Pasar Murah dan Manfaatnya, Banyak Diburu Emak-Emak Untuk Membeli Sembako

oleh -0 Dilihat
Pasar Murah dan Manfaatnya, Banyak Diburu Emak-Emak Untuk Membeli Sembako
Program pasar dengan harga murah hanya ditujukan untuk masyarakat dengan resiko sosial atau masyarakat kelas menengah ke bawah.

Jakarta- Istilah pasar murah agaknya sudah sangat familiar dalam dunia perekonomian. Masyarakat secara luas pasti butuh yang namanya bahan pokok maupun berbagai kebutuhan non-pokok lainnya. Kenaikan harga bahan pokok maupun kebutuhan non-pokok tentu akan sangat merugikan kalangan bawah.

Itulah mengapa ada yang namanya pasar murah, semua yang dijual di program pasar harga murah ini memiliki harga kisaran yang di bawah umum alias murah. Meski murah harganya namun kualitas obyek yang dijual bukan bekas atau kualitas rendah.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Pasar Murah

Sebelum membahas apa saja manfaat dari program pasar murah, ada baiknya kamu mengenal dulu apa yang dimaksud dengan pasar murah. Program ini adalah wujud aktivitas atau kegiatan berbasis perdagangan komoditi pangan yang sifatnya secara langsung.

Atau istilah mudahnya juga bisa dipahami sebagai kegiatan jual beli langsung yang berkaitan dengan komoditi pangan masyarakat. Kegiatan atau program pasar murah ini diadakan secara resmi oleh Dinas dan bekerjasama dengan beberapa pihak penyedia kebutuhan pokok.

Program pasar murah hanya ditujukan untuk masyarakat dengan resiko sosial atau masyarakat kelas menengah ke bawah. Setiap produk kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah dibandrol dengan harga murah atau di bawah harga normal.

Adapun penetapan harga setiap produknya merupakan keputusan atau telah ditentukan oleh Pemerintah Kota dan Daerah. Pasar murah ini secara umum diadakan setidaknya satu bulan sekali pada momen tertentu.

Yang pasti program ini diadakan saat harga kebutuhan pokok secara keseluruhan mengalami kenaikan drastis. Tentu saja adanya program ini memiliki tujuan tertentu, yaitu membuat harga kebutuhan pokok jadi lebih stabil. Selengkapnya akan dijabarkan pada penjelasan manfaat program itu sendiri.

Manfaat Pasar Murah Bagi Masyarakat dan Pelaku Usaha

Tak dapat dipungkiri memang program pasar dengan kisaran harga murah ini membawa banyak sekali manfaat bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Manfaat ini bahkan tidak hanya berkaitan dengan ekonomi namun juga berkaitan dengan aspek sosial. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Menstabilkan Harga Barang Kebutuhan
Salah satu manfaat paling utama dari program pasar dengan harga murah ini adalah untuk menstabilkan harga setiap barang kebutuhan yang notabennya lebih sering naik. Selain itu inflasi tingkat daerah juga bisa ditekan lajunya dengan program ini.

Pasalnya program pasar ini memang dibuat oleh pemerintahan daerah yang bekerja sama dengan beberapa bidang dinas yang berkaitan. Kegiatan atau program ini bahkan diramaikan oleh berbagai aspek seperti perbankan, UMKM, Bulog, dan kelompok pedagang lainnya.

2. Sebagai Bentuk Terwujudnya Program Pemerintah Daerah
Memang ada banyak sekali program pemerintah daerah yang berkaitan dengan bidang ekonomi, salah satunya adalah digelarnya event pasar murah. Pemerintah sendiri mengadakan program ini dengan tujuan menjaga ketahanan pangan yang ada di kalangan masyarakat.

Ketahanan pangan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, sehingga masyarakat tetap bisa bertahan hidup dengan layak. Hal ini juga sebagai wujud pemerataan pemenuhan kebutuhan hidup bagi masyarakat menengah ke bawah.

Dengan begitu semua masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokoknya. Kegiatan yang menghasilkan kesejahteraan ketahanan pangan masyarakat ini juga berpengaruh bagi kontrol inflasi daerah yang kerap kali terjadi, sebagaimana yang sudah sekilas disinggung pada poin atas.

3. Memberikan Peluang Keuntungan Bagi Para Pelaku Usaha
Kegiatan pasar murah sudah pasti akan melibatkan para pelaku usaha, utamanya para pedagang. Program ini juga secara otomatis dapat mengoptimalkan potensi keuntungan yang dapat diperoleh setiap pelaku usaha tersebut. Pasalnya kenaikan harga kebutuhan di pasar normal membuat banyak pelaku usaha mengalami kerugian karena menurunnya jumlah permintaan. Dengan klaim harga murah permintaan konsumen akan meningkat, sehingga pelaku usaha juga akan diuntungkan.

Dalam hal ini para pelaku tidak akan dirugikan karena murahnya harga barang, karena pemerintah daerah sudah bekerja sama dengan distributor barang. Dengan begitu distributor barang akan tetap berjalan dengan harga rendah. Secara tidak langsung program pasar dengan harga murah ini tidak hanya menguntungkan pelaku usaha langsung, namun para distributor dan tangan pertama juga akan diuntungkan. Siklus pasar akan berjalan dengan baik.

4. Menumbuhkan Kepedulian Sosial
Mungkin banyak yang tidak terfikir dengan manfaat pasar murah yang satu ini. Program pemerintahan daerah ini melibatkan berbagai kalangan masyarakat menengah ke bawah. Selain itu para pelaku usaha di berbagai bidang juga dikerahkan untuk turut meramaikan program.

Hal ini secara tidak langsung telah menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama. Kenaikan harga kebutuhan pokok maupun non-pokok yang umumnya merugikan kelas bawah akhirnya bisa terbantu dengan adanya program ini tanpa ada kerugian salah satu pihak.

Baik dari pelaku usaha kepada konsumen maupun konsumen kepada pelaku usaha, semuanya akan saling peduli dalam wujud kegiatan ekonomi jual beli di pasar serba murah ini. Lebih dari itu, program ini juga menunjukkan besarnya rasa kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakatnya. Dengan begitu hubungan antara masyarakat dengan pemimpinnya akan lebih baik lagi.

5. Strategi Meredam Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok
Ada banyak sekali faktor yang bisa menaikkan harga kebutuhan pokok pada umumnya. Seiring berjalannya waktu kenaikan harga yang terus menerus berlanjut akan membuat perekonomian tidak merata. Untuk itu kenaikan harga ini harus diredam dengan cara tertentu.

Cara yang dipakai tentu tidak boleh merugikan salah satu pihak. Itulah mengapa dibentuk program bazar dan pasar murah sebagai wujud strategi meredam kenaikan harga. Meskipun program ini tidak berjalan secara terus menerus, namun setidaknya bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok hingga harga pasar kembali normal.

6. Meminimalisir Adanya Mafia Perdagangan
Program pasar murah tentu punya aturan tertentu saat diadakan, sehingga prosesnya tidak bisa sembarangan. Umumnya masyarakat yang berpartisipasi akan diberikan kupon tertentu untuk bisa ditukarkan produk yang dijual di pasar tersebut.

Dan tentu saja akan ada batasan dalam pembelian kupon atau sesuai dengan kebijakan pemerintahan daerah setempat. Dengan begitu tidak akan ada konsumen yang sengaja menumpuk stok kebutuhan pokok untuk dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Mafia perdagangan seperti ini akan sangat merugikan para konsumen kelas bawah yang memang tidak bisa membeli banyak kupon dan takut pada kenaikan harga bahan pokok. Inilah yang membuat adanya prinsip pemerataan pada program pasar dengan harga murah. Selain penumpukan bahan pokok untuk dijual kembali, mafia perdagangan juga biasanya berkaitan dengan pihak yang menaikkan harga di luar perhitungan yang ditentukan.

Program bakti sosial pasar murah diadakan dengan banyak pertimbangan agar tidak merugikan salah satu pihak. Dengan adanya program ini, pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat bisa lebih merata. Hal ini menjadi wujud kepedulian pemerintah kepada kesejahteraan masyarakat.

Meskipun banyak keuntungan dibalik adanya program ini, namun program tidak bisa dilakukan secara terus menerus karena beberapa alasan tertentu. Tentunya alasan tersebut berkaitan dengan kesejahteraan pada pelaku usaha yang menjual kebutuhan pokok. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.