8 Deretan Website yang Menyediakan Foto dan Video Gratis Terbaik Bebas Copyright

oleh -0 Dilihat
Deretan Website yang Menyediakan Foto dan Video Gratis Terbaik Bebas Copyright
Website yang menyediakan foto dan video gratis dapat memberikan beragam rekomendasi footage untuk konten. Tidak hanya gratis, sebagian besarnya juga bebas hak cipta

Jakarta- Website yang menyediakan foto dan video gratis dapat memberikan beragam rekomendasi footage untuk konten. Tidak hanya gratis, sebagian besarnya juga bebas hak cipta sehingga bisa digunakan tanpa rasa khawatir. Untuk membuat adegan dalam video, dibutuhkan beberapa elemen tertentu.

Umumnya footage dibuat untuk kebutuhan komersial, selain mengambil video atau foto sendiri dari kamera atau HP, kamu bisa memanfaatkan beberapa website yang menyediakannya secara gratis. Hal ini tentunya membuat proses editing konten dapat dilakukan secara lebih praktis dan cepat.

Rekomendasi Website yang menyediakan foto dan video gratis Untuk Konten

Originalitas dalam sebuah konten merupakan hal penting, untuk itu tidak bisa begitu saja menggunakan video atau gambar yang didapatkan dari pencarian Google karena bisa saja memiliki hak cipta. Selain tidak sesuai dengan kebutuhan, gambar yang direkomendasikan mesin pencarian umumnya memiliki watermark. Solusinya adalah dengan mengandalkan website yang menyediakan foto dan video gratis.

Pilihan gambar dan video berkualitas tinggi di website sangat banyak sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Kunjungi salah satu website berikut ini untuk mendapatkannya.

1. Videvo
Website video no copyright yang bisa diakses untuk mendapatkan footage berkualitas adalah Videvo. Tampilan websitenya sederhana dan menampilkan beragam pilihan kategori. Pengguna bisa langsung mengakses kategori yang sesuai untuk mendapatkan footage.

Beberapa kategori di website ini antara lain business, lifestyle, nature, drone footage, dan lainnya. Tersedia footage video dengan kualitas yang beragam, mulai dari 720p, 1080p, hingga 4K. Ada dua jenis lisensi video yang tersedia di Video, diantaranya Creative Commons 3.0 dan Standard License.

Untuk video dengan lisensi Standar License, kamu bisa download dan menggunakannya secara bebas. Namun apabila ingin menguploadnya, lakukan editing terlebih dahulu dengan menambahkan musik, efek, dan tulisan. Sedangkan untuk video dengan lisensi Creative Commons 3.0 bisa digunakan untuk berbagai keperluan dengan syarat memberikan credits pembuat video.

2. Pexels
Pexels pada awalnya terkenal sebagai website penyedia stok foto. Namun seiring perkembangannya, jenis koleksi footagenya semakin ditambah. Ada yang berformat MP4 dengan kualitas HD hingga 4K.
Meskipun belum banyak menyediakan footage video 4K, namun ada banyak sekali koleksi yang bisa digunakan.

Website yang menyediakan foto dan video gratis ini memiliki lisensi Creative Commons Zero sehingga semua koleksinya bisa digunakan secara bebas untuk keperluan komersial dan personal tanpa harus menyertakan credits. Menariknya, tersedia juga banyak stok video mockup dengan latar belakang green screen. Hal tersebut memungkinkan pengguna dapat secara leluasa untuk menambahkan background lain.

3. Life of Vids
Website Life of Vids menyediakan koleksi footage sebanyak 200 lebih. Semua koleksi bisa didownload secara gratis dan no copyright. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial secara bebas.

Jika suka membuat konten secara rutin, silahkan berlangganan dengan cara membuat akun di Life of Vids. Nantinya 10 video gratis akan dikirimkan ke email setiap 10 hari. Dengan begitu tidak perlu lagi bingung mencari stok video berkualitas.

Apabila suka merekam footage, silahkan berkontribusi pada website dengan cara mengupload video cuplikan yang dibuat. Dengan adanya website free video, asset untuk kebutuhan konten bisa lebih mudah didapatkan. Hal tersebut memungkinkan proses editing dapat dilakukan secara lebih praktis. Meskipun koleksinya dikatakan masih cukup terbatas, namun bisa jadi bahan rekomendasi untuk membuat konten.

4. Pixabay
Pixabay menyediakan sekitar 1,5 juta video footage yang bisa didownload secara gratis. Koleksinya berlisensi Creative Commons Zero sehingga bebas copyright. Pengguna bisa bebas mengunduh footage yang tersedia untuk ditambahkan ke konten sesuai dengan kebutuhan.

Kebanyakan footage yang tersedia berdurasi sekitar 60 detik. Adapun jenis video yang tersedia antara lain seperti HD footage, motion graphic, looping clips, hingga video 4K. Selain itu, ada juga footage gambar vektor, ilustrasi, dan lainnya.

Tidak heran jika website yang menyediakan foto dan video gratis ini sangat populer dan bisa diandalkan. Meskipun pilihan gambarnya banyak, namun pengguna bisa menemukan footage secara mudah karena layout websitenya rapi serta mudah digunakan.

Fitur pencariannya lengkap sehingga bisa mendukung menemukan footage secara detail berdasarkan resolusi, warna, hingga kategori. Telah dilengkapi dengan fitur Safe Search yang menjamin hasil pencarian aman untuk segala usia.

5. Splitshire
Apabila kebanyakan website video gratis menyediakan koleksi footage dari kolaborasi dengan banyak pengguna, Splitshire agak berbeda. Semua koleksi yang ditampilkan pada halaman Splitshire diambil oleh Daniel Nanesco.

Walaupun koleksi footage tersedia sangat sedikit dibandingkan dengan website lain. Namun footage pada Splitshire memiliki ciri khas tersendiri pada setiap videonya. Sebagian besar footagenya bertema outdoor dan alam.

Semua video tersedia dapat diunduh secara gratis. Hanya saja tidak boleh diperjualbelikan. Jika mencari video aesthetic yang unik, Splitshire bisa jadi pilihan alternatif.

6. Unsplash
Website yang menyediakan foto dan video gratis Unsplash sudah tidak asing di jagat maya. Unsplash menawarkan 2 juta gambar berkualitas bagus yang setiap hari terus ditambah.

Ada pilihan menu daftar kategori yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menemukan gambar sesuai keinginan. Beberapa kategori yang tersedia antara lain seperti teknologi, pola, tekstur, fashion, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Unsplash sudah terintegrasi dengan beragam tools dan aplikasi populer seperti Google Slides, Zoom, hingga Trello. Tersedia pilihan resolusi gambar seperti small, medium, dan large.

7. Kaboompics
Tampilan tools ini user friendly sehingga mudah digunakan. Ada banyak sekali koleksi gambar yang diklasifikasikan berdasarkan kategori. Pengguna hanya perlu mencari pada kategori yang dipilih untuk mendapatkan rekomendasi gambar sesuai.

Tersedia juga pilihan orientasi gambar yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan pengguna sehingga bisa mendapatkan hasil pencarian dengan tepat. Website penyedia foto gratis ini menyediakan dua jenis koleksi, yaitu Photoshoot dan Photos.

Dengan mengakses koleksi Photoshoot, pengguna bisa secara mudah menemukan rangkaian gambar dengan tema sama. Tersedia fitur filter untuk pencarian tingkat lanjut berdasarkan jumlah download, tanggal, resolusi, dan lainnya. Menariknya, informasi tentang kode warna dalam gambar juga akan diinformasikan sehingga bisa dijadikan sebagai bahan acuan dalam membuat konten visual yang lebih konsisten.

8. PikWizard
Deretan kategori yang berada di beranda membuat pengguna bisa menemukan gambar dengan lebih mudah tanpa harus berpindah halaman. Website penyedia foto gratis ini memiliki sistem kerja simpel dengan akses yang mudah.

Tidak hanya menyediakan kategori umum, namun ada juga yang unik seperti ekspresi seseorang hingga kertas kusut. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh website ini adalah sudah menyediakan fitur edit gambar secara gratis. Pengguna juga bisa menambahkan elemen lain seperti filter atau teks ke gambar yang dipilih.

Melalui website yang menyediakan foto dan video gratis, kamu bisa mendapatkan beragam sumber asset menarik untuk membuat konten keren. Gambar atau video yang didapatkan bisa mempercantik konten yang dibuat. Selain itu, aspek lain seperti efek dan pesan perlu disisipkan untuk membuat konten semakin menarik.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.