Daftar Kepala Daerah Berprestasi 2023 Ada Dari Bupati Hingga Gubernur

oleh -0 Dilihat
Daftar Kepala Daerah Berprestasi 2023 Ada Dari Bupati Hingga Gubernur
Gelar kepala daerah berprestasi 2023 diberikan oleh beberapa ajang penghargaan yang diadakan oleh berbagai instansi di Indonesia.

Jakarta- Gelar kepala daerah berprestasi 2023 diberikan oleh beberapa ajang penghargaan yang diadakan oleh berbagai instansi di Indonesia. Menjadi kepala daerah bukanlah hal yang mudah. Sebagian dari mereka mampu mengatasi berbagai permasalahan di wilayah mereka.

Namun, ada pula kepala daerah yang kurang mampu berinovasi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Oleh karena itu, beberapa instansi memberikan penghargaan sebagai apresiasi kerja keras mereka yang sukses mengatasi permasalahan dan membangun wilayahnya.

Daftar Kepala Daerah Berprestasi 2023 di Indonesia

Seperti juga penghargaan kepala desa berprestasi se-Indonesia yang diberikan oleh Kemendes, penghargaan kepala daerah berprestasi pada tahun 2023 juga diberikan oleh beberapa instansi pemerintah, termasuk Kemendes.

Selain itu, penghargaan kepala daerah berprestasi uga diberikan oleh instansi swasta. Meski bukan milik pemerintah, instansi-instansi tersebut dapat dipercaya dalam menilai kinerja kepala daerah.
Berikut ini beberapa kepala daerah yang telah menerima penghargaan kepala daerah berprestasi 2023.

1. Bupati Sambas: Satono
Obsession Award 2023 yang diadakan oleh Obsession Media Group menobatkan Bupati Sambas, Satono, sebagai salah satu dari 4 Kepala Daerah Terbaik. Penghargaan ini diberikan karena Satono telah berhasil memajukan wilayah yang dipimpinnya. Memajukan Kabupaten Sambas bukanlah hal yang mudah karena wilayah ini termasuk daerah perbatasan. Namun, Satono berhasil mengatasi tantangan ini dengan cukup baik.

Sejak tahun 2021, atau pelantikannya, orang nomor satu di Kabupaten Sambas ini telah membangun lebih dari 60 sekolah dasar dan satu politeknik. Pembangunan ini dilakukan untuk memajukan Kabupaten Sambas melalui peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu, ia juga telah membangun puluhan jembatan selama dua tahun masa kepemimpinannya. Bupati Sambas berasal dari partai Gerindra. Sebelum menjabat, kepala daerah berusia 43 tahun ini sudah banyak berkecimpung di kantor pemerintahan setempat.

2. Bupati Kebumen: Arif Sugiyanto
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, telah berhasil menyabet banyak penghargaan berkat berbagai terobosan yang telah ia lakukan untuk memperbaiki kondisi rakyatnya. Salah satu penghargaan yang ia peroleh adalah dari Obsession Award 2023.

Penghargaan ini menobatkan dirinya sebagai salah satu kepala daerah terbaik di Indonesia. Selama masa jabatannya, ia mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di desa-desa di Kebumen. Peningkatan ini ia lakukan melalui program Bumdesma.

Bersama dengan anak buahnya, ia juga telah membuat Kebumen sebagai salah satu daerah yang sukses menjalankan Smart City dan Smart Governance. Prestasinya dalam Smart City dan Smart Governance ini bahkan melampaui prestasi Yogyakarta.

3. Walikota Parepare: Taufan Pawe
Obsession Award 2023 juga menobatkan Taufan Pawe sebagai salah satu kepala daerah berprestasi 2023. Masa jabatan walikota Parepare ini sebenarnya baru saja berakhir pada bulan Oktober 2023 lalu setelah dua kali menjabat.

Taufan Pawe telah menunjukkan kinerja memuaskan selama masa kepemimpinannya. Berkat kinerjanya, pembangunan Kota Parepare semakin maju dan rakyatnya semakin sejahtera.

Salah satu program andalan politisi Partai Golkar ini adalah menjadikan Parepare sebagai kota Industri tanpa cerobong asap. Selain itu, saat pandemi COVID-19, ia berhasil membuat ekonomi Parepare tetap stabil.

4. Gubernur Jawa Timur: Khofifah Indar Parawansa
Siapa sih yang tidak kenal dengan Khofifah Indar Parawansa? Gubernur Jawa Timur ini terbilang sebagai kepala daerah wanita yang paling berprestasi. Sehingga, tak heran jika Obsession Award 2023 juga memberikan penghargaan Kepala Daerah Terbaik untuk Khofifah.

Khofifah telah berhasil menorehkan banyak kebaikan di wilayah kepemimpinannya. Beberapa di antaranya adalah pertumbuhan ekonomi yang pesat, pertumbuhan investasi yang memuaskan, dan pengurangan angka kemiskinan.

Pada bulan Februari 2024, masa jabatan gubernur milik politisi PKB ini resmi berakhir. Meski demikian, warga Jatim yang masih ingin dipimpin oleh wanita hebat ini tidak perlu risau. Khofifah telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa ia akan kembali maju dalam pilgub Jatim berikutnya.

5. Gubernur Lampung: Arinal Djunaidi
Gelar kepala daerah berprestasi 2023 berikutnya diberikan kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Pada ajang penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023, Arinal Djunaidi memperoleh penghargaan Peningkatan Pembangunan Sosial.

Gubernur Arinal Djunaidi memperoleh penghargaan in karena berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia. Peningkatan ini ia lakukan melalui program Smart School, Lampung Sehat, Kartu Pendidik Berjaya, dll.

6. Bupati Konawe Utara: Ruksamin
Bupati Konawe Utara, Ruksamin, adalah seorang kepala daerah yang sangat berjasa dalam mengembangkan SDM di wilayahnya. Ia memiliki banyak program keren di bidang pendidikan. Beberapa program tersebut adalah pemberian beasiswa kepada lebih dari 2900 mahasiswa, bekerja sama dengan 101 universitas di Indonesia dan Cina, serta pemberian laptop gratis bagi pengajar.

Selain berhasil dalam mengembangkan SDM di Konawe Utara, Ruksamin juga berprestasi dalam pengembangan usaha mikro dan mendorong pertumbuhan investasi di Konawe Utara. Ruksamin juga merupakan gubernur yang visioner. Sehingga, Kabupaten Konawe Utara berkembang pesat.

7. Bupati Banyuwangi: Ipuk Fiestiandani
Pembangunan di bidang pendidikan merupakan salah satu fokus utama program kepala daerah. Salah satu kepala daerah yang berprestasi dalam pengembangan sistem pendidikan adalah Ipuk Fiestiandani atau Bupati Banyuwangi.

Dalam acara penghargaan Inovasi Membangun Negeri, Bupati Banyuwangi tersebut memperoleh penghargaan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pendidikan. Program Bupati Banyuwangi yang berkaitan dengan pendidikan adalah Asuh Sebaya, Banyuwangi Ayo kursus, dll.

8. Bupati Badung: I Nyoman Giri Prasta
I Nyoman Giri adalah seorang kepala daerah berprestasi 2023. Prestasi yang paling menonjol dari Bupati Badung ini adalah pembangunan ekonomi inklusif yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memperbaiki ekonomi Bali.

Salah satu program I Nyoman untuk membangun ekonomi wilayahnya dan ekonomi Bali adalah program Badung Berbagi. Dalam program ini, ia memberi dana hibah bernilai lebih dari 50 miliar kepada masyarakat Bali. Ia juga memiliki program Bantuan Keuangan Khusus untuk beberapa kabupaten di Bali. Hasil dari program ini adalah ekonomi meningkat, lapangan pekerjaan tercipta, dan pelaksanaan KTT AIS 2023 berjalan lancar.

9. Walikota Malang: Wahyu Hidayat
Program peningkatan kesejahteraan rakyat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Walikota Malang, Wahyu Hidayat, melakukannya dengan cara memberdayakan UMKM di Malang. Keberhasilan tersebut mengantarkan dirinya menjadi salah satu kepala daerah berprestasi 2023.

Pemberdayaan UMKM ini ia lakukan dengan cara memberi bantuan kepada 200 UMKM di Malang dengan total nilai bantuan sebesar 1 miliar rupiah. Selain itu, ia dan pemkot Malang memperluas akses pasar UMKM dan mendampingi UMKM go internasional.

10. Bupati Sumenep: Achmad Fauzi
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, juga dinilai sebagai kepala daerah berprestasi pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilannya dalam mengembangkan desa wisata di Sumenep.

Salah satu desa wisata yang sukses ia kembangkan adalah Desa Wisata Keris. Kesuksesan desa wisata ini membuatnya sebagai satu di antara 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Selain sukses mengembangkan Desa Wisata Keris, Achmad Fauzi juga sukses mengembangkan Wisata Oksigen di Pulau Giliyang. Ia juga sukses meningkatkan 300% jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumenep.

11. Bupati Bekasi: Dani Ramdan
Infrastruktur perhubungan dapat meningkatkan kesejahteraan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat. Oleh karena itu, Dani Ramdan, Bupati Bekasi, melakukan berbagai inovasi dalam membangun infrastruktur perhubungan di wilayahnya.

Inovasi-inovasi ini ternyata mengantarkan dirinya sebagai kepala daerah yang berprestasi. Beberapa inovasi yang ia lakukan adalah membangun jalan-jalan akses tol, 38 titik jalan kabupaten, ribuan titik penerangan jalan, dan 85 jembatan.

Pemberian penghargaan kepala daerah berprestasi 2023 tidak hanya ditujukan untuk mengapresiasi kinerja kepala daerah. Namun, penghargaan ini juga diharapkan dapat memotivasi para kepala daerah untuk menciptakan program kerja yang baik dan meningkatkan kinerja untuk mensejahterakan rakyat. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.