Libur Nataru 2024 Lalu Lintas Ke Lokasi Wisata Dipastikan Macet

oleh -0 Dilihat
lalu lintas
Korlantasmenggelar tactical floor game di gedung national traffic management centre (DN-P)

Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigadir Jenderal Aan Suhanan memastikan penumpukan penumpang yang akan terjadi pada arus mudik natal dan tahun baru sesuai rancangan pengendalian yang dipersiapkan Korlantas Polri.

Menurut Aan, pola-pola pemecah penumpukan kendaraan di lokasi-lokasi tertentu saat volume kendaraan mulai meningkat juga dibahas untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan seperti pada arus mudik tahun lalu masyarakat diimbau mengikuti arahan petugas untuk menghindari kemacetan saat terjadi puncak arus mudik.

“Ini sebagai checking terakhir sekaligus konsolidasi cara bertindak yang akan kita lakukan pada saat nanti pelaksanaan. ada beberapa titik krusial pada kegiatan pengamanan natal dan tahun baru tahun ini. yang pertama di jalan tol tadi bisa kita lihat tergelar beberapa potensi kemacetan seperti di rest area ini sudah kita lihat bagaimana pengelolaan managemen rest area sehingga tidak menggangu main road berikutnya. kemudian gate toll ini juga masih menjadi konsen kita untuk gate tol yang ada di cikampek utama, kemudian cipularang, dan ke arah cikupa,” ujar Kakorlantas Polri, Brigadir Jenderal Aan Suhanan.

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan secara nasional mudik natal dan tahun baru 2024 sebanyak 107 juta masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan dari dan menuju berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan di Bakauheni, Polisi Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas

Menurut Kakorlantas, terdapat 4 provinsi yang menjadi tujuan tertinggi menjelang libur natal dan tahun baru 2024 di antaranya yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Yogyakarta.

“Kemudian untuk di jalur arteri dan jalur wisata, ini juga kita gambarkan tadi bagaimana mengelola untuk jalan arteri kita sudah siapkan untuk mengelola di tempat-tempat trouble spot seperti pasar tumpah kemudian titik-titik yang menjadi bootle neck di jalur arteri ini sudah kita antisipasi. jadi secara keseluruhan tadi kita bisa melihat kesiapan personel, materil, dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada di sini,” kata Aan.

Pemaparan pemecahan masalah arus lalu lintas yang akan dilalui oleh para pemudik menjadi titik fokus pembahasan jelang pelaksanaan operasi lilin 2023.

Untuk melancarkan operasi korps lalu lintas Polri menggelar tactical floor game di gedung national traffic management centre, Jakarta Selatan pada Selasa (19/12/2023).

“Kami mengimbau kepada masyarakat dalam menghadapi libur natal dan tahun baru ini ikuti arahan petugas, kita sudah sosialisasikan beberapa tempat yang mungkin nanti menjadi titik kemacetan sudah kita infokan. silakan melihat media yang ada baik itu dari korlantas, NTMC, Kementerian Perhubungan, ASDP, Jasa Raharja. semua sudah dengan narasi yang sama untuk memberikan informasi kepada masyarakat, silakan ikuti itu,” tambahnya.

Selain menempatkan personel di tempat rawan kemacetan Polri juga memantapkan strategi diskresi arus lalu lintas di antaranya di rest area jalan tol, pintu pembayaran tol hingga jalan arteri termasuk pelabuhan penyeberangan di pulau Jawa. (DN-P)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.