10 Negara Dengan Penduduk Termiskin di Dunia, Indonesia Termasuk?

oleh -0 Dilihat
10 Negara Dengan Penduduk Termiskin di Dunia, Indonesia Termasuk?
Negara dengan penduduk termiskin di dunia banyak berasal dari benua Afrika.

Jakarta- Negara dengan penduduk termiskin di dunia banyak berasal dari benua Afrika. Kemiskinan menjadi salah satu masalah paling krusial di wilayah ini akibat kurangnya tingkat perekonomian, rendahnya sumber daya manusia, hingga wabah penyakit dan ketersediaan pangan yang buruk.

Tahukah kamu negara mana saja yang dikategorikan sebagai negara miskin karena banyak penduduknya yang berada di bawah garis kemiskinan? Apakah Indonesia termasuk negara miskin, mengingat banyaknya angka pengangguran dan rendahnya pendapatan per kapita?

Ada beberapa indikator untuk menentukan negara miskin, seperti tingkat penghasilan, pendapatan per kapita, hingga indeks pembangunan manusia. Berikut ini beberapa negara yang dikategorikan miskin di dunia.

1. Somalia

Somalia
Foto: Ilustrasi warga miskin

Somalia merupakan salah satu negara termiskin di Afrika. Dengan wilayah yang sedikit lebih luas dibandingkan Perancis, Somalia dinobatkan sebagai salah satu negara miskin di dunia. Selain miskin, negara ini juga dikenal tidak aman dengan tingginya angka kriminalitas.

Somalia menduduki peringkat kedua negara termiskin di dunia dengan pendapatan per kapita sebesar $450 sesuai dengan data tahun 2021. Bahkan per Juni 2022, pendapatan per kapita dari negara ini hanyalah sebesar $130 saja.

Tidak hanya angka kriminalitas yang tinggi, Somalia juga memiliki akses layanan publik yang sangat terbatas. Hak warga negara juga tidak terlindungi dengan baik, belum lagi masalah yang lazim terjadi pada negara miskin seperti kelaparan dan sanitasi yang buruk.

2. Burundi

Burundi
Foto: Ilustrasi warga miskin

Burundi menjadi negara dengan penduduk termiskin di dunia pada tahun 2022. Bahkan pada tahun 2021, negara ini mempunyai angka pendapatan per kapita terendah di dunia yaitu hanya sekitar $240 saja. Tidak heran jika lebih dari 60 persen penduduknya dikategorikan miskin.

Negara yang terletak di Afrika Timur ini mempunyai banyak masalah, mulai dari tingkat perekonomian yang tergolong rendah, wabah penyakit, hingga kelaparan akibat ketersediaan pangan yang tidak mencukupi. Berbagai masalah ini menyebabkan banyak kekacauan di Burundi.

Meskipun banyak sekali masalah yang dialami, Burundi tetap berusaha bangkit untuk keluar dari kemiskinan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya angka kewirausahaan di negara tersebut.

3. Mozambik

Mozambik
Foto: Ilustrasi warga miskin

Dengan tingkat pendapatan per kapita sebesar $480, Mozambik menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Pada tahun 2018, lebih dari 70 persen penduduk negara ini hidup di bawah garis kemiskinan dengan tempat tinggal yang kumuh dan jauh dari kata layak.

Rendahnya pendapatan per kapita menimbulkan banyak masalah di negara ini. Berbagai kekacauan seperti kekerasan antar penduduk, situasi politik yang tidak stabil, hingga perang sipil menjadi catatan besar untuk negara yang satu ini.

Dilaporkan beberapa negara telah berusaha untuk membantu negara ini untuk keluar dari jerat kemiskinan. Seperti yang dilansir dari BBC, tak kurang dari 24 negara mengirimkan pasukan ke negara ini untuk mengatasi konflik.

4. Afghanistan

Afganistan
Foto: Ilustrasi Canva

Konflik yang tak kunjung usai menjadi salah satu alasan mengapa Afghanistan menjadi negara dengan penduduk termiskin di dunia. Bahkan negara di Asia ini menempati posisi 5 besar negara paling miskin di dunia dengan pendapatan per kapita hanya sekitar $500.

Lebih dari 70 persen penduduk Afghanistan tinggal di pemukiman kumuh. Mereka harus bergumul dengan beragam masalah seperti kelaparan, sanitasi yang buruk, hingga wabah penyakit. Konflik di Afghanistan yang sering memanas menjadi penyebab perekonomian yang tidak stabil.

5. Madagaskar

Madagaskar
Foto: warga lokalĀ 

Kamu pasti pernah mendengar negara Madagaskar. Terletak di Afrika, negara yang satu ini dinobatkan sebagai salah satu negara termiskin di dunia dengan pendapatan per kapita hanya $550. Bahkan pada tahun 2012, tidak kurang dari 70 persen penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Meskipun memiliki banyak kekurangan, Madagaskar mencoba untuk bangkit dan menumbuhkan kembali perekonomiannya. Terbukti pada tahun 2021 perekonomian negara ini mengalami pertumbuhan. Namun sayangnya, stabilitas ekonomi terganggu akibat perang Rusia-

Faktor lain yang menyebabkan sulitnya Madagaskar untuk lepas dari jerat kemiskinan adalah cuaca ekstrem, wabah penyakit, dan minimnya ketersediaan pangan. Pembangunan infrastruktur juga jauh dari kata memadai.

6. Republik Afrika Tengah

Afrika tengah
Foto: Doc Canva

Mungkin kamu belum terlalu akrab dengan nama negara yang satu ini. Republik Afrika Tengah menjadi salah satu negara dengan penduduk termiskin di dunia. Data menunjukkan pendapatan per kapita dari negara ini adalah senilai $530 pada tahun 2021.

Hal lain yang menyebabkan Republik Afrika Tengah dikategorikan sebagai negara termiskin adalah banyaknya jumlah pemukiman kumuh serta lebih dari 90 persen penduduknya hidup dengan kondisi yang jauh dari kata layak.

Belum lagi berbagai permasalahan sosial seperti kekerasan berbasis gender, kurangnya akses layanan publik, hingga perundang-undangan yang lemah yang membuat negara ini sulit untuk bangkit.

7. Sierra Leone

Afrika Barat
Foto: Potret warga miskin

Sierra Leone yang terletak di Afrika Barat memang jarang dikenal, namun satu hal yang perlu kamu tahu adalah negara ini termasuk ke dalam daftar negara termiskin di dunia. Pendapatan per kapita penduduknya hanya berkisar $510.

Menurut data tahun 2018, sekitar 56 persen warga Sierra Leone hidup tidak layak. Pembangunan infrastruktur yang lemah serta sistem perundang-undangan yang rentan dituding menjadi faktor penyebab tingginya angka kemiskinan di negara ini.

Tidak hanya itu, Sierra Leone juga diserang wabah Ebola yang menyebar pada tahun 2014 dan masih terus berlangsung hingga saat ini.

8. Kongo

Kongo
Foto: Suasana desa

Satu lagi negara di Afrika yang masuk ke dalam daftar negara termiskin di dunia yaitu Kongo. Jumlah pendapatan per kapita penduduk Kongo sekitar $580. Bahkan jumlah warga yang hidup dalam kondisi tidak layak juga sangat besar, yaitu mencapai 63 persen dari total penduduk.

Seperti negara dengan penduduk termiskin di dunia yang lain, Kongo memiliki kondisi perekonomian yang tidak stabil. Salah satu penyebabnya adalah pemberontakan warga sipil yang terjadi secara terus menerus.

9. Nigeria

Nigeria
Foto: Suasana desa

Nigeria termasuk salah satu negara termiskin di dunia dengan pendapatan per kapita hanya sekitar $590. Negara ini menghadapi berbagai masalah yang rumit seperti sanitasi yang buruk, wabah penyakit, hingga sumber daya manusia yang rendah dengan tingkat literasi minim.

Bahkan dilansir dari beberapa sumber, Nigeria tidak mampu memenuhi kebutuhan bahan pokok bagi warganya. Alhasil banyak penduduknya yang mengalami kemiskinan, masalah kesehatan, dan meningkatnya angka kriminal.

10. Yaman

Yaman
Foto: Bangunan di Yaman

Yaman dikenal sebagai negara dengan konflik yang cukup intens. Peperangan yang tak kunjung usai membuat kondisi perekonomian negara ini tidak stabil sehingga menjadikannya salah satu negara paling miskin di dunia dengan pendapatan per kapita hanya sekitar $617 pada tahun 2023.

Selain peperangan, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan Yaman berada dalam jerat kemiskinan seperti ketidakmampuan mengurus ekonomi dan tingginya angka korupsi. Krisis yang berkepanjangan membuat negara ini membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Kini kamu tahu negara dengan penduduk termiskin di dunia. Kebanyakan negara tersebut berada di Afrika, namun ada pula beberapa yang terletak di Asia. Ada beberapa faktor yang biasanya menyebabkan kemiskinan pada suatu negara, seperti konflik dan kondisi alam. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.