6.785 JCH di Lampung Telah Lunasi BIPIH

oleh -0 Dilihat
Kloter pertama calon haji asal Lampung terbang ke Tanah Suci pada tahun 2022
Kloter pertama calon haji asal Lampung terbang ke Tanah Suci pada tahun 2022

Bandar Lampung – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung menyebutkan sebanyak 6.785 jamaah calon haji (JCH) di provinsi itu telah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

“Hingga batas penutupan Kamis (12/5) JCH Lampung yang sudah melunasi Bipih dan konfirmasi ke Kemenag sebanyak 6.785 orang,” kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, pada Sabtu (13/5/2023).

Rincian data JCH  yang sudah melunasi dan melakukan konfirmasi per kabupaten se-Provinsi Lampung, yakni Bandarlampung 1.290 orang, Kabupaten Lampung Selatan 405 orang, Lampung Utara 639 orang, Lampung Barat 696 orang, Tanggamus 473 orang, Tulang Bawang: 173 orang, Lampung Tengah 1.116 orang, Way Kanan 212 orang, Lampung Timur 750 orang, Kota Metro 304 orang, Pesawaran 126 orang, Pringsewu 379 orang, Tulang Bawang Barat 134 orang, Mesuji 36 orang, Pesisir Barat 52 orang.

Ia mengatakan bahwa dengan 6.785 JCH telah melunasi Bipih sehingga kuota haji yang belum terisi yakni 190 orang atau sekitar 2,8 persen dari kuota yang tersedia untuk Provinsi Lampung.

“Kuota jamaah haji Provinsi Lampung pada tahun 2023 sebanyak 7.990 orang. Jumlah kuota ini akan diisi oleh non-cadangan sebanyak 6.975 dan cadangan 1.015 orang,” katanya.

Pada tahun ini, kata dia, jamaah kuota cadangan yang melunasi bisa terserap semua dan memiliki kesempatan berangkat haji pada tahun 2023.

“Ini menjadi sebuah keberuntungan bagi jamaah cadangan dan menjadi kesempatan yang sangat baik untuk menjalankan rukun Islam yang kelima ini,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa untuk tahap selanjutnya, akan dilakukan pembagian kloter dan pelaksanaan manasik haji, selain itu saat ini sudah mulai juga dilakukan pembagian koper bagi para jamaah.

“Saat ini juga terus dilakukan penyelesaian visa biometrik,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kelompok terbang (kloter) pertama Lampung akan berangkat pada 23 Mei 2023, di mana data awal yang akan berangkat pada kloter pertama yakni dari Kabupaten Lampung Utara.

“Jamaah kloter pertama pertama Lampung ini akan menjadi JCH yang berangkat pada kloter sembilan secara nasional. Mereka akan masuk asrama haji pada 22 Mei mendatang,” katanya.

Ia berpesan kepada para jamaah untuk dapat mengikuti proses persiapan ini dengan baik dan juga melakukan persiapan fisik dan mental.

“Sehingga semua proses dapat dilalui dengan baik dan bisa menjadi haji mabrur dan mabrurah,” demikian Puji Raharjo. (red)

Baca : Catat! Ini Jadwal Keberangkatan Kloter Pertama Calon Jamaah Haji Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.