Deretan 5 Peristiwa Terheboh di Tahun 2023 di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

oleh -0 Dilihat
Deretan 5 Peristiwa Terheboh di Tahun 2023 di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!
Menjelang tahun 2023 berakhir, terdapat banyak berita viral 2023 yang pernah mengguncang masyarakat.

Jakarta- Peristiwa terheboh di tahun 2023 yang terjadi di Indonesia tidak luput dari perhatian banyak masyarakat. Menjelang tahun 2023 berakhir, terdapat banyak berita viral 2023 yang pernah mengguncang masyarakat. Kamu perlu mengetahui hal tersebut agar tidak ketinggalan hal yang sedang hangat dibicarakan.

Tahun 2023 menjadi saksi bagi beragam peristiwa yang menciptakan gelombang berita dan pembicaraan di seluruh penjuru Indonesia. Dari panggung hiburan hingga sorotan alam, tahun ini memaparkan berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia yang tak terduga. Sebagai negara dengan kekayaan budaya, alam, dan dinamika politik yang luar biasa, Indonesia terus menyajikan cerita-cerita menarik yang mencerminkan keberagaman dan tantangan yang dihadapi. Berikut adalah peristiwa terheboh di Indonesia 2023:

5 Peristiwa Terheboh di Tahun 2023 di Indonesia

Tahun 2023 menjadi saksi bagi serangkaian peristiwa terheboh yang mengejutkan dan mendebarkan, mengukir sejarah baru dalam dinamika Indonesia. Hal tersebut meliputi banyak hal, dari peristiwa alam, olahraga, hiburan, hingga dunia politik.

Kamu akan disuguhkan lima hal paling viral tahun 2023 yang pastinya akan membuat pengetahuan kamu bertambah. Agar tidak ketinggalan informasi terkini, mari simak utas lengkap mengenai lima peristiwa terheboh di Indonesia pada tahun 2023 berikut:

1. Piala Dunia U-20 Batal Digelar di Indonesia

Piala Dunia U-20
Foto: Canva

Salah satu dari peristiwa terheboh di tahun 2023 yang usai terjadi di Indonesia adalah pembatalan piala dunia usia 20 tahun. Tahun 2023 menjadi tahun yang mengecewakan bagi pecinta sepakbola di Indonesia karena Piala Dunia U-20 yang awalnya dijadwalkan digelar di tanah air harus dibatalkan.

Meskipun Indonesia telah menyiapkan diri selama empat tahun untuk menjadi tuan rumah ajang sepak bola internasional tersebut, pada 29 Maret 2023, FIFA secara resmi mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Mengapa piala dunia U-20 batal digelar? Alasannya adalah terdapat beberapa hal yang dianggap tidak kondusif untuk menyelenggarakan turnamen tersebut. Salah satu faktor yang memengaruhi keputusan FIFA adalah penolakan sejumlah pihak terhadap kehadiran tim nasional Israel di Indonesia.

Penolakan ini pertama kali muncul melalui surat dari Gubernur Bali, I Wayan Koster, yang menolak menggelar drawing Piala Dunia U-20 di Bali jika Israel ikut serta. Sikap ini kemudian diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sejumlah partai politik, organisasi masyarakat, dan aktivis pro-Palestina.

Mereka menyerukan agar Indonesia mencabut statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 jika tidak mampu menjamin boikot terhadap Israel. Keputusan FIFA ini telah menimbulkan kontroversi dan kekecewaan di kalangan penggemar sepak bola Indonesia karena telah kehilangan peluang emas.

2. Konser Coldplay

Konser Coldplay
Foto: Canva

Pada tanggal 15 November 2023 lalu, Coldplay menyelenggarakan konser pertamanya di Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Dapat dikatakan bahwa konser Coldplay berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia dan bahkan menjadi viral atau menjadi peristiwa terheboh.

Para penonton dihibur dengan deretan lagu-lagu hits seperti “Fix You”, “Viva La Vida”, dan “Yellow”. Konser ini bukan hanya sekadar pertunjukan musik, tetapi juga menjadi momen bersatu bagi para penggemar musik dari berbagai latar belakang, menciptakan kenangan yang manis.

Selain itu, serangkaian lagu yang dipersembahkan oleh Chris Martin dan kawan-kawan dalam konser berdurasi sekitar dua jam ini ternyata juga memberikan dampak signifikan pada perekonomian di Indonesia. Bisa dilihat pada peningkatan ekonomi melalui penggunaan MRT Jakarta.

Data mencatat bahwa moda transportasi tersebut berhasil mengangkut sebanyak 163.162 orang pada hari pelaksanaan konser. Selain itu, tingkat okupansi hotel di sekitar GBK juga mengalami peningkatan tajam hingga kamar yang telah dipesan sampai dengan tingkat 100%.

Salah satu dari peristiwa terheboh di tahun 2023 ini kerap dibicarakan oleh banyak orang. Penonton konser Coldplay pun tidak hanya sebatas penggemarnya saja, melainkan ada banyak orang di luar penggemar yang penasaran dan tertarik untuk menonton band legendaris ini.

3. Kerusuhan Penonton di Konser BMTH

Konser BMTH
Foto: Canva

Masih seputar peristiwa terheboh di tahun 2023, selanjutnya adalah adanya kerusuhan pada acara konser band Bring Me The Horizon (BMTH) pada tanggal 10 November 2023. Hal tersebut menjadi sorotan karena tiba-tiba dihentikan di tengah acara.

Bahkan, pihak penyelenggara konser memutuskan untuk tidak melanjutkan pertunjukan BMTH tersebut. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata terdapat masalah teknis yang menghentikan kelanjutan penampilan band yang dipimpin oleh Oliver Sykes ini.

Diketahui, penonton turut berkontribusi pada pembatalan konser tersebut dengan melakukan tindakan merusak terhadap beberapa fasilitas. Hal ini patut disayangkan karena kejadian perusakan terhadap fasilitas konser yang berimbas pada kerugian yang lebih besar.

Konser band metal asal Amerika Serikat tersebut viral karena penonton ricuh konsernya diberhentikan dan meminta ganti rugi atas hal tersebut. Ravel Entertaiment, selaku promotor acara tersebut berjanji kepada para penggemar untuk mengembalikan uang konser pada hari itu.

4. Kebakaran di Gunung Bromo

Kebakaran di Gunung Bromo
Foto: Canva

Insiden kebakaran lahan terjadi di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kebakaran diduga disebabkan oleh tindakan pengunjung yang menyalakan sumber cahaya seperti suar atau flare.

Usut punya usut, peristiwa ini bermula pada foto pre-wedding dengan ide menyalakan suar sebagai properti dan efek tambahan untuk foto. Namun, naasnya hal tersebut memicu kebakaran hebat di kawasan Gunung Bromo.

Lantas, apa dampak kebakaran Gunung Bromo? Kerusuhan kebakaran yang terjadi selama hampir satu pekan tersebut menimbulkan kerugian mencapai miliaran rupiah. Jumlah kerugian berasal dari penutupan kawasan wisata alam Gunung Bromo sejak tanggal 6 September silam.

Gunung Bromo sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan lagi pada saat ini. Sedangkan pelaku peristiwa tersebut sudah diamankan oleh pihak kepolisian setempat. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata cantik yang disukai oleh masyarakat.

5. Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024

Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024
Foto: Canva

Peristiwa terheboh di tahun 2023 selanjutnya tidak lain dan tidak bukan adalah penetapan calon presiden beserta wakil presiden 2024. Periode ini menjadi sangat krusial karena menentukan arah dan visi pemerintahan Indonesia untuk beberapa tahun ke depan.

Akhir tahun 2023 ini menjadi era mencari banyak suara bagi para capres dan cawapres. Adapun calon presiden dan wakil presiden yang sudah resmi terdaftar untuk pemilihan umum tahun 2024 adalah Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud.

Ketegangan dan antusiasme merajai suasana seiring dengan munculnya calon-calon potensial yang berkompetisi untuk mendapatkan dukungan rakyat. Langkah awal menuju pemilu ini menyisakan berbagai pertanyaan tentang visi, misi, dan solusi yang akan diusung oleh setiap kandidat.

Mulai dari kampanye, debat terbuka, dan banyak hal lain yang sudah mulai ditujukkan kepada masyarakat Indonesia. Gunakan hak pilih kamu untuk menentukan pemimpin terbaik bangsa dari 2024 hingga lima tahun mendatang.

Lima peristiwa terheboh di tahun 2023 yang telah disebutkan di atas bisa kamu ketahui dan menjadikannya sebagai wawasan baru agar tidak ketinggalan berita terkini. Dengan mengetahui peristiwa viral 2023 tersebut, kamu bisa menutup akhir tahun ini dengan banyak informasi terkini. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.