8 Cara Memilih Franchise Yang Menguntungkan Pelaku Usaha

oleh -0 Dilihat
Cara Memilih Franchise Yang Menguntungkan Pelaku Usaha
Informasi cara memilih franchise yang menguntungkan sangatlah penting bagi pelaku usaha yang akan memanfaatkan franchise untuk berjualan.

Jakarta- Memilih franchise yang menguntungkan sangatlah penting bagi pelaku usaha yang akan memanfaatkan franchise untuk berjualan. Media franchise untuk berjualan memang saat ini sedang banyak diminati karena pasalnya pengusaha bisa langsung memakai nama perusahaan sebagai modal usahanya.

Sebagai pelaku usaha UMKM, pastinya akan memilih yang paling banyak menguntungkan sehingga sangat perlu dipilih dengan teliti. Meski hampir semua franchise menguntungkan, namun ada yang hanya memberikan sedikit keuntungan dan ada yang memberikan banyak.

Cara Memilih Franchise Yang Menguntungkan Usaha

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum akhirnya memilih franchise sebagai partner untuk berbisnis. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah tingkat keuntungan yang akan didapatkan. Berikut di bawah ini adalah beberapa tips memilih franchise dengan mudah yang menguntungkan.

● Memilih Bidang Yang Diminati
Mempertimbangkan atau memilih bidang bisnis juga sangat berpengaruh bagi kesuksesan usaha franchise. Pengaruh yang diberikan cenderung mengacu pada motivasi intrinsik atau motivasi dari dalam diri pelaku usaha itu sendiri. Jika seorang pengusaha sudah termotivasi dari dalam, maka ia akan lebih siap menghadapi tantangan selama menjalankan bisnis ini.

Kamu bisa memilih banyak bidang industri franchise yang bisa jadi pilihan, misalnya saja bidang makanan, minuman, jasa dan lain sebagainya. Saat menjalankan bisnis, sebaiknya pilih jenis franchise yang kamu sukai dan anggap sebagai hobi.

● Pilih Produk Yang Banyak Diminati
Selain mempertimbangkan bidang passion, perlu juga memilih jenis produk yang memang banyak diminati oleh masyarakat luas. Bisa dibilang faktor permintaan konsumen di pasar adalah salah satu kunci keberhasilan usaha.

Cara memilih franchise yang menguntungkan dengan faktor ini bisa dengan melakukan riset pasar terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan jenis produk yang akan dipilih sebagai obyek usaha franchise. Pastikan memilih produk yang memang sedang trend di pasaran. Selain itu pastikan juga permintaan produk tersebut sifatnya stabil atau cenderung meningkat.

Hal ini karena jika menjual produk yang hanya trend sebentar saja, maka hasil penjualan juga cenderung akan menurun seiring berjalannya waktu. Beberapa contoh jenis produk yang punya banyak permintaan di pasar dan sifatnya stabil adalah seperti mie gacoan, minuman es teh bervarian rasa, dan masih banyak lagi.

● Sesuaikan Modal
Cara memilih franchise yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan menyesuaikan modal yang dimiliki. Tentu saja setiap pelaku usaha awalnya pasti memiliki jumlah modal yang berbeda-beda.

Setiap produk yang dijual pada usaha franchise juga pastinya butuh modal yang berbeda-beda. Memilih franchise yang butuh modal mahal namun modal sendiri yang dimiliki sedikit, tentu cenderung mengkhawatirkan terjadinya kerugian.

Sama halnya dengan cara sebelumnya, kamu bisa melakukan riset lagi untuk mengetahui kisaran jumlah modal yang dibutuhkan untuk target usaha yang diinginkan. Dengan begitu nantinya modal bisa cepat kembali dan resiko kerugian bisa diminimalisir.

● Mengecek Latar Belakang
Ada banyak sekali perusahaan franchise yang ada di Indonesia. Namun tentu saja setiap perusahaan semacam ini memiliki kualitas latar belakang yang berbeda-beda. Cara memilih yang menguntungkan sangat berkaitan dengan reputasi perusahaan itu sendiri.

Pastikan memilih perusahaan yang reputasinya baik dan tidak punya track record yang buruk. Untuk mengetahui latar belakangnya, kamu bisa search di internet terkait profil dan informasi lainnya tentang franchise tersebut. Selain itu kami juga bisa mengulik sumber informasi dari pihak yang menawarkan bisnis tersebut.

Meskipun franchise tersebut memiliki pilihan produk yang sesuai passion dan punya nilai stabil, namun jika reputasinya jelek maka berpotensi merugikan. Apalagi biasanya kontrak dengan perusahaan ini jangka waktunya cukup panjang, sekitar 4 hingga 5 tahun atau bisa juga lebih. Maka pertimbangkan dengan baik.

● Pahami Proyeksi Keuangan
Proyeksi keuangan biasanya meliputi harga jual, volume penjualan, margin keuntungan dan lain sebagainya. Tanyakan berbagai komponen proyeksi keuangan dengan berbagai asumsi kepada pihak franchisor agar tahu bagaimana nantinya keuntungan yang bisa didapatkan.

Untuk memahami proyeksi keuangan tentu saja kamu harus paham dengan ilmu-ilmu dasar dari setiap komponen yang berkaitan dengan proyeksi keuangan tersebut. Itulah mengapa cara memilih franchise yang menguntungkan juga perlu effort untuk memiliki wawasan luas.

● Bacalah Dengan Teliti Kontrak Kerja Yang Ditawarkan
Berbeda dengan pelaku wirausaha yang mendirikan bisnisnya sendiri, pelaku usaha yang menggunakan franchise tentu akan berkaitan dengan yang namanya kerjasama. Dan biasanya kerjasama dengan perusahaan franchise ini diikat dengan yang namanya kontrak kerja.

Mempelajari kontrak kerja menjadi salah satu cara memilih franchise yang menguntungkan. Hal ini karena ada sebagian perusahaan yang memberikan kontrak kerja penuh tekanan dengan hanya memberikan sedikit keuntungan. Biasanya kontrak kerja ini dibuat berlembar-lembar.

Pastikan kamu membaca dengan sangat teliti semua poin-poin yang terdapat dalam setiap lembaran kontrak kerja tersebut. Jangan sampai ada satu hal kecil pun yang tidak dipahami dan terlewatkan. Perhatikan juga beberapa aspek yang berhubungan dengan proses pengalihan kepemilikan. Hal ini karena akan berpengaruh pada proses bisnis ke depannya.

Terkadang tidak semua poin dapat dipahami, oleh karenanya pastikan tidak malu bertanya terkait maksud dari poin kerjasama tersebut. Pastikan juga kamu mendapatkan jawaban yang bisa memahamkan mu pada poin tersebut.

● Pilih Yang Memberikan Jaminan
Mungkin ada sebagian perusahaan yang tidak memberikan jaminan pada pelaku usaha yang turut bekerjasama. Biasanya perusahaan franchise yang tidak menyediakan jaminan ini skalanya masih kecil.

Jaminan dalam usaha franchise punya peran yang cukup penting. Ada atau tidaknya jaminan juga akan berpengaruh pada keuntungan yang bisa kamu peroleh selama menjalankan bisnis tersebut. Untuk itu cara memilih yang menguntungkan sebaiknya dengan memilih perusahaan yang memang memberikan jaminan.

Dengan adanya jaminan, usaha yang kamu jalani akan memiliki perlindungan dan dapat meminimalisir kerugian yang kamu tanggung sendiri. Contoh jaminan yang bisa kamu pertimbangkan adalah seperti izin penggunaan merek. Saat memilih perusahaan, jaminan yang diberikan harus tertuang dalam kontrak kerja atau setidaknya harus tertulis hitam di atas putih agar mudah melakukan klaim dan bisa lebih nyaman menggunakan jaminan tersebut.

● Pilih Lokasi Strategis
Terakhir cara memilih franchise yang tepat, kamu harus pertimbangkan lokasi strategis untuk menjalankan bisnis ini. Selain produk, tempat menjalankan bisnis juga akan sangat berpengaruh dalam keberhasilan bisnis franchise. Mau sebanyak apapun minat pasar pada produk yang dijual, namun jika tempat yang dipilih tidak strategis maka tentu penghasilan juga tidak akan bisa optimal.

Lakukan survey terlebih dulu sebelum menentukan tempat untuk melakukan usaha tersebut. Semakin strategis tempat yang dipilih, semakin optimal pula keuntungan yang bisa kamu peroleh. Selain itu promosikan juga tempat dan usaha ke media sosial untuk menambah pelanggan.

Beberapa cara memilih franchise yang menguntungkan di atas bisa menjadi pegangan atau acuan bagi kamu yang tertarik dengan jenis bisnis jenis ini. Pertimbangkan dengan baik beberapa poin di atas agar proses usaha cenderung mengarah pada keuntungan. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.