Jokowi Resmikan Kereta Cepat Pertama Di Indonesia Dan Asia Tenggara

oleh -0 Dilihat
Jokowi Resmikan Kereta Cepat Pertama Di Indonesia Dan Asia Tenggara
Presiden Jokowi saat meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh di Jakarta, pada Senin (2/10/2023).

Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh di Jakarta, pada Senin (2/10/2023).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” kata Presiden Jokowi di kanal YouTube Sekretariat Presiden saat meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh.

Menurutnya, kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut merupakan kereta api cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Kereta cepat Jakarta-Bandung ini merupakan Kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Kereta cepat ini kita namakan Whoosh, ini diinisiasi dari suara kereta yang melesat dengan kecepatan tinggi. Dan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat (Whoosh),” jelasnya.

Lebih lanjut, kereta cepat Jakarta-Bandung ini menandai modernisasi tranportasi massal yang efisien dan ramah lingkungan.

“Kereta cepat Jakarta-Bandung ini menandai modernisasi tranportasi massal kita, yang efisien yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun TOD (Transit Oriented Development),” ujarnya.

Sementara itu, Manager Corporate Communications PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Emir Monti mengatakan, KCIC akan mengoperasikan program perjalanan gratis untuk 8 perjalanan.

“Ada program 8 perjalanan gratis yaitu 4 perjalanan dari Halim dan 4 perjalanan dari Tegal Luar. Program gratis tersebut akan dilakukan sampai pertengahan Oktober,” kata Emir Monti.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan izin operasi sarana perkeretaapian umum untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Izin operasi tersebut dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC).

Rencananya, harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung berkisar Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.