7 Daftar AI yang Cocok Untuk Anak SMA, Efektif Mendukung Pembelajaran

oleh -0 Dilihat
7 Daftar AI yang Cocok Untuk Anak SMA, Efektif Mendukung Pembelajaran
Inovasi teknologi berupa AI yang terbukti mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Jakarta- AI yang cocok untuk anak SMA ada apa saja? Seperti yang diketahui, akhir-akhir ini tren penggunaan AI dalam berbagai bidang sudah semakin populer. Dan bahkan jika kamu mengikuti berita tentang Pemilu, salah satu paslon rupanya menggunakan AI (Artificial Intelligence) agar terlihat lebih menarik.

Terlepas dari pro dan kontra yang muncul, tidak dipungkiri bahwa inovasi teknologi berupa AI yang terbukti mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Termasuk dalam hal belajar bagi para pelajar dan mahasiswa. Nah, pada artikel kali ini kamu akan diajak membahas AI untuk anak SMA secara lengkap.

Daftar Aplikasi AI yang Cocok untuk Anak SMA

Sebelumnya sudah disinggung tentang manfaat menggunakan AI yang kecerdasan buatannya diklaim mampu memberikan banyak kemudahan, termasuk dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah termasuk untuk anak SMA. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa mengandalkan AI sepenuhnya sehingga malas untuk belajar.

Memang benar dengan menggunakan AI kamu bisa terbantu dalam mengerjakan berbagai tugas sekolah yang menumpuk. Tapi tentunya hal-hal yang sifatnya instan tidak akan membuat kamu berkembang secara maksimal. Namun kamu bisa memanfaatkan rekomendasi AI yang mendukung proses belajar:

Beautiful.ai
Kalau kamu mendapatkan tugas presentasi, maka aplikasi AI yang bernama Beautiful.ai ini bisa dijadikan pilihan tepat. Beautiful.ai termasuk salah satu AI yang cocok untuk anak SMA karena secara efektif akan membantu kamu dalam membuat slide presentasi yang bagus dan menarik.

Dalam AI tersebut sudah tersedia berbagai template yang bisa diterapkan untuk membuat slide presentasi. Banyaknya variasi template yang disediakan tentu memberikan beragam pilihan sehingga kamu bisa memilih yang paling cocok untuk materi presentasi.

Kamu tinggal mengetik materi kemudian memasukkan gambar maupun file video sesuai kebutuhan. Yang menarik, slide tersebut juga tersedia secara online sehingga lebih mudah untuk dibagikan dan bahkan anggota kelompok presentasi bisa ikut serta melakukan editing meskipun dari jarak jauh.

Otter.ai
AI yang cocok untuk anak SMA berikutnya dikenal dengan nama Otter.ai. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang selama ini kesulitan dalam menerima penjelasan guru ketika menyampaikan materi pelajaran di depan kelas.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam suara maupun transkrip dengan tingkat akurasi yang tinggi sehingga kamu lebih mudah dalam menangkap materi belajar yang disampaikan. Bukan hanya sekedar merekam, aplikasi AI ini juga mampu merangkum poin-poin penting yang sudah disampaikan.

Yang tidak kalah menarik, penggunaan aplikasi ini bukan hanya terbatas pada ruang kelas saat mengikuti pelajaran saja, tetapi juga bisa diterapkan ketika kamu sedang mengikuti virtual meeting melalui platform Zoom maupun Google Meet. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Grammarly
Kalau kamu mendapatkan tugas menulis esai berbahasa Inggris dan khawatir jika tulisanmu salah ejaan atau tata bahasanya, maka solusi terbaiknya adalah Grammarly. AI yang cocok untuk anak SMA ini mampu melakukan fungsi penting seperti memeriksa typo, salah ejaan dan tata bahasa serta tanda baca.

Fitur lainnya yang disediakan adalah plagiarism checker sehingga akan memudahkan dalam mendeteksi adanya tulisan yang menjiplak karya milik orang lain. Selain itu memungkinkan kamu untuk melakukan rewrite dengan gaya bahasa yang lebih menarik dan unik.

Tapi harus diingat bahwa untuk fitur tertentu seperti pada tone suggestion sifatnya premium dan hanya bisa diakses jika kamu sudah berlangganan. Sayangnya harga berlangganan versi premium pada aplikasi ini kurang ramah bagi kantong pelajar.

Brainly
AI yang cocok untuk anak SMA berikutnya adalah Brainly. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini karena sering dijadikan rujukan dalam mendapatkan jawaban dari berbagai pertanyaan. Mulai dari soal sejarah, Bahasa Indonesia, matematika, fisika, kimia dan lain sebagainya.

Brainly sendiri sudah di support asisten berbasis AI yang dikenal dengan sebutan Ginny. Fungsinya adalah membantu menyederhanakan jawaban panjang dan rumit sehingga lebih sederhana dan mudah untuk dipahami.

Selain bisa diakses melalui website, Brainly juga bisa diakses melalui aplikasinya. Jika ternyata ada jawaban yang menurutmu kurang jelas, maka kamu bisa memanfaatkan fitur Ask AI yang tersedia untuk mengajukan pertanyaan lanjutan.

EassyTyper.ai
AI yang cocok untuk anak SMA selanjutnya bernama EassyTyper.ai yang akan membantu kamu membuat esai hingga 1500 kata. Aplikasi AI ini akan memudahkan kamu dalam membuat esai dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris sehingga bisa menjadi pilihan yang sangat menarik.

Cara menggunakan aplikasi EassyTyper.ai sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan tema atau topik esai yang akan dibuat, gaya bahasa dan juga jumlah katanya. Namun perlu diingat, untuk versi gratis hanya bisa digunakan membuat esai dalam jumlah 150 kata saja.

Adapun untuk gaya penulisannya bisa berupa style classic, argumentative, memoir, critique, compare, persuasive serta contrast. Meskipun versi gratisnya hanya bisa 150 kata saja, hal itu bisa kamu jadikan bahan latihan menulis atau dari 150 kata tersebut dikembangkan sendiri lagi sesuai kebutuhan.

ELSA Speaks
Jika kamu sedang belajar Bahasa Inggris dan ingin lebih memahaminya secara mandiri, maka salah satu AI yang bisa dijadikan pilihan adalah ELSA (English Learning Speech AssistanT) Speaks. Aplikasi yang berbasis di San Fransisco ini menggunakan AI dan speech recognition untuk membantu penggunanya.

Terutama dalam hal menyempurnakan pengucapan dalam Bahasa Inggris. Pasalnya pengucapan yang benar dalam Bahasa Inggris menjadi tantangan yang cukup besar bagi sebagian orang. Tidak jarang hal itu menghambat kemampuan berbicara dan bahkan menurunkan rasa percaya diri.

AI yang bermanfaat untuk anak SMA ini bukan hanya fokus pada pembelajaran tentang tata bahasa dan kosa kata saja tetapi juga speech recognition yang mampu mendeteksi kesalahan ucapan sehingga membantu pengguna dalam menyempurnakan pengucapan berbahasa Inggris secara benar.

Bahkan tingkat keakuratan teknologi AI dalam mendeteksi kesalahan ucapan mencapai lebih dari 95%. Selain itu, sebagai pengguna kamu juga akan diberikan feedback untuk memperbaiki pengucapannya sehingga bisa lebih tepat dan benar. Fitur lainnya yang sangat membantu adalah kamus interaktif.

Socratic
AI yang cocok untuk anak SMA ini biasanya dimanfaatkan sebagai media pemecah soal matematika, namanya adalah Socratic. Cara menggunakan aplikasi AI yang satu ini cukup mudah. Jika kamu mencari jawaban dari soal matematika yang rumit, tinggal mengunggah fotonya melalui Socratic.

Nantinya Socratic akan membantu kamu dalam mempelajari konsep matematika tersebut dan memberikan penjelasannya secara instan. Termasuk memberikan tutorial serta instruksi yang perlu dilakukan sampai ketemu jawabannya.

Aplikasi ini banyak diandalkan oleh pelajar SMA karena memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah memberikan penjelasan yang cukup detail, menyediakan opsi mata pelajaran yang lain serta mudah diakses karena tersedia di perangkat Android dan iPhone.

Penjelasan tentang AI yang cocok untuk anak SMA diatas bisa kamu jadikan referensi ketika membutuhkan bantuan AI dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Namun harus diingat ya, sebaiknya penggunaan AI tersebut hanya sebagai media untuk belajar saja agar kamu tidak tergantung pada solusi instan aplikasi.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.