8 SMA di Jakarta Dengan Biaya Pendidikan Termahal

oleh -0 Dilihat
8 SMA di Jakarta Dengan Biaya Pendidikan Termahal
Foto: Ilustrasi Canva

Jakarta- SMA di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal umumnya adalah sekolah swasta yang menerapkan kurikulum luar negeri. Beberapa tahun lalu, SMA tersebut menyematkan kata internasional pada namanya. Namun, kebijakan pemerintah membuat sebagian SMA ini menanggalkan nama tersebut.

Biaya SMA di Jakarta khusus untuk swasta dapat mencapai ratusan juta per tahun. Meski nominalnya fantastis, sekolah tersebut tidak pernah kekurangan murid. Mereka yang bersekolah di sini biasanya adalah anak pejabat, artis, pengusaha, dan diplomat.

Banyak orang tua yang berpendapat bahwa SMA di Jakarta khususnya swasta yang mahal mampu memberikan kualitas pendidikan yang mumpuni. Oleh karena itu, mereka tidak keberatan untuk mengeluarkan ratusan juta setiap tahun guna membiayai pendidikan SMA anak mereka.

Berikut ini 8 SMA di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal beserta kisaran biayanya.

1. Jakarta Intercultural School
SMA termahal di Jakarta adalah Jakarta Intercultural School. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1951. Pendirinya membuka sekolah ini dengan tujuan untuk memberikan akses sekolah bagi anak-anak ekspatriat yang tinggal di Jakarta.

SMA Jakarta Intercultural School tidak hanya sekolah mahal dan elit, sekolah tersebut juga merupakan sekolah internasional terbesar di Jakarta. Sekolah yang beralamat di Cilandak, Jaksel, ini menerapkan kurikulum IB (international baccalaureate) diploma serta AP (Advanced Placement).

Perbedaan Jakarta Intercultural School dengan mayoritas sekolah lain di Jakarta tidak hanya pada penerapan kurikulumnya saja, tapi juga pada waktu awal dan akhir tahun ajaran. Tahun ajaran di SMA tersebut dimulai pada bulan Agustus dan berakhir pada bulan Juni.

Berapa biaya pendidikan di SMA termahal di Jakarta Selatan ini? Biaya pendidikan di SMA Jakarta Intercultural School selama 1 tahun adalah sekitar 430 juta rupiah. Biaya ini belum termasuk biaya registrasi awal tahun sebesar 22 juta dan uang pembangunan 56 juta rupiah.

2. British School Jakarta
British School Jakarta juga merupakan SMA di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal. Sekolah yang berada di bawah naungan Kedutaan Inggris ini didirikan pada sekitar tahun 1970 an.

Pada tahun 1990an, lokasi sekolah ini dipindah di Bintaro. Kurikulum yang diterapkan di British School Jakarta tergantung pada jenjang pendidikannya. Siswa-siswi SMA BSJ kelas 10 dan 11 mendapatkan program IGCSE.

Program ini membantu mereka menuntut ilmu di pendidikan tinggi internasional. Selanjutnya, setelah naik ke kelas 12, mereka akan mendapat kurikulum yang berbeda. Perbedaan kurikulum ini mengakibatkan biaya pendidikan siswa kelas 10 dan 11 tidak sama dengan biaya pendidikan siswa kelas 12. Besarnya biaya pendidikan siswa kelas 10 dan 11 adalah 375 juta rupiah.

Sementara itu, biaya pendidikan siswa kelas 12 adalah sekitar 411 juta rupiah. Biaya tersebut belum termasuk biaya ekstra kurikuler dan lain sebagainya.

3. ACG School Jakarta
Selain dua sekolah di atas, ACG School Jakarta juga merupakan sekolah elit di Jakarta. Sekolah ini berada di bawah naungan Academic Colleges Group New Zealand. SMA ini sudah berdiri sejak tahun 1994.

Kurikulum di sekolah ini tak jauh beda dengan kurikulum di sekolah internasional lainnya di Jakarta. Siswa SMA di ACG School Jakarta memperoleh IGCSE Course dan Cambridge International Lower Program.

Selain itu, siswa juga mendapat program English Language Support (ELS). Program pendukung Bahasa Inggris ini diberikan agar siswa lebih siap saat kuliah di universitas internasional. Biaya pendidikan di ACG School berbeda-beda di setiap kelas.

Siswa SMA kelas 10 diharuskan membayar biaya pendidikan sekitar 336 juta rupiah per tahun, SPP sekitar 178 juta rupiah per semester, dan biaya ELS 37 juta rupiah per semester. Semua biaya tersebut naik senilai 1 hingga 2 juta rupiah saat siswa naik kelas.

4. Binus School Simprug
Binus School Simprug juga merupakan SMA di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal. Pendirian SMA ini dilakukan pada tahun 1990 an di Kemanggisan. Kemudian, pada tahun 2003, Binus pindah ke Simprug dan selanjutnya dikenal dengan Binus School Simprug.

Seperti juga kebanyakan SMA internasional lainnya, Binus School Simprug menerapkan kurikulum IB. Sehingga, tak heran jika biaya pendidikan di sekolah ini lebih mahal dari sekolah biasa. Besarnya biaya sekolah di Binus School Simprug bisa mencapai 400 juta rupiah per tahun. Biaya ini terdiri dari enrollment fee 192 juta rupiah per tahun dan SPP 17,3 juta per bulan.

5. New Zealand School Jakarta
SMA di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal selanjutnya adalah New Zealand School Jakarta. Sekolah ini baru terbentuk pada awal tahun 2000an, yaitu tahun 2002. Pada saat itu, jenjang pendidikan yang ditawarkan hanya SD dan SMP.

Selanjutnya, pembukaan kelas 10 atau jenjang SMA dilakukan pada bulan Juli 2021. Meski merupakan sekolah international, New Zealand School Jakarta tidak menerapkan kurikulum IB maupun Cambridge. Kurikulum yang digunakan sekolah ini adalah New Zealand Curriculum.

Total biaya pendidikan di SMA New Zealand School Jakarta dapat mencapai lebih 600 juta per tahun. Biaya ini terbagi menjadi annual plan sebesar 205 juta rupiah, half year plan 213 jutaan rupiah, dan termly plan hampir mencapai 222 juta rupiah.

6. Singapore International School
Salah satu sekolah SMA termahal di Jakarta adalah Singapore International School (SIS). Sekolah ini terletak di beberapa lokasi di Jakarta, yaitu 2 di Jakarta Utara dan 1 di Jakarta Selatan. SIS juga ada di beberapa kota lain di Indonesia

SMA Singapore International School menerapkan kurikulum IB Diploma untuk membantu siswanya masuk perguruan tinggi dan menghadapi tantangan selepas lulus. Sekolah ini juga menawarkan fasilitas belajar lengkap dan modern serta kegiatan ekstrakurikuler menarik.

Biaya sekolah di SIS Jakarta mulai dari 118 juta per tahun. Biaya ini tidak termasuk uang pembangunan senilai 66 juta rupiah.

7. Sekolah Pelita Harapan Jakarta
Sekolah Pelita Harapan Jakarta adalah sekolah Kristen yang sangat populer di Jakarta. Sejak berdiri tahun 1990an, Pelita Harapan telah memiliki ribuan murid. Program yang diterapkan di SMA ini adalah IB Diploma dan Cambridge International.

Selain menawarkan program sekolah internasional, Sekolah Pelita Harapan juga menawarkan fasilitas belajar yang menarik dan modern serta proses pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga, tidak mengherankan jika biaya pendidikan di sekolah ini sangat mahal.

Biaya pendidikan di Sekolah Pelita Harapan jenjang SMA mulai dari 35 juta rupiah per tahun. Selain harus membayar biaya tersebut, orang tua siswa juga harus membayar sumbangan pembinaan pendidikan yang nominalnya mulai dari 174 juta rupiah.

8. SMA Labschool Jakarta
Sekolah lain di Jakarta yang terkenal mahal tapi berkualitas adalah SMA Labschool Jakarta. SMA tersebut bukanlah sekolah internasional. Sehingga, kurikulum yang diterapkan oleh SMA Labschool sesuai dengan anjuran pemerintah, yaitu kurikulum merdeka.

Penerapan kurikulum lokal ini membuat biaya pendidikan di SMA Labschool lebih terjangkau dari sekolah internasional. Besarnya uang pangkal untuk masuk ke Labschool adalah 34 juta rupiah atau 32 juta rupiah bagi yang masuk lewat jalur prestasi.

SMA di Jakarta dengan biaya pendidikan termahal umumnya adalah sekolah dengan kurikulum Internasional, contohnya Jakarta Intercultural School, British School Jakarta, dan Binus School. Biaya pendidikan di sekolah ini mencapai ratusan juta. Sehingga, hanya ‘anak sultan’ yang bisa sekolah di sini.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.