7 Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajar, Bisa Lebih Produktif!

oleh -0 Dilihat
Lebih Produktif, Berikut 7 Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajar
Perkembangan teknologi juga memberikan banyak perubahan di bidang pendidikan seperti dengan hadirnya aplikasi yang memudahkan guru mengajar di sekolah.

Jakarta- Perkembangan teknologi juga memberikan banyak perubahan di bidang pendidikan seperti dengan hadirnya aplikasi yang memudahkan guru mengajar di sekolah. Bagi pengajar, aplikasi ini berguna dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pembelajaran.

Maka dari itu, untuk menjawab tantangan di era digital ini, seorang guru harus mampu mengikuti perkembangan zaman yang ada. Sehingga ada banyak variasi proses pembelajaran yang bisa dilakukan serta mendorong siswa agar bisa turut serta belajar memanfaatkan teknologi dengan baik.

Ada banyak pilihan jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Yuk cari tahu ada aplikasi apa saja dan manfaatnya untuk kegiatan belajar mengajar pada artikel berikut ini

1. Google Classroom
Google Classroom tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Pasalnya aplikasi yang satu ini menjadi salah satu yang paling sering digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara online selama pandemi Covid-19.

Aplikasi ini menjadi sebuah platform yang memungkinkan guru untuk membuat kelas secara virtual, memberikan tugas kepada siswa, mengumpulkan tugas dan berkomunikasi secara efisien antara guru dan siswa. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh google ini juga memungkinkan guru untuk menyajikan materi pelajaran, serta membagikan sumber daya. Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dalam satu tempat terpusat.

Google Classroom juga bisa dengan mudah diakses baik itu melalui HP, laptop atau di PC. Jadi bisa di sesuaikan saja dengan perangkat yang kamu miliki.

2. Google Keep
Selanjutnya aplikasi dari Google yang bisa digunakan untuk memudahkan guru dalam mengajar adalah Google Keep. Dengan menggunakan aplikasi ini maka memungkinkan guru untuk melakukan pencatatan informasi tertentu seperti jadwal, ide-ide pembelajaran, ataupun catatan penting lainnya.

Dengan aplikasi ini proses pencatatan juga bisa lebih cepat dan tertata rapi. Tidak hanya itu saja, catatan tersebut juga bisa dibagikan kepada orang lain, dalam hal ini ke peserta didik maupun kolega. Keberadaan aplikasi ini tentunya sangat bermanfaat dalam kondisi tertentu seperti pada saat guru tidak mempunyai waktu yang cukup banyak untuk mencatat, contohnya ketika dalam sebuah perjalanan.

Selain itu, fitur di Google Keep juga sudah sangat canggih, karena sudah bisa mengubah voice note menjadi sebuah catatan dalam bentuk tulisan.
Jadi ketika tidak sempat untuk mengetiknya, maka bisa menggunakan fitur tersebut. Proses transkrip ini bisa kamu lakukan jika mempunyai cukup waktu luang.

Aplikasi yang memudahkan guru mengajar ini juga memungkinkan pengguna untuk memberi label khusus atau warna tertentu, tujuannya yaitu untuk memudahkan pengelolaan aktivitas sehingga proses pengecekannya bisa menjadi lebih cepat. Keuntungan menggunakan aplikasi ini yaitu bebas biaya atau gratis, fleksibel dan mudah digunakan karena bisa dipakai di berbagai perangkat termasuk smartphone dan di laptop.

3. Google Meet
Google Meet atau yang sebelumnya dinamakan dengan Google Hangout juga menjadi aplikasi populer yang banyak digunakan di berbagai sekolah pada saat pandemi Covid-19. Jadi Google Meet merupakan sebuah platform yang bisa digunakan untuk membuat konferensi video secara online.

Sudah banyak sekolah-sekolah di dunia yang menggunakan aplikasi ini dalam proses pembelajarannya. Hadirnya Google Meet inilah yang menjadikan jarak bukan lagi menjadi halangan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar.

4. Zoom
Selain Google Meet, aplikasi yang memudahkan guru mengajar online yaitu ada Zoom. Aplikasi ini juga sangat populer dan banyak digunakan selama pandemi covid-19. Karena tidak bisa melangsungkan proses pembelajaran di kelas, maka opsi pembelajaran online dilakukan.

Dengan aplikasi ini, kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung, karena bisa dilaksanakan dari jarak jauh. Zoom juga menyediakan fitur screen record yang berguna untuk merekam materi dan proses pembelajaran yang berlangsung.

Jadi kamu tidak perlu takut tertinggal dan bisa kembali melihat kembali materi yang sudah disampaikan dengan melihat rekaman yang sudah disimpan sebelumnya.

5. Merdeka Mengajar
Berikutnya yaitu ada aplikasi Merdeka Mengajar. Aplikasi ini merupakan hasil dari gagasan Kemendikbud Ristek yang dibuat guna memudahkan para guru dalam mengajar. Karena aplikasi ini dibuat dengan memperhatikan kemampuan siswa.

Selain itu, di aplikasi ini juga disediakan banyak pelatihan-pelatihan untuk berbagai pilihan tingkatan kompetensi. Aplikasi ini di dalamnya telah memuat berbagai pilihan menu yang sudah dikelompokkan berdasarkan masing-masing manfaatnya.

Diantaranya yaitu ada menu kegiatan belajar mengajar, pengembangan diri, belajar kurikulum merdeka dan berbagai kumpulan inspirasi. Di dalam menu tentang kurikulum merdeka kamu akan memperoleh banyak informasi.

Mulai dari pengenalan mengenai prinsip dasar hingga konsep pembelajaran paradigma baru, yang mana terpusat pada siswa atau peserta didik. Aplikasi yang memudahkan guru mengajar merdeka ini juga menyediakan kumpulan materi yang sesuai dengan kurikulum saat ini.

Sehingga bisa dipelajari secara mandiri dimanapun dan kapanpun. Selanjutnya di bagian menu kegiatan belajar mengajar guru, kamu akan menemukan menu asesmen murid serta peringkat ajar. Lalu di bagian pengembangan diri aka nada banyak pilihan menu pelatihan mandiri dan komunitas.

6. Canva
Siapa sangka, Canva juga bisa menjadi aplikasi yang memudahkan guru mengajar di kelas. Melalui aplikasi ini, guru bisa membuat desain grafis, contohnya yaitu untuk membuat presentasi, konten untuk media sosial, poster serta dokumen-dokumen lainnya.

Aplikasi ini juga menyediakan banyak pilihan template baik itu gratis maupun berbayar yang bisa dimanfaatkan. Melalui template inilah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat berbagai macam materi yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Karena hasil tampilan yang dihasilkan tentu lebih menarik sehingga peserta didik tertarik untuk memperhatikan materi yang akan disampaikan. Ada banyak pilihan fitur khusus yang bisa berguna untuk menyampaikan informasi agar bisa lebih optimal. Fitur-fitur tersebut diantaranya yaitu ada font, grafik, animasi, atau video yang apabila dimanfaatkan dengan baik maka mampu menunjang kegiatan belajar supaya jauh lebih menarik.

7. Google Forms
Google Forms merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi tenaga pendidik untuk mempermudah proses penilaian bagi peserta didiknya. Karena Google Forms bisa lebih cepat dan mudah digunakan untuk mengadakan tes atau kuis pilihan ganda maupun jawaban singkat.

Pembuatan kunci jawaban juga lebih mudah dengan memberikan poin dalam setiap pertanyaan, sehingga hasilnya bisa langsung diketahui. Siswa juga lebih mudah dalam menjawab pertanyaan karena mengkliknya dengan menaik-turunkan, memberikan jawaban singkat atau mengirim link.

Tentunya dengan menggunakan aplikasi ini, baik bagi guru maupun siswa akan lebih dipermudah. Pekerjaan mengoreksi jawaban kuis yang jumlahnya mencapai puluhan hingga ratusan bukan lagi menjadi sebuah kegiatan yang melelahkan, karena sudah bisa dilakukan secara otomatis.

Aplikasi yang memudahkan guru mengajar di atas bisa digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan aplikasi tersebut. Selain membuat proses pembelajaran berjalan dengan lancar juga bisa mempermudah pekerjaan guru menjadi lebih efektif dan efisien.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.