7 Tradisi Tahun Baru di Indonesia Yang Unik dan Menarik

oleh -0 Dilihat
7 Tradisi Tahun Baru di Indonesia Yang Unik dan Menarik
Berbagai aktivitas yang dipilih untuk menyambut awal tahun, mulai dari yang sederhana bersama keluarga, mewah, hingga sangat unik.

Jakarta– Tradisi tahun baru sebenarnya sudah banyak dilakukan di luar negeri. Berbagai aktivitas yang dipilih untuk menyambut awal tahun, mulai dari yang sederhana bersama keluarga, mewah, hingga sangat unik. Selain di luar negeri, masyarakat Indonesia pun sudah banyak yang melakukan tradisi tersebut.

Tahun baru dimulai sejak pukul 12.00 pada tanggal 1 Januari. Sebagian orang di seluruh dunia bersama-sama menunggu waktu tersebut sebagai tanda pergantian tahun. Bahkan, banyak tempat yang menampilkan countdown atau hitung mundur agar sama-sama memulai tahun yang baru.

Umumnya, pergantian tahun ditandai dengan kembang api dan bunyi terompet yang sangat meriah. Saat itu, sebagian orang bersuka ria dan bersemangat untuk memulai hari pertama di tahun baru. Konon, hari tersebut banyak digunakan untuk berdoa agar sepanjang tahun menjadi lebih baik.

Tradisi Tahun Baru di Indonesia

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, merayakan tahun baru di Indonesia pun sudah sangat meriah. Hal ini tercermin pada banyaknya tradisi yang umum dilakukan masyarakat saat pergantian tahun. Bagi kamu yang sering merayakan tahun baru mungkin sudah mengenal beberapa tradisi berikut.

1. Begadang

Begadang
Foto: Canva

Oleh karena pergantian tahun terjadi pada pukul 24.00, maka orang-orang yang ingin menyaksikannya harus begadang. Maka tidak heran, jika tradisi pertama yang paling banyak dilakukan saat tahun baru adalah begadang. Tradisi ini bisa dilakukan sendirian di rumah maupun bersama keluarga atau teman.

Begadang termasuk dalam tradisi yang paling sederhana karena hanya perlu menunggu pergantian tahun tiba. Bahkan, banyak orang yang tidak mampu begadang memilih untuk tidur terlebih dahulu kemudian bangun menjelang tengah malam. Umumnya, mereka memasang pengingat atau alarm.

Jika ingin merayakan pergantian tahun bersama kerabat atau teman, tentu begadang menjadi lebih mudah. Kamu tidak perlu menahan kantuk sendirian karena ada orang yang bisa diajak berkomunikasi. Selain itu, begadang juga bisa dilakukan jika ikut dalam acara atau pesta untuk merayakan tahun baru.

2. Meniup Terompet

Meniup Terompet
Foto: Canva

Bukan rahasia lagi jika tahun baru sangat identik dengan tiupan terompet. Tradisi tahun baru ini juga sudah dilakukan di Indonesia selama bertahun-tahun dan membuat suasana menjadi lebih meriah. Uniknya, bunyi terompet akan terdengar sepanjang malam dan sangat meriah tepat pukul 12 malam.

Jenis terompet yang digunakan pun berbeda-beda, mulai dari ukuran yang kecil untuk mainan anak-anak hingga yang berukuran besar. Tradisi meniup terompet ini juga secara tidak langsung meningkatkan pendapatan masyarakat yang memiliki usaha pembuatan dan penjualan terompet.

Menjelang akhir tahun, di berbagai pusat perbelanjaan sudah tersedia terompet dan pasti akan laris manis. Akan tetapi, meniup terompet juga harus memperhatikan kondisi sekitar. Jika ingin meniup terompet, pastikan tidak mengganggu orang lain atau dilakukan di tempat perayaan tahun baru.

3. Menyalakan Kembang Api

Menyalakan Kembang Api
Foto: Canva

Selain meniup terompet, menyalakan kembang api juga termasuk dalam tradisi merayakan tahun baru. Bukan hanya di Indonesia, menyalakan kembang api hampir dilakukan oleh semua negara di dunia saat pergantian tahun. Bahkan, sebagian negara mengadakan pesta kembang api setiap tahun.

Tepat pada pukul 12 malam, langit yang gelap akan dihiasi oleh kerlap kerlip kembang api serta diiringi bunyi terompet. Suasana tersebut membuat siapapun menjadi turut merasakan kegembiraan akan datangnya tahun baru. Suasana pesta pun banyak diabadikan sebagai salah satu momen terbaik.

Namun, menyalakan kembang api juga harus dilakukan dengan penuh hati-hati. Beberapa kasus, kembang api juga dapat mencelakai orang lain saat tidak sengaja membakar tangan atau percikannya yang mengenai mata. Menyalakan kembang baik sebaiknya dilakukan oleh orang dewasa saja.

4. Melepaskan Lampion

Melepaskan Lampion
Foto: Canva

Tradisi tahun baru yang dilakukan di Candi Borobudur, Jawa Tengah adalah melepaskan lampion. Tidak kalah dengan pesta kembang api, tradisi ini juga mampu membuat pemandangan yang sangat indah. Saat pergantian tahun, terdapat ribuan lampion yang diterbangkan bersamaan di sekitar candi.

Hal tersebut dipercaya sebagai simbol harapan agar tahun depan akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bagi kamu yang merasa pesta kembang api dan terompet sudah sangat umum, mungkin ikut berpartisipasi dalam melepaskan lampion dapat menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

Sayangnya, tradisi ini hanya dilakukan di sekitar Candi Borobudur. Artinya, untuk melakukan hal tersebut harus berkunjung kesana secara langsung. Adapun orang yang bertempat tinggal jauh dari sana akan sulit untuk datang. Meskipun begitu, kamu masih ada pilihan aktivitas lain untuk tahun baru.

5. Konser Musik

Konser Musik
Foto: Canva

Pesta tahun baru juga banyak dirayakan dengan mengadakan konser musik. Tradisi tahun baru ini akan memberikan kesenangan yang berlebih karena berkesempatan untuk menyaksikan penyanyi favorit. Umumnya, menjelang pergantian tahun tiba, semua orang akan melakukan hitung mundur.

Pemandu acara konser akan mengarahkan untuk bersama-sama menyaksikan pergantian tahun. Merayakan tahun baru sambil menonton konser akan terasa sangat seru karena dilakukan secara bersama-sama. Apalagi, setelah itu langsung diiringi dengan musik yang asyik dan terdengar keras.

Akan tetapi, konser musik tidak dilaksanakan di semua tempat. Umumnya, hanya di kota atau tempat-tempat strategis yang dikunjungi banyak orang. Oleh karena itu, kamu tidak pasti akan menonton konser musik jika daerah setempat tidak mengadakan, kecuali berkunjung ke tempat lain.

6. Festival Makanan

Festival makanan
Foto: Canva

Acara tahun baru tidak terasa lengkap tanpa kegiatan makan-makan. Di Indonesia, festival makanan seringkali diadakan saat tahun baru karena tingginya antusias masyarakat untuk keluar rumah. Selain sebagai bentuk perayaan, festival makanan juga memberikan keuntungan bagi para pedagang.

Umumnya, festival makanan diadakan di oleh pemerintah setempat atau perusahaan tertentu. Sama halnya dengan konser, tradisi tahun baru ini juga tidak diadakan di semua tempat. Jadi, untuk ikut hadir dan menikmati hidangan harus menunggu adanya festival terlebih dahulu.

Festival makanan sangat cocok dilakukan di Indonesia karena keragaman makanan serta minuman yang dimiliki. Pesta tahun baru dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan berbagai hidangan tradisional dengan cita rasa yang lezat. Apalagi, harganya cenderung murah dan porsi yang banyak.

7. Kumpul Keluarga

Kumpul Keluarga
Foto: Canva

Bagi kamu yang tertarik dengan tradisi perayaan tahun baru yang sederhana, bisa memilih untuk melakukan kumpul keluarga. Tradisi ini bisa dilakukan di rumah dengan begadang bersama-sama untuk menunggu pergantian tahun sambil melakukan berbagai aktivitas yang menarik.

Misalnya, memasak hidangan yang lezat, bermain game, berdoa, hingga melakukan karaoke bisa menjadi pilihan. Jika ingin lebih meriah, sediakan terompet serta kembang api untuk dinyalakan tepat pada pukul 12 malam. Selain seru, berkumpul juga bisa mempererat hubungan kekeluargaan.

Kumpul keluarga saat tahun baru bisa menjadi alternatif yang lebih aman mengingat banyaknya kejadian yang kurang bagus berada diluar saat momen tersebut. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk ikut berpesta atau membeli tiket nonton.

Ikut merayakan pergantian tahun dengan melakukan tradisi tahun baru adalah hal yang menyenangkan. Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan, seperti kumpul keluarga, nonton konser, pesta kembang api, meniup terompet, begadang, melepaskan lampion, dan lain sebagainya. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.