10 Keunikan Perayaan Tahun Baru di Berbagai Penjuru Dunia

oleh -0 Dilihat
Perayaan Tahun Baru
Perayaan Tahun Baru

Diskursusnetwork- Keunikan perayaan tahun baru seperti pentas musik dan pentas kembang api memang sudah sering dilakukan di Indonesia. Lalu, bagaimana jika momen bahagia ini dirayakan dengan melakukan berbagai aktivitas yang lebih unik lagi? Ada beberapa negara yang memiliki tradisi tahun baru sangat unik.

Tradisi unik perayaan tahun baru seperti ini dapat membuat momen berharga tersebut lebih sulit untuk dilupakan oleh sebagian orang. Tidak hanya itu, beberapa tradisi unik ini juga ada yang memiliki makna tersendiri. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan daftar tradisi tahun baru yang unik!

10 Keunikan Perayaan Tahun Baru Berbagai Negara di Seluruh Dunia

Perayaan Tahun Baru
Perayaan Tahun Baru

Tahun baru hanya datang satu kali dalam setahun dan sering dianggap sebagai hari istimewa bagi sebagian besar orang. Maka dari itu, tak heran jika momen berharga ini sering dirayakan dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, menarik, dan juga unik.

Beberapa orang di Indonesia mungkin lebih sering menghabiskan tahun baru dengan bermain petasan, mengikuti pentas musik dan pentas kembang api, serta kegiatan-kegiatan seperti ini lainnya. Namun, ada beberapa keunikan perayaan tahun baru yang sering dilakukan di negara lain, yaitu:

1. Menjatuhkan Bola Raksasa di Amerika Serikat

Keunikan Perayaan Tahun Baru
(ilustrasi)

Aktivitas menjatuhkan bola raksasa yang terjadi di Amerika Serikat ini termasuk salah satu tradisi merayakan tahun baru di berbagai negara yang wajib diketahui oleh banyak orang. Biasanya, tradisi ini akan dilakukan di Times Square dan diikuti oleh jutaan warga Amerika Serikat.

Tradisi menjatuhkan bola raksasa ini pertama kali dilakukan pada tahun 1907 oleh Adolph Ochs dan menerima banyak perhatian dari warga Amerika. Uniknya, tradisi ini awalnya dilakukan bukan untuk merayakan tahun baru, tapi untuk menarik perhatian masyarakat yang ada di sekitar Times Square.

2. Memakan 12 Butir Anggur di Spanyol

800x450 2 4
Mengkonsumsi buah Anggur

Tak banyak orang yang tahu bahwa di Spanyol juga terdapat tradisi tahun baru yang unik, yaitu memakan 12 butir anggur yang segar. Angka 12 ini dipilih untuk melambangkan 12 dentang jam saat pergantian tahun. Jadi, warga Spanyol sering memakan buah anggur saat pergantian tahun.

Orang-orang mengenal tradisi ini dengan nama las doce uvas de la suerte dan mulai dilakukan sejak akhir abad ke-19. Berbeda dengan tradisi sebelumnya yang lebih berguna untuk menarik perhatian banyak orang, sedangkan tradisi yang satu ini dipercaya mampu mengusir roh jahat di sekitar kita.

3. Makan Mie Soba di Jepang

Keunikan Perayaan Tahun Baru
Mie Soba

Ada banyak warga Jepang yang merayakan tahun baru dengan memakan mie soba hangat di restoran favoritnya. Sebab, makan semangkuk mie soba hangat adalah salah satu tradisi tahun baru di Jepang yang memiliki arti kebebasan dari tahun sebelumnya.

Tradisi ini telah berlangsung sejak tahun 1185-1333 atau pada saat salah satu kuil Buddhia di Jepang membagikan mie soba secara gratis kepada banyak orang miskin. Karena mie soba memiliki tekstur yang tipis dan kenyal, hal ini membuat mie soba juga cocok dimakan oleh anak-anak.

4. Menyajikan 12 Buah Berbentuk Bundar di Filipina

Buah-buahan
Buah-buahan

Jika Spanyol memiliki tradisi perayaan tahun baru dengan memakan 12 butir anggur, untuk Filipina memiliki tradisi tahun baru menyajikan 12 buah yang berbentuk lingkaran. Beberapa jenis buah yang sering disajikan dalam perayaan ini adalah anggur, buah persik, apel, dan lain sebagainya.

Keunikan perayaan tahun baru yang terjadi di Filipina ini dilakukan untuk melambangkan kemakmuran yang dapat diperoleh banyak orang. Lalu, kenapa jumlahnya harus 12? Hal ini untuk melambangkan kemakmuran yang diperoleh setiap bulan dalam setahun.

5. Menggantung Bawang pada Pintu Rumah di Yunani

Bawang digantung di pintu
Bawang digantung di pintu

Saat pergantian tahun tiba warga Yunani akan menggantung bawang pada bagian atas pintu rumahnya. Hal ini mereka lakukan karena bawang sering dianggap sebagai lambang kesuburan dan pertumbuhan yang baik.

Sebab, bawang dapat menumbuhkan daunnya sendiri tanpa bantuan manusia maupun alat tertentu. Jadi, tak heran jika warga Yunani melakukan tradisi ini dengan harapan dapat semakin berkembang di tahun selanjutnya.

6. Membakar Orang-Orangan Sawah di Ekuador

Membakar Orang-Orangan Sawah
Membakar Orang-Orangan Sawah

Wujud orang-orangan sawah yang menakutkan akan semakin terlihat seram ketika dibakar pada malam tahun baru. Namun, tradisi yang sudah sering dilakukan di Ekuador ini memiliki arti tersendiri, yaitu untuk mendatangkan keberuntungan yang lebih besar di tahun selanjutnya.

Jika dibandingkan dengan beberapa keunikan perayaan tahun baru yang sebelumnya, maka tradisi ini masih terdengar asing bagi sebagian orang. Selain itu, pembakaran orang-orangan sawah ini biasanya juga dilakukan secara bersama-sama dengan warga di sekitar.

7. Membunyikan Lonceng Sebanyak 108 Kali di Jepang

Membunyikan Lonceng
Membunyikan Lonceng

Jepang tidak hanya memiliki tradisi tahun baru yang unik dengan memakan mie soba saja, tapi negara ini juga memiliki tradisi unik lainnya yakni membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Berdasarkan kepercayaan Buddhis, tradisi ini dapat membersihkan diri setiap orang untuk menyambut tahun baru.

Alasan kenapa lonceng harus dibunyikan sebanyak 108 kali adalah karena angka 108 itu sendiri melambangkan 108 pikiran kotor yang ada dalam diri manusia. Jadi, pikiran kotor dalam diri manusia bisa hilang secara perlahan seiring lonceng tersebut dibunyikan pada malam tahun baru.

8. Melompat ke Danau Beku di Siberia

Melompat ke Danau Beku
Melompat ke Danau Beku

Siapa yang berani melompat ke danau beku pada saat musim dingin? Hampir sebagian besar orang akan menganggap hal ini mustahil untuk dilakukan. Namun, Siberia memiliki tradisi tahun baru yang unik, yaitu melompat ke danau beku untuk merayakan momen bahagia tersebut.

Warga Siberia yang hendak melompat ke danau beku ini harus memegang sebuah dahan pohon terlebih dahulu, agar keselamatannya bisa lebih terjamin. Meski tradisi ini sering dilakukan oleh warga Siberia, tapi ada juga sebagian orang di sana yang enggan untuk melakukannya.

9. Memberikan Kado kepada Tuan Rumah di Skotlandia

Memberikan Kado
Memberikan Kado

Mungkin tradisi ini terdengar sederhana dan sudah sering dilakukan oleh warga Indonesia, tapi ada yang membuat tradisi tahun baru di Skotlandia ini menjadi lebih unik. Sebab, kado hanya akan diberikan oleh tamu pertama saja.

Jadi, jika kamu adalah tamu pertama dari tetanggamu, maka kamu harus menyiapkan kado untuk diberikan ke tetangga tersebut. Namun, jika sebelumnya sudah ada yang datang ke rumah tersebut, maka kamu tidak perlu menyiapkan kado.

10. Melempar Bunga Putih ke Lautan di Brazil

Melempar Bunga Putih ke Lautan
Melempar Bunga Putih ke Lautan

Tradisi ini sering dianggap sebagai salah satu pawai memperingati tahun baru yang cukup unik. Sebab, saat pergantian tahun tiba warga Brazil akan melemparkan bunga-bunga putih ke lautan yang ada di sekitar lingkungannya.

Keunikan perayaan tahun baru ini dilakukan dengan harapan mereka bisa menjalani kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pasalnya, warna putih melambangkan kesucian yang dapat membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik lagi.

Dalam hitungan hari tahun baru akan segera berlangsung. Maka dari itu, ada sebagian orang yang penasaran dengan keunikan perayaan tahun baru di beberapa negara lainnya. Hal ini terjadi karena perayaan tahun baru di Indonesia relatif monoton dan sudah sering dilakukan oleh banyak orang. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.