Cak Imin Sebut Akan Perjuangkan Rp5 miliar Untuk Dana Desa

oleh -0 Dilihat
Cak Imin Sebut Akan Perjuangkan Rp5 miliar Untuk Dana Desa
Bakal Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar akan menambah dana desa menjadi Rp 5 miliar jika dirinya dan Anies Baswedan terpilih di Pilres mendatang. (Dok.IG)

Jakarta– Bakal Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar akan menambah dana desa menjadi Rp 5 miliar jika dirinya dan Anies Baswedan terpilih di Pilres mendatang.

Ketum PKB yang akrab disapa Cak Imin ini menyebut jika dana
tahun ini cukup dengan Rp2 miliar namun tahun depan bisa ditambah menjadi Rp 5 miliar.

“Iya target yang ingin saya perjuangkan di pemerintahan baru” jelasnya.

Sebagai catatan, setiap desa menerima anggaran Dana Desa sekitar Rp 1,1 miliar hingga Rp 1,3 miliar pada tahun 2023. Besaran tersebut berasal dari 8,1 persen dana transfer pusat ke daerah.

Penggunaan Alokasi Dana Desa yang diterima pemerintah desa 30% alokasi dana desa dipergunakan untuk operasional penyelenggaraan pemerintah desa dalam pembiayaan operasional desa, biaya operasional BPD, biaya operasional tim penyelenggara alokasi dana desa.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggelontorkan tambahan dana desa Rp 2 triliun di paruh kedua tahun ini. Dana desa ini dibagikan untuk semua desa di 35 provinsi.

Kemenkeu menegaskan sesuai dengan ketentuan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023, telah dialokasikan Tambahan Dana Desa pada tahun anggaran 2023 yang akan ditetapkan lebih lanjut dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang saat ini sedang dalam proses penyusunan salinan PMK.

Selanjutnya, Kemenkeu meminta Pemerintah Desa yang mendapat tambahan Dana Desa TA 2023 agar mempersiapkan rencana penggunaan, yaitu untuk mendanai kegiatan sesuai prioritas Desa dan/atau penanganan bencana alam dan non-alam terutama penanganan bencana El Nino dan dampaknya, antara lain kekeringan dan sulitnya air bersih, penurunan produktivitas pertanian, dan wabah penyakit. (Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.