Kemarau Akan Datang, Menurut Presiden Cadangan Beras Aman

oleh -0 Dilihat
jokowi kemarau
Presiden Ungkap Cadangan Beras Bulog Saat Ini 1,6 Juta Ton, Aman Untuk Hadapi Kemarau. (Sumber : Sekretariat Presiden)

Diskursus Network – Presiden Joko Widodo menyatakan stok beras Bulog cukup aman untuk menghadapi kemarau yang akan datang. Menurut Presiden saat ini cadangan beras pemerintah atau CBP di Bulog mencapai 1,6 juta ton.

“Stok bulog sendiri sekarang ada 1,6juta (ton beras) yang biasanya kita stock maksimal hanya 1,2 yang sering itu malah dibawah 1,2 (juta ton), 900 ribu ton rata-rata. Ini 1,6 juta ton stok di Bulog coba di cek” kata Jokowi di depan wartawan di Pasar Baru Karawang hari Rabu (8/05).

Meski demikian untuk mencegah sawah mengalami kekeringan dan menyebabkan gagal panen, Presiden mengatakan pemerintah sudah membangun sumur-sumur pompa dibanyak tempat

“Untuk kemarau ini kita sudah mengantisipasi dengan membangun, membuat sumur-sumur pompa dititik-titik yang kemungkinan kita sudah itung akan kekurangan air. Terutama dititik-titik yang berkaitan dengan pertanian, dengan beras, sudah dimulai oleh kementerian pertanian dan kementerian PU”, ungkap Presiden.

Baca Juga: Musim Kemarau Tapi Kok Masih Hujan, Ini Penjelasan BMKG

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Indonesia akan memasuki periode musim kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024, yang akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu sebanyak 63,66% Zona Musim.

Curah hujan perbulan di musim kemarau diperkirakan berada di bawah 60 mm perbulan (atau 20 mm perdasarian) selama 3 dasarian berturut-turut dan berpotensi mengganggu produksi hasil pertanian. Musim kemarau terjadi karena adanya gerakan angin muson timur yang melewati Indonesia. (DN-Kabs)

Dapatkan Informasi Lainnya Dari Diskursus Network Melalui Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.