini merupakan jalur yang dilewati untuk rute perjalanan dari Yogyakarta ke Banyumas. Jalur ini memiliki banyak tanjakan dengan kecuraman yang tinggi dan termasuk jalur yang rawan longsor.

Selain banyak tanjakan, jalur di sana berliku dan banyak tikungan. Jika konsentrasi tidak bagus, maka insiden bisa terjadi. Selain kondisi jalur yang memang ekstrem, tanjakan ini juga dikenal karena banyaknya pengemis di pinggir jalan. Mitos di sana, pengendara harus memberi uang ke pengemis agar tidak celaka.

9. Tanjakan Sitinjau Lauik
Jalan ekstrem paling membahayakan di Indonesia Tanjakan Sitinjau Lauik bisa jadi merupakan jalan ekstrem paling terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Tiktok dan media sosial berperan membuat tanjakan ini dikenal dan dibicarakan banyak orang. Tanjakan ini memiliki kemiringan yang curam sampai 45 derajat.

Selain curam, tikungan yang ada di sini juga tangguh untuk ditaklukkan. Sitinjau Lauik adalah bagian dari jalur yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi. Kecelakaan sering terjadi pada kendaraan yang tidak mampu menanjak dengan baik sehingga kendaraan mundur kemudian terjadilah kecelakaan.

10. Cadas Pangeran
Jalur ekstrem terakhir dalam daftar ini adalah Cadas Pangeran yang berada sekitar 7 kilometer dari Kota Sumedang, Jawa Barat ini memiliki banyak tanjakan dan turunan yang curam. Jalur yang memiliki panjang sekitar 11 kilometer ini merupakan jalan yang juga sudah eksis pada zaman kolonial Belanda di Indonesia.

Cadas Pangeran merupakan jalan yang harus dilewati dengan ketenangan tinggi dan kendaraan yang prima. Jika sudah terbiasa, kamu dapat dengan mudah menyaksikan panorama alam yang indah. Kamu bisa menikmati lembah yang dalam, sungai mengalir dengan air yang jernih, dan perbukitan yang hijau.

Jalan ekstrem paling membahayakan di Indonesia harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat dan tidak boleh dijadikan sekadar objek konten dengan bumbu mistis yang kental. Jalan-jalan ekstrem di Indonesia harus mendapatkan banyak perbaikan agar keselamatan pengemudi meningkat.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.